Bantuan

Memahami Manfaat Pelembap dan Tips Memilihnya Sesuai dengan Jenis Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

pelembab

Salah satu produk perawatan wajah yang wajib masuk dalam list produk perawatan wajah adalah pelembab. Produk yang satu ini memang sangat penting dimiliki, terutama jika kondisi kulit Anda sedang kering dan Anda tinggal kawasan bercuaca panas. 

Penggunaan moisturizer pada kulit wajah juga bisa membantu kelembaban kulit Anda tetap terjaga. Moisturizer seperti ini memiliki manfaat yang beragam. Salah satunya adalah untuk mencegah dehidrasi di kulit wajah. 

Cara Membeli Pelembap yang Sesuai dengan Tipe Kulit

Karena banyak produk moisturizer wajah yang dijual di pasaran, terkadang membuat Anda salah memilih produk yang pas. Akibatnya, kulit wajah Anda yang akan jadi korbannya. Bukannya terhidrasi dan lembap, kulit wajah Anda justru malah bermasalah. 

Maka dari itu, penting untuk memilih produk moisturizer yang cocok dengan tipe kulit Anda. Agar tidak salah beli produk, coba ikuti beberapa cara di bawah ini sebelum membeli dan menggunakan moisturizer yang sesuai. 

1. Kenali Tipe Kulit Wajah

Apakah kulit wajah Anda termasuk tipe yang lembap, kering, normal, atau justru kombinasi dari ketiganya? Lalu, apakah kulit Anda juga termasuk tipe yang sensitif dan berjerawat? Untuk menemukan jawabannya, Anda perlu mengenali tipe kulit wajah Anda terlebih dahulu. 

Masing-masing tipe kulit tentu memiliki masalah yang berbeda. Jika Anda sudah mengenal dan mengetahui tipe kulit wajah Anda, maka Anda bisa memilih jenis moisturizer yang paling sesuai dengan kondisi wajah. Sebisa mungkin hindari kesalahan saat memilih moisturizer karena bisa mempengaruhi kondisi wajah. 

2. Pertimbangkan Teksturnya

Selanjutnya, coba pertimbangkan tekstur dari pelembap yang Anda pakai. Produk moisturizer yang bagus adalah yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Jika tipe kulit Anda normal, maka moisturizer yang cocok adalah yang kandungan bahannya ringan, tidak berminyak, dan cenderung kental. 

Lain halnya dengan pemilik kulit berminyak. Kulit jenis ini tentu membutuhkan perawatan wajah yang lebih ekstra. Karena faktor itulah, bahan moisturizer untuk tipe kulit ini bahannya jauh lebih ringan, bertekstur lebih encer, dan tidak mengandung zat alkohol sama sekali. 

3. Cek Aromanya

Saat mengaplikasikan moisturizer di kulit wajah, terutama dekat dengan lubang hidung, pastikan bahwa aromanya wangi. Jadi, setiap kali Anda mengoleskan moisturizer tersebut pada wajah, Anda bisa mencium bau wangi dari bahan produknya. 

Untuk mendapatkan moisturizer yang pas, Anda bisa menciumnya dari bau yang dikeluarkan. Jika baunya lembut, maka moisturizer tersebut pasti terbuat dari material yang ringan dan alami. 

4. Mengandung SPF

Fungsi dari sebuah pelembab tak lain adalah untuk menghidrasi pori-pori kulit wajah Anda yang kering dan kusam. Oleh sebab itu, moisturizer yang baik tidak hanya memiliki kadar air yang tinggi, tapi juga memiliki kandungan SPF di dalamnya. 

Kandungan SPF ini akan sangat dibutuhkan oleh pemilik wajah dengan kondisi kulit kering akibat terbakar sinar matahari. Karena itu, pilihlah moisturizer dengan menggunakan SPF 15 atau lebih tinggi.  

5. Perhatikan Label

Di setiap produk kecantikan dan perawatan kulit wajah, pasti terdapat label yang berisi tentang informasi terkait produknya. Bukan cuma informasi, label tersebut biasanya juga berisikan larangan atau peringatan yang bisa menjurus ke arah material yang digunakan. Jika tidak ada alergi, maka teruskan saja durasi penggunaan produknya.  

Secara spesifik, produk moisturizer semacam ini terdiri dari dua label, yaitu label non-comedogenic dan label untuk allergy test. Label seperti ini bisa meningkatkan kesadaran diri Anda terhadap peringatan yang muncul. Jika tidak berhati-hati, maka Anda sendiri yang akan merasakan akibatnya. 

Demikianlah cara memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Apabila Anda masih merasa kesulitan untuk memilih jenis pelembap yang cocok, Anda bisa mengunjungi klinik perawatan kulit wajah dan berkonsultasi dengan dokternya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Garnier USA. 5 tips to choose the right moisturizer. https://www.garnierusa.com/tips-how-tos/5-tips-to-choose-the-right-moisturizer 

The Alchemist. 2020. 10 Tips On How To Choose The Right Moisturizer. https://www.alchimie-forever.com/blogs/the-alchemist-blog/10-tips-on-how-to-choose-the-right-moisturizer-for-your-skin

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang