Bantuan

Mari Ketahui Cara Menghilangkan Kurap Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

cara menghilangkan kurap

enyebabkan penderitanya merasa terganggu saat beraktifitas, jadi perlu untuk segera ditangani. Tidak hanya itu, jika tidak segera diatasi, kondisi ini juga bisa menimbulkan komplikasi walaupun jarang terjadi. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa cara menghilangkan kurap yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Mengoleskan minyak kelapa

Cara menghilangkan kurap yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terdampak. Hal ini karena, minyak kelapa memiliki kandungan antijamur dan juga antimikroba sehingga mampu membunuh jamur penyebab kurap. Bahkan, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa minyak kelapa merupakan pengobatan alami yang paling ampuh melawan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki asam lemak yang mampu membunuh sel jamur. 

  1. Mengoleskan lidah buaya

Sudah tidak perlu dipertanyakan kembali, sejak zaman dahulu hingga saat ini, lidah buaya sangatlah terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan lidah buaya ini untuk menghilangkan kurap. Terlebih lagi, di dalam lidah buaya terdapat kandungan antijamur, antibakteri, dan juga antivirus yang dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur penyebab kurap. Cara penggunaannya yaitu cukup mengoleskan gel dari lidah buaya pada kulit yang terinfeksi. 

  1. Mengoleskan cuka apel

Cara menghilangkan kurap yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan mengoleskan cuka apel ada kulit yang terinfeksi. Pasalnya, cuka apel memiliki kandungan antijamur yang efektif dalam mengobati kurap yang Anda alami. Cara penggunaan cuka apel ini pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cuka apel langsung ke kulit yang terinfeksi tanpa melarutkanya terlebih dahulu. Jika menginginkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari. 

  1. Mengusapkan air garam

Siapa yang tidak ada garam di dapur rumahnya? Mungkin hampir bisa dikatakan mustahil karena garam adalah salah satu bumbu paling dasar dalam masakan. Namun tahukah Anda, ternyata garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan kurap. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, gunakan larutan tersebut untuk mengusap bagian kulit yang terinfeksi. 

  1. Mengoleskan pasta bawang putih

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan kurap adalah bawang putih. Dalam hal ini, bawang putih terbukti mampu membasmi berbagai jenis jamur penyebab infeksi, seperti Cryptococcus hingga Candida. Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan bawang putih yang telah ditumbuk hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta bawang putih ini pada area yang terkena kurap sebanyak tiga kali setiap harinya. 

Nah, itulah dia penjelasan mengenai beberapa cara menghilangkan kurap yang bisa Anda coba di rumah. Agar kurap yang Anda alami tidak semakin menyebar atau menular ke bagian kulit yang lain, ada baiknya Anda selalu rutin mengganti pakaian yang telah digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan diri dan pakaian, serta hindari kebiasaan menggunakan barang yang sama dengan orang lain, baik itu berupa fasilitas umum, maupun benda-benda pribadi seperti sisir, handuk, dan lain sebagainya.

Apabila cara menghilangkan kurap di atas kurang membuahkan hasil, Anda bisa menggunakan salep antijamur yang memiliki efektivitas yang lebih tinggi. Selain itu, alangkah baiknya Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter, khususnya dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi mengenai cara menghilangkan kurap yang paling tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Gotter, Ana. Home Remedies for Ringworm. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-ringworm#coconut-oil

Leonard, Jayne. 2020. Are there any home remedies for ringworm?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320911 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang