Mari Mengenal Seluk Beluk Mata Ikan, Mulai Dari Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Mata Ikan, Dari Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Mata ikan atau clavus merupakan kondisi di mana terjadinya penebalan kulit di bagian tertentu karena adanya tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus menerus. Kondisi ini sering terjadi di area kaki, tangan atau jari. Mengapa disebut mata ikan? Karena bila diperhatikan dengan seksama bentuknya seperti mata ikan.

Biasanya mata ikan akan berbentuk bulat dan berukuran kecil hingga sedang dengan bagian tengah yang mengeras dan dikelilingi oleh kulit yang meradang. Meskipun tidak begitu membahayakan seperti penyakit kulit lainnya. Namun, mata ikan ini akan mengganggu penampilan dan keindahan kulit seseorang. Pada beberapa kondisi, mata ikan biasanya akan menimbulkan rasa sakit, nyeri dan menimbulkan infeksi.

Namun jangan khawatir, karena hal ini umum terjadi dan tidak menimbulkan dampak yang serius bagi kesehatan Anda. Mata ikan dapat diobati dan dapat dihilangkan jika penanganannya baik dan tepat. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui seluk beluk mata ikan mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai mata ikan.

Penyebab Mata Ikan

Pada dasarnya penyebab timbulnya mata ikan adalah karena terjadinya tekanan dan gesekan secara kontinu atau terus menerus. Timbulnya mata ikan sebenarnya merupakan reaksi alamiah tubuh untuk melindungi bagian tubuh yang mengalami tekanan dan gesekan tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab dari timbulnya mata ikan yang disebabkan oleh adanya tekanan dan gesekan, diantaranya sebagai berikut :

  • Berlari atau berjalan dengan intensitas waktu yang cukup tinggi/terlalu lama

  • Penggunaan sepatu atau sandal yang terlalu sempit 

  • Tidak menggunakan kaos kaki saat memakai sepatu atau penggunaan kaos kaki yang tidak sesuai dengan ukuran kaki

  • Seringnya menggunakan alat dengan tangan seperti alat musik

  • Tidak menggunakan sarung tangan pada saat menggunakan alat dengan tangan

Selain disebabkan oleh gesekan, mata ikan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab dari timbulnya mata ikan yang disebabkan oleh hal lain, diantaranya sebagai berikut :

  • Memiliki bekas luka

  • Menderita obesitas

  • Memiliki kelainan bentuk pada jari

  • Memiliki kelainan kelenjar keringat, dll.

Baca Juga: Tahapan Operasi Mata Ikan dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Mata Ikan

Lalu bagaimanakah cara mengatasi mata ikan ini? Simak penjelasan mengenai cara mengatasi mata ikan berikut ini. 

  1. Menggunakan Batu Apung

Cara pertama adalah dengan menggunakan batu apung. Pertama-tama rendam kaki Anda menggunakan air hangat selama beberapa menit agar bagian kulit yang meradang dapat melunak. Setelah itu, gosok bagian mata ikan dengan menggunakan batu apung untuk mengikis sedikit demi sedikit kulit mati yang ada. Jika sudah, jangan lupa oleskan pelembab pada bagian mata ikan agar kulit yang tadi mengeras dapat lembab dan halus.

  1. Menggunakan Obat-Obatan Penghilang Mata Ikan

Cara mengatasi mata ikan juga dengan menggunakan obat–obatan penghilang mata ikan. Saat ini, obat–obatan tersebut sangat banyak dijual dan mudah Anda dapatkan di apotek. Biasanya obat–obatan untuk kulit seperti mata ikan berbentuk pil dan salep. Anda bisa mengoleskan obat tersebut ke bagian kulit yang bermasalah secara rutin untuk proses penyembuhan.

  1. Menipiskan Kulit Dengan Pisau 

Cara ketiga ini adalah menipiskan kulit dengan pisau. Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya dilakukan oleh profesional yakni para dokter. Hal ini hanya dilakukan untuk orang yang memiliki mata ikan meradang serta tidak dapat lagi disembuhkan dengan cara lain dan dengan obat – obatan lainnya. 

  1. Menggunakan Sepatu yang Pas Dengan Ukuran Kaki

Cara mengatasi mata ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan sepatu yang pas dengan ukuran kaki. Hal ini untuk mencegah mata ikan agar tidak tergesek dengan bantalan sepatu yang tidak sesuai ukurannya. 

Masalah mata ikan sebenarnya bukan permasalahan besar, namun akan menjadi besar bila Anda tidak menanganinya dengan baik dan tepat. Pengobatan secara mandiri dapat Anda lakukan dirumah secara rutin untuk mengatasi mata ikan. Jangan pernah melakukan bedah sendiri dengan memotong bagian mata ikan karena dapat merusak jaringan kulit serta membahayakan kesehatan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Macam Obat Mata Ikan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

 

Sumber:

1. L.A.CarlsonB.Philipson. Fish-eye disease a new familial condition with massive corneal opacities and dyslipoproteinæmia. 1979.

2. Jan Albert Kuivenhoven, Eveline J. G. M. van Voorst tot Voorst, Heiko Wiebusch, Santica M. Marcovina,6 Harald Funke, Gerd Assmann, P. Haydn Pritchard,11 and John J. P. Kastelein. A Unique Genetic and Biochemical Presentation of Fish-Eye Disease. 1995.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi