Bantuan
Bantuan

MCU Adalah Medical check up, Apa Pentingnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jan 2022

Bagikan

MCU Adalah Medical check up, Apa Pentingnya?

Tahukah Anda bahwa medical check up atau MCU adalah suatu hal penting yang tidak dapat dilewatkan? MCU adalah suatu prosedur pemeriksaan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dilaksanakannya MCU dalam hal ini sejatinya terbilang cukup penting. 

Mengapa demikian? Karena MCU dalam hal ini dapat menjadi salah satu tahapan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan pada kesehatan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pentingnya MCU ini akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. 

Apa itu medical check up?

Medical check up atau MCU adalah suatu prosedur pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kesehatan tubuh. Dengan menjalankan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh ini, harapannya akan dapat dideteksi secara dini manakalah ada penyakit atau gangguan tertentu yang mempengaruhi kesehatan Anda.

Selama proses menjalani medical check up ini, Anda sebagai pasien akan melewati sejumlah tahapan pemeriksaan, mulai dari tahapan pencatatan riwayat kesehatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan data tersebut, lalu diteruskan dengan pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara keseluruhan. Tidak lupa pula akan diadakan konsultasi pada saat melakukan medical check up ini untuk membahas gejala yang dirasakan. 

Mengapa medical check up penting?

Lalu mengapa hal ini menjadi penting untuk dilakukan? Medical check up menjadi penting karena memiliki beberapa tujuan dalam mengetahui kesehatan setiap orang. Beberapa tujuannya sebagai berikut sebagai berikut ini. 

  • Untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

  • Untuk mendeteksi penyakit yang tidak menimbulkan gejala.

  • Untuk mengetahui risiko penyakit yang mungkin muncul nantinya.

  • Untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan pengobatan.

  • Untuk mendorong pasien beralih ke pola hidup sehat. 

Pada dasarnya tidak ada peraturan yang mewajibkan setiap orang untuk melakukan medical check up. Akan tetapi, disarankan untuk melakukan medical check up minimal setahun sekali untuk yang telah berusia di atas 50 tahun. 

Baca Juga: Sering Kali Diabaikan, Pentingnya Medical Check Up Adalah?

Sebelum melakukan MCU

Sebelum Anda melakukan  MCU, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan data medis seperti foto rontgen ataupun hasil pemeriksaan kesehatan yang pernah dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu mengisi beberapa pertanyaan terlebih dahulu yang berkaitan dengan kondisi Anda baik saat ini ataupun yang sebelumnya. 

Tidak hanya itu, Anda juga perlu terbuka pada dokter mengenai apa saja obat-obatan yang telah Anda konsumsi yang meliputi, obat medis, produk herbal ataupun suplemen. Jangan lupa juga untuk menanyakan kepada dokter mengenai apa saja hal yang harus dihentikan sementara waktu sebelum medical check up

Disarankan juga untuk tidak mengenakan pakain yang membuat Anda tidak nyaman pada saat pelaksanaan medical check up. Anda juga perlu melepaskan berbagai perhiasan atau aksesoris yang menempel pada tubuh. Selain itu, pada saat ingin melakukan medical check up, sangat disarankan untuk membawa minimal satu orang keluarga atau kerabat dekat untuk mendampingi Anda. 

Setelah melakukan MCU

Apabila Anda telah selesai menjalani prosedur medical check up atau MCU, maka biasanya dokter akan dapat mengizinkan Anda untuk segera pulang dan menjalankan aktivitas sebagaimana biasanya. Biasanya, Anda akan dihubungi kembali ketika hasil dari pemeriksaan kesehatan ini telah keluar semua. 

Jika hasilnya telah tersedia, dokter akan memberikan penjelasan secara terperinci kepada Anda mengenai hasil dari MCU. Pada saat ini dokter akan memberikan informasi mengenai kesehatan Anda, apakah berada dalam kondisi baik atau justru sebaliknya.

Bila ditemukan kelainan, biasanya dokter juga akan menjelaskan kepada Anda dengan jelas mengenai langkah selanjutnya yang harus ditempuh, apakah harus melanjutkan pemeriksaan untuk memastikan hasil tersebut, atau mengambil tindakan penanganan tepat lainnya. 

Demikianlah penjelasan mengenai MCU yang perlu Anda ketahui. Berdasarkan penjabaran di atas tentu Anda sudah menyadari bahwa MCU adalah suatu prosedur penting yang perlu untuk dilakukan secara rutin. 

Nah agar hasil MCU ini tidak menunjukkan hasil yang bertentangan dengan kehendak kita, cobalah untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat, dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan dan pola istirahat dengan baik, serta mengelola stres dengan benar. Dengan cara ini, kesehatan tubuh Anda dan keluarga akan lebih terjamin.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Pomona Valley Health Centers. The Importance of Regular Check-Ups. 
  2. IMU Health Care. Preparations for Health Screening. 
  3. Lenmed. The importance of a medical check-up.
Bagikan artikel ini