Bantuan
Bantuan

Mari Mengenal Manfaat Matoa dengan Cita Rasanya yang Sangat Unik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Jun 2022

Bagikan

Mari Mengenal Manfaat Matoa dengan Cita Rasanya yang Sangat Unik

Sering mengonsumsi buah manis ini, tapi belum familiar dengan manfaat matoa? Perlu diketahui, matoa merupakan salah satu jenis buah-buahan asli Indonesia. Tidak hanya memiliki rasa yang unik, buah matoa ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat matoa tersebut? Sebelum menjawab pertanyaan yang satu ini, alangkah baiknya kita mengenal buah matoa itu sendiri terlebih dahulu.

Baca juga: Ragam Manfaat Buah Salak yang Tidak Bisa Dilewatkan

Mengenal buah matoa

Memiliki nama latin Pometia pinnata, buah matoa merupakan salah satu tanaman tropis yang ditemukan pada sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia. Buah yang satu ini sebenarnya masih merupakan satu keluarga dengan buah leci dan lengkeng. Tak heran, jika buah matoa kerap disandingkan dengan keduanya.

Buah matoa memiliki kulit yang tipis namun keras, dengan daging berwarna putih dan bertekstur kenyal, layaknya rambutan. Adapun rasanya, manis dan unik seperti buah kelengkeng dan aromanya pun tergolong khas seperti durian. Tak heran jika banyak yang menyebut matoa sebagai kombinasi dari beberapa jenis buah-buahan.  

Manfaat matoa

Selain memiliki rasa yang lezat dan unik, matoa menyimpan kandungan nutrisi yang cukup melimpah. Adapun kandungan tersebut di antaranya adalah vitamin, mineral, hingga zat antioksidan yang cukup tinggi. Berkat kandungan itulah, matoa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat matoa yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Bagaimana tidak, matoa memiliki kandungan polifenol dengan efek antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, hingga mengurangi kolesterol jahat.

  1. Menurunkan gula darah

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak dari buah matoa dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil. Hal ini karena adanya kandungan berupa senyawa fenolik yang dapat mengurangi penyerapan gula darah di usus. Oleh sebab itu, buah yang satu ini cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

  1. Mencegah kanker

Tidak berhenti sampai di situ saja, buah matoa memiliki manfaat lainnya yakni dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Hal ini karena kandungan senyawa bioaktif di dalamnya yang dipercaya mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh. 

Baca juga: Adakah Cara Alami untuk Mencegah Kanker?

  1. Melancarkan pencernaan

Saat pencernaan mengalami gangguan, konsumsi buah matoa dapat menjadi salah satu alternatif yang Anda coba. Dalam hal ini, buah matoa sudah lama digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi masalah pencernaan. Manfaat matoa yang satu ini datang dari kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dan mencegah bakteri jahat di usus. 

  1. Mengatasi stres

Manfaat matoa berikutnya yang mungkin dapat Anda rasakan apabila mengonsumsinya adalah dapat membantu mengatasi stres. Dalam hal ini, matoa memiliki kandungan vitamin E dan senyawa yang biasanya terkandung dalam obat penenang.

Baca juga: Apa itu Manajemen Stress dan Mengapa Diperlukan?

  1. Membantu meningkatkan kesuburan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, buah matoa memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Faktanya, kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan juga wanita. Pada pria, vitamin E ini dapat meningkatkan kualitas sperma, sedangkan pada wanita kandungan tersebut dapat melindungi sel telur.

  1. Mencegah jerawat

Dari segi kesehatan kulit, manfaat matoa ternyata juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat. Hal ini karena kandungan senyawa antimikroba yang terdapat di dalamnya mampu mencegah bakteri dan kotoran penyebab jerawat itu sendiri.

  1. Melawan virus

Secara tidak langsung, matoa juga memiliki manfaat yang penting bagi tubuh manusia, terutama dalam kaitannya dengan penangkalan virus-virus berbahaya. Dalam hal ini, matoa memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang mampu melawan virus-virus berbahaya seperti herpes, flu, dan lainnya. 

Nah demikianlah penjelasan singkat yang perlu Anda ketahui mengenai matoa dan manfaatnya. Perlu diingat bahwa beberapa manfaat matoa di atas masih perlu dibuktikan lebih lanjut melalui penelitian. Meskipun begitu, tentu tidak ada salahnya untuk memasukkan buah matoa ini ke dalam menu makanan keluarga sehat Anda sehari-hari. Tidak lupa untuk membarengi konsumsi buah ini dengan makanan sehat lainnya serta olahraga dan istirahat yang cukup. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Health benefits. Health benefits of Fiji Longan. https://www.healthbenefitstimes.com/fiji-longan/.

Useful Tropical Plants. Pometia pinnata. http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Pometia+pinnata

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang