Mari Cari Tahu Beragam Fungsi Tulang Paha Bagi Tubuh Manusia di sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

Mari Cari Tahu Beragam Fungsi Tulang Paha Bagi Tubuh Manusia di sini

Menopang tubuh manusia merupakan fungsi tulang paha yang paling penting. Ini karena tulang paha merupakan tulang terkuat yang menghubungkan bagian panggul dengan lutut. Sehingga bisa Anda bayangkan jika tidak ada tulang paha, mungkin Anda tidak akan bisa berdiri dengan tegak. Selain penopang tubuh, masih banyak fungsi tulang paha lainnya yang perlu Anda ketahui, tahukah Anda apa saja fungsi tulang paha? Mari simak penjelasan selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Tulang Paha?

Tulang paha merupakan salah satu bagian dari anatomi rangka manusia. Dalam istilah latin tulang paha dikatakan sebagai femur yaitu tulang terbesar dan terpanjang yang dimiliki oleh manusia. Sebagai tulang terbesar dan terpanjang, fungsi tulang paha cukup besar perannya bagi tubuh manusia, karena tulang paha memiliki banyak otot dan ligamen yang memungkinkan manusia bisa bergerak dan menjalankan beragam aktivitas sehari-hari. Selain itu, tulang paha sebagai transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul yang memungkinkan manusia bisa berdiri dengan sempurna.

Fungsi Tulang Paha

Sebagai tulang terkuat, tulang paha atau tulang pipa memiliki bentuk silinder, dua ujung dan mengandung sum-sum kuning yang menggelembung pada kedua ujungnya. Struktur dari tulang pipa ini cukup keras dan padat, sehingga tidak heran jika tulang paha dijadikan sebagai tumpuan bagi kaki dan anggota tubuh lainnya. Berikut beberapa fungsi tulang paha yang perlu Anda ketahui selengkapnya:

  1. Tempat melekatnya tempurung lutut

Salah satu fungsi tulang paha bagi manusia ialah tempat melekatnya tempurung dengan lutut. Karena tempurung pada lutut melekat secara langsung dengan tulang paha sehingga fungsi tulang paha sedikit lebih vital dibandingkan dengan tulang-tulang lainnya. Tempurung lutut atau distal biasanya melekat pada tulang paha bagian bawah dan berfungsi untuk melindungi sendi yang ada di dalam lutut. Tempurung lutut tidak terlepas dengan kondilus lateral yang terletak di bagian paha bawah dan memiliki fungsi untuk menggerakan kaki.

  1. Tempat terbentuknya sel darah merah

Fungsi tulang paha yang perlu Anda ketahui selanjutnya ialah sebagai tempat terbentuknya sel darah merah. Ini karena tulang paha memiliki rongga medular yang berfungsi sebagai tempat pembuatan dan penyimpanan sel darah merah. Sebab di dalam rongga medular terdapat sumsum tulang yang mengandung dua jenis sel punca yaitu hemopoietik (penghasil darah merah) dan stromal (penghasil lemak). Sel darah merah yang dihasilkan oleh sum-sum tulang paha ini berperan penting dalam mencukupi kebutuhan oksigen di dalam tubuh.

  1. Memudahkan kaki bergerak 

Selain kedua fungsi di atas, fungsi tulang paha lainnya yaitu memungkinkan kaki manusia bergerak ke segala arah. Ini karena letak tulang paha cukup strategis yaitu terletak di antara panggul dan kaki atau pertengahan tubuh manusia. Tanpa tulang paha, Anda tidak akan bisa bergerak ke segala arah, berlari, berjalan atau bahkan berdiri. Namun tahukah Anda mengapa kaki bisa bergerak ke segala arah? Karena tulang paha tersambung dengan beberapa sendi panggul, dan sendi kaki sehingga kaki Anda bisa bergerak ke segala arah.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Macam Titik Refleksi Kaki Ini Untuk Meningkatkan Kesehatan!

  1. Penopang tubuh 

Fungsi tulang paha yang paling penting ialah sebagai penopang tubuh. Tulang paha mampu menahan berat hingga 30 kali lipat berat badan manusia, maka dari itu tidak heran jika tulang paha dikatakan sebagai tulang terkuat dan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Namun meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat menjalankan aktivitas sehari-hari, jangan sampai tulang paha yang Anda miliki mengalami cedera. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat atau aktivitas yang cukup berisiko bagi tulang paha Anda.

Melalui pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa tulang paha merupakan tulang terkuat dan terbesar yang dimiliki oleh manusia dan memiliki banyak fungsi penting. Dengan posisinya yang strategis, tulang paha memungkinkan manusia bisa berdiri dengan tegak dan bergerak ke segala arah. Sehingga jika Anda mengalami cedera tulang paha, bisa dipastikan Anda tidak akan mampu berjalan untuk sementara waktu. Maka dari itu penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang paha.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Membuat Tulang Seperti Huruf S, Ini Ciri-Ciri Skoliosis Yang Wajib Anda Ketahui

 

Sumber: 

Brouhard, Rod. The Anatomy of the Femur. 2021

Britanica: femur (no date)

 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi