Membunuh Kuman dalam Makanan Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Membunuh Kuman dalam Makanan Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini

Manfaat cuka apel untuk kesehatan sangatlah banyak. Anda mungkin mengenal bumbu dapur yang satu ini karena khasiatnya yang digadang-gadang tidak hanya dapat membunuh kuman dalam makanan, akan tetapi juga dapat menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa sejatinya masih banyak lagi manfaat lainnya dari cuka apel untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan?

Lantas apa saja manfaat dari cuka apel untuk kesehatan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan mengenai cuka apel berikut ini.

Manfaat Cuka Apel

Terbuat dari pencampuran apel, gula, hingga ragi, cuka apel yang biasanya digunakan pada makanan ini sejatinya memiliki kandungan yang mampu mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengontrol kadar gula dalam darah

Bagi penderita penyakit diabetes, menjaga kadar gula dalam darah tetap normal adalah suatu kewajiban. Dalam hal ini, cuka apel kemudian hadir untuk membantu para penderita diabetes ini dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila ingin mencobanya, konsumsi cuka apel pada penderita diabetes ini sebaiknya dilakukan sebelum makan, dengan cara dicampurkan pada teh.

  1. Melindungi sel tubuh

Manfaat cuka apel bagi kesehatan berikutnya adalah mampu melindungi sel-sel yang ada dalam tubuh. Manfaat yang satu ini datang dari kandung polifenolnya, yang merupakan antioksidan pelindung sel dari penyakit ataupun pemicu kanker.

  1. Membuat kulit lebih sehat

Pernah mendengar istilah toner cuka apel? Toner ini sempat viral tentu bukan tanpa alasan. Cuka apel yang dicampurkan dengan perbandingan air yang tepat akan mampu mengangkat kotoran di wajah, sehingga kulit tampak lebih bersih dan cerah. Lebih jauh lagi, penggunaan cuka apel sebagai toner juga dipercaya mampu meningkatkan skin barrier, mengurangi risiko iritasi, hingga dapat mencegah kulit dari infeksi yang berhubungan dengan eczema. 

  1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebih bukan soal penampilan saja. Lebih dari itu, berat badan berlebih merupakan sumber penyakit. Nah, bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, rutin konsumsi cuka apel sekitar 2-4 sendok makan yang dicampurkan dengan air akan sangat baik dalam mendukung Anda mencapai berat badan impian. Namun, jangan lupa untuk membarengi konsumsi cuka apel ini dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan, ya.

  1. Melindungi tubuh dari bakteri berbahaya

Cuka apel dapat membunuh patogen penyebab penyakit, terutama bakteri berbahaya. Sejak zaman dahulu, cuka apel telah sering digunakan untuk membersihkan dan membasmi kuman penyebab jamur pada kuku, kutu, kutil, hingga infeksi telinga. Bahkan sejak 2000 tahun yang lalu, cuka apel kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk membersihkan luka. Untuk itu, apabila Anda mencari cara yang lebih alami dalam menyajikan makanan yang terbebas dari bakteri, cuka apel dapat menjadi jawabannya.

  1. Mengendalikan kadar insulin

Lagi-lagi, manfaat cuka apel untuk kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang menderita diabetes. Mengapa? Karena cuka apel dapat digunakan untuk mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Pada manusia, insulin sejatinya digunakan untuk mengubah glukosa pada makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Namun, kadar insulin yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh menjadi tidak lagi sensitif terhadap insulin (resistensi insulin). Hal ini kemudian dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes tipe 2. 

Itulah dia beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam penggunaan cuka apel ini, karena dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya efek samping tertentu. Adapun efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan cuka apel secara berlebihan diantaranya adalah: 

  • Gangguan pencernaan

  • Pengosongan perut menjadi terhambat

  • Terjadi luka di tenggorokan

  • Terjadi luka bakar pada kulit

Apabila Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, sebaiknya Anda mencari pertolongan pertama sesegera mungkin untuk mencegah kondisi semakin memburuk. Mengingat risikonya yang juga tidak sepele, ada baiknya Anda bijak dalam penggunaan cuka apel ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Gunnars, Kris. 2021. 6 Health Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science. 

Nourish by WebMD. Apple Cider Vinegar: Benefits, Uses, Risks, and Dosage. 

 

Nourish by WebMD. Apple Cider: Are There Health Benefits?.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi