Bantuan
Free Tele x

Mari Lakukan Cara Membersihkan Paru-Paru Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Cara Membersihkan Paru-Paru Berikut Ini

Apakah Anda tahu bagaimana cara membersihkan paru-paru? Sekarang ini terdapat banyak polusi, mulai dari asap kendaraan hingga asap rokok yang dapat membahayakan paru-paru. Berbagai polusi ini dapat menimbulkan berbagai masalah pada paru-paru seperti kanker paru dan asma.

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan paru-paru agar terhindar dari berbagai macam masalah tersebut. Lantas, bagaimana cara membersihkan paru-paru tersebut? Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan cara membersihkan paru-paru yang mudah untuk dilakukan. 

  1. Menjaga Kebersihan Ventilasi

Cara membersihkan paru-paru yang pertama yaitu dimulai dari membersihkan ventilasi yang terdapat di kamar mandi, kamar tidur hingga dapur. Ketika Anda membersihkan ventilasi gunakanlah cairan pembersih antibakteri agar ruangan di rumah bebas dari debu dan kuman penyakit.

Hal ini diperlukan karena kotoran yang menumpuk pada ventilasi dapat dengan mudah masuk dan terhirup jika tidak dibersihkan secara rutin. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan ventilasi setidaknya setiap 6 bulan sekali agar kualitas udara di rumah tetap bersih dan terjamin.

  1. Menggunakan Air Purifier

Cara membersihkan paru-paru yang selanjutnya yaitu menggunakan air purifier. Air purifier itu sendiri merupakan alat yang dirancang  agar dapat membersihkan udara yang mengalir di  dalam ruangan. Oleh karena itu, cobalah untuk memakai air purifier agar dapat meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Cara yang satu ini dapat menjadi langkah awal dalam membersihkan paru-paru selain menjaga ventilasi tetap bersih. 

  1. Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Selain menggunakan air purifier dan juga membersihkan ventilasi, Anda juga perlu melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini agar Anda mendapatkan asupan udara yang segar di pagi hari sehingga membuat jaringan di paru-paru dapat berkembang dan bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti berolahraga dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko iritasi paru-paru akibat polusi. Akan tetapi, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa kualitas udara disekitar, dan menghindari beraktivitas lingkungan yang memiliki tingkat polusi sedang hingga tinggi.

Baca Juga: Seperti Ini Kondisi Paru-Paru Setelah COVID, dan Cara Memulihkannya

  1. Menghindari Rokok

Berbagai zat beracun yang terkandung di dalam rokok dapat membahayakan kesehatan paru-paru Anda. merokok juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan memperparah infeksi pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, apabila Anda seorang perokok mulaikah untuk menguranginya bahkan menghentikan kebiasan tersebut agar dapat membersihkan paru-paru Anda.

Bahkan, rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok saja, namun juga berbahaya bagi orang-orang yang menghirup asap rokok tersebut. Jadi, meninggalkan kebiasaan merokok tidak hanya membuat paru-paru Anda sehat, namun juga menjaga orang lain tidak terkena imbasnya juga. 

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara membersihkan paru-paru yang selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan sehat. Anda perlu mencukupi asupan kebutuhan nutrisi yang baik setiap harinya dengan mengonsumsi makanan sehat. Mulailah dengan mengonsumsi segelas air lemon agar menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin C seperti, kiwi, jeruk, anggur, dan tomat. Anda juga perlu memasukkan makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti apel, bawang putih, jahe hingga teh hijau. 

  1. Mengontrol Batuk

Cara membersihkan paru-paru yang terakhir yaitu dengan mengontrol batuk. Hal ini karena, batu merupakan salah satu cara alami untuk membersihkan batu. Ketika Anda bisa mengendalikan batuk, maka dahak dan juga partikel kotor di dalam paru-paru dapat terangkat dan dikeluarkan dengan efektif.

Untuk dapat membersihkan paru-paru dengan batuk, Anda bisa mulai dengan posisi duduk tegap dan menapakkan kaki di lantai. Setelah itu ambil napas dengan perlahan melalui hidung dan buanglah secara perlahan dengan mencondongkan tubuh ke depan. Usahakan untuk batu sebanyak 2 hingga 3 kali ketika membuang napas. Lakukan hal ini secara berulang seperlunya saja.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan paru-paru yang dapat Anda lakukan. Cara membersihkan paru-paru di atas butuh komitmen dalam melakukannya. Apabila Anda sudah terlanjur terpapar polusi yang cukup tinggi dan mengalami beberapa keluhan pernapasan, sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Fungsi Paru-Paru Tetap Terjaga, Lakukan Latihan Pernapasan Berikut Ini

 

Sumber:

1. Brusie, Chaunie. 8 Ways to Cleanse Your Lungs. (2020)

2. Eske, Jamie. Natural ways to cleanse your lungs. (2019)

3. Protecting Your Lungs. (2021)

Tag :
Bagikan artikel ini