Bantuan
Free Tele x

Manfaat & Khasiat Biji dari Buah Anggur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 15 Sep 2022

Bagikan

Manfaat & Khasiat Biji dari Buah Anggur untuk Kesehatan

Biji dari buah anggur memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Biji anggur berbentuk biji kecil dengan rasa yang pahit. Memakan biji dari buah anggur tidak berbahaya, sehingga jika tidak sengaja termakan, aman untuk ditelan dan dikunyah. Biji anggur dapat digunakan sebagai pembuatan minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur, yang telah menjadi makanan kesehatan yang populer.

Ekstrak biji dari buah anggur bermanfaat untuk sejumlah kondisi kardiovaskular. Ekstrak biji anggur dapat membantu sirkulasi yang buruk (insufisiensi vena kronis) dan kolesterol tinggi. Ekstrak biji anggur juga dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh cedera dan membantu penyakit mata yang berhubungan dengan diabetes.

Kandungan Biji dari Buah Anggur

Semua varietas anggur mengandung polifenol. Polifenol adalah kandungan senyawa yang memberi warna cerah pada anggur yang juga menawarkan perlindungan terhadap penyakit dan kerusakan lingkungan. Polifenol adalah antioksidan yang dikenal dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Buah anggur sendiri memiliki kandungan polifenol paling banyak. Mereka juga memiliki kemampuan antioksidan tertinggi.

 

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat biji anggur untuk kesehatan, di antara lain:

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Biji dari buah anggur diketahui memiliki efek pada tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi biji anggur setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik secara signifikan. Bagi penderita obesitas yang berusia kurang dari 50 tahun, konsumsi biji dari buah anggur sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki gangguan metabolisme.

2. Dapat Meningkatkan Aliran Darah

Biji dari buah anggur juga dapat meningkatkan aliran darah. Dalam sebuah penelitian, menemukan bukti bahwa wanita pascamenopause yang sehat, mengonsumsi biji anggur dapat memberikan efek pengencer darah, sehingga berpotensi mengurangi risiko pembekuan darah. Di samping itu, biji anggur juga dapat meringankan pembengkakan kaki.

3. Dapat Mengurangi Kerusakan Oksidatif

Oksidasi kolesterol LDL secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung dan memainkan peran sentral dalam aterosklerosis atau penumpukan plak lemak di arteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi biji dari buah anggur dapat menghambat oksidasi lemak dalam darah dan juga mengurangi stres oksidatif sebelum menjalani operasi, sehingga biji anggur dikatakan dapat melindungi jantung dari kerusakan.

Baca juga: Manfaat & Khasiat Tanaman Keladi Tikus Untuk Anti Kanker

4. Mencegah Rheumatoid Arthritis (RA)

Peningkatan konsumsi flavonoid dapat meningkatkan sintesis kolagen dan pembentukan tulang. Sebagai sumber yang kaya akan flavonoid, biji dari buah anggur dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang Anda. Menambahkan ekstrak dari biji anggur ke makanan Anda dapat meningkatkan kepadatan tulang, kandungan mineral dan kekuatan tulang. Penelitian juga menunjukkan bahwa biji anggur dapat menekan kerusakan tulang pada radang sendi autoimun sehingga Anda dapat terhindar dari rheumatoid arthritis (RA).

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kombinasi flavonoid dari sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada biji dari buah anggur diperkirakan dapat menunda atau mengurangi timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer. Salah satu komponen dalam biji ini adalah asam galat, yang dapat menghambat pembentukan fibril oleh peptida beta-amyloid. Sehingga, biji anggur dapat mencegah kehilangan memori, meningkatkan status kognitif dan tingkat antioksidan otak, dan mengurangi lesi otak.

6. Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ginjal sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif, yang tidak reversibel. Penelitian menunjukkan bahwa biji dari buah anggur dapat mengurangi kerusakan ginjal dan meningkatkan fungsi dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan inflamasi.

7. Dapat Menghambat Infeksi

Biji dari buah anggur memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menjanjikan. Hal ini menunjukkan bahwa biji anggur dapat juga menghambat pertumbuhan bakteri bawaan makanan yang umum, termasuk Campylobacter dan E. coli, yang keduanya sering menyebabkan keracunan makanan parah dan gangguan perut.

8. Obat Anti Kanker

Penyebab penyakit kanker ini sangat kompleks, meskipun kerusakan DNA merupakan karakteristik utama penyebab kanker. Untuk menghambat terjadinya kanker, diperlukan asupan antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan proanthocyanidins yang dikaitkan dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Aktivitas antioksidan biji buah anggur telah menunjukkan potensi untuk menghambat kanker payudara, paru-paru, lambung, mulut, hati, prostat dan pankreas. Selain itu, biji anggur juga telah terbukti meningkatkan efek berbagai jenis kemoterapi.

Demikian informasi mengenai khasiat biji buah anggur yang dapat tim aido sampaikan, semoga bermanfaat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apakah Tumor Jinak Bisa Menjadi Kanker?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

  1. Healthline. 2020. Can You Eat Grape Seeds?. Diakses 2022.

  2. Healthline. 2019. 10 Benefits of Grape Seed Extract, Based on Science. Diakses 2022.

  3. Webmd. 2021. Grape Seed Extract.  Diakses 2022.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami