Bantuan

Manfaat Mandi Air Dingin yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Manfaat Mandi Air Dingin yang Wajib Anda Ketahui

Apakah Anda tahu apa manfaat mandi air dingin? Mandi menggunakan air dingin, terutama di pagi hari merupakan sesuatu hal yang sering dihindari oleh banyak orang dan lebih memilih mandi dengan air hangat. Padahal, mandi air dingin di pagi hari sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, sayangnya mungkin masih banyak dari Anda yang belum tahu mengenai manfaat mandi air dingin ini. 

Baca Juga: Kemasukan Air Saat Mandi? Begini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Manfaat Mandi Air Dingin

Lantas apa saja manfaat mandi air dingin yang bisa didapatkan tersebut? Tanpa basa-basi lagi, berikut ini beberapa manfaat mandi air dingin yang wajib Anda ketahui. 

  1. Menyehatkan kulit  dan rambut

Manfaat mandi air dingin yang bisa Anda dapatkan  pertama yaitu dapat menghaluskan kulit dan rambut. Hal ini karena air dingin dapat mengencangkan kutikula rambut dan juga kulit melalui pengerutan pembuluh darah. Kutikula dan pori kulit yang mengencang ini akan menghalangi berbagai benda berbahaya seperti kotoran yang akan menyumbat kulit dan pori-pori. Tidak hanya itu, air dingin juga mampu menciptakan rambut yang tampak lebih kuat dan sehat serta meningkatkan kemampuan dalam menggenggam kulit kepala. 

Baca Juga: Berbagai Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Tidak Anda Sadari

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat Anda mulai mandi dengan air dingin, tentu pertama kali akan merasa tersentak atau kaget saat air dingin membasahi tubuh. Namun tahukah Anda, refleks ini ternyata memiliki manfaat kesehatan. Ketika kamu tersentak atau kaget tersebut, maka akan memicu jantung untuk memompa darah yang ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang meningkat ini, mampu menurunkan tekanan darah mendorong kerja sistem imun dan juga membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah.  

  1. Meningkatkan suasana hati

Hal ini karena ketika Anda mandi air dingin, maka saraf simpatik akan aktif serta meningkatkan ketersediaan neurotransmitter seperti norepinefrin dan endorfin. Meningkatnya endorfin ini mampu membuat Anda merasa lebih bersemangat. Selain itu, mengatasi rasa takut saat ingin mandi air dingin mampu membuat Anda tanpa sadar telah mempelajari menangani gejala fisiologis yang dialami tubuh. Mandi air dingin ternyata mampu meningkatkan suasana hari serta menambah 

  1. Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang dalam program penurunan berat badan? Jika iya, cobalah untuk mandi dengan air dingin untuk membantu program yang Anda lakukan. Hal ini karena, mandi air dingin akan meningkatkan metabolisme lemak coklat. Ketika lemak coklat ini terkena suhu dingin, maka akan terjadi peningkatan metabolisme sehingga lemak dalam tubuh Anda akan berkurang. Namun, cara ini hanya sebagai penunjang. Untuk hasil yang maksimal, Anda tetap perlu berolahraga dan makan makanan sehat.

Baca Juga: Tidak Memiliki Waktu Berolahraga? Ini Dia Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

  1. Meredakan nyeri otot

Manfaat mandi air dingin yang wajib Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu meredakan nyeri otot. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyebabkan mandi air dingin mampu menurunkan pembengkakan dan nyeri otot. Hal ini karena, mandi air dingin memberikan efek antiinflamasi yang membuat detak jantung aliran darah dan pengambilan oksigen meningkat. Berkat hal ini, maka otot dan jaringan lainnya mampu diperbaiki dengan. 

  1. Meningkatkan Kesehatan usus

Mandi air dingin ternyata dapat meningkatkan kesehatan usus. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mandi air dingin mampu meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Ketika sirkulasi ini meningkat, maka detoksifikasi akan diaktifkan sehingga bermanfaat bagi pencernaan. Tidak hanya itu, air dingin juga akan meningkatkan sel otot polos termasuk kesehatan perut dan usus. 

  1. Meningkatkan kesehatan sperma

Manfaat mandi air dingin yang terakhir sangat penting bagi seorang pria yaitu mampu meningkatkan kesehatan sperma. Hal ini karena, susu dingin mampu membantu menurunkan suhu pada skrotum. Kondisi ini akan mendorong peningkatan produksi sperma dan juga testosteron. Dan sebaliknya, sebaiknya pria menghindari mandi air hangat terlalu sering atau menghindari suhu yang mampu membuat suhu skrotum seperti bersepeda berlebihan.  

Nah, itulah dia beberapa manfaat mandi air dingin yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, apakah Anda masih takut untuk memulai hari dengan mandi air dingin? Namun jika Anda merasa tubuh terlalu lelah dan kurang fit, maka mandilah dengan air hangat sesekali agar otot yang menegang dapat dikendurkan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Lindberg, Sara. 2020. Cold Showers vs. Hot Showers: Which One Is Better?. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower#Why-do-we-like-hot-showers?
  2. Borreli, Lizette. 2014. Benefits of Cold Showers: 7 Reasons Why Taking Cool Showers Is Good For Your Health. https://www.medicaldaily.com/benefits-cold-showers-7-reasons-why-taking-cool-showers-good-your-health-289524
Bagikan artikel ini