Manfaat Bridging melalui Sistem Informasi Manajemen Faskes (SIM Faskes)

Ditinjau oleh • 02 Nov 2022

Bagikan

Manfaat Bridging melalui Sistem Informasi Manajemen Faskes (SIM Faskes)

Ketika Anda sebagai seorang pemilik klinik/rumah sakit sedang melakukan proses pemilihan SIM Faskes yang ingin digunakan, salah satu hal yang dapat Anda perhatikan adalah kemampuan bridging SIM FASKES dengan berbagai pihak. Melalui proses bridging, SIM FASKES dapat digunakan lebih optimal, mempercepat dan meningkatkan kualitas proses pelayanan Kesehatan.

Apa yang dimaksud dengan Bridging SIM FASKES

Bridging SIM FASKES adalah kemampuan SIM FASKES untuk terhubung dengan jaringan komputer pihak ketiga. Proses penghubungan ini selain mempermudah data transfer juga dapat memperkaya fitur-fitur yang dapat digunakan oleh pengguna SIM Faskes. Sebagai contoh, bridging SIM FASKES sebuah faskes dengan BPJS Kesehatan yang memungkinkan nomer antrian dari pendaftaran pada Mobile JKN dapat diintegrasikan dengan antrian pasien Umum di faskes tersebut, tanpa adanya proses transfer manual/via telefon yg dilakukan operator.

Apa saja keuntungan Bridging SIM FASKES

Beberapa manfaat yang dapat diraih oleh faskes dari proses bridging SIM Faskes:

  • Proses data entry yang lebih simpel, pihak admin faskes tidak perlu lagi memasukkan data pasien ke sistem yang berbeda-beda, cukup dengan memasukkan data ke SIM Faskes maka data tersebut otomatis sudah masuk ke layanan lain yang telah tersambung mis. BPJS.

  • Proses klaim yang lebih mudah, jika SIM Faskes klinik telah melakukan bridging dengan Virtual Claim (VClaim) BPJS atau dengan faskes lain, hal ini akan mempermudah proses penagihan yang dapat dilakukan via digital, tidak lagi menggunakan metode konvensional/paper-based.

·   Pelayanan pasien menjadi lebih cepat, karena bridging SIM FASKES memungkinkan verifikasi dilakukan secara otomatis seperti yang telah dibahas sedikit di atas.

·   Kualitas pelayanan lebih meningkat, melalui bridging, SIM FASKES dapat melakukan tipe-tipe servis yang lebih luas selain pelayanan Kesehatan, misalnya bridging dengan penyedia asuransi ataupun layanan finansial membuat faskes mampu menawarkan opsi pembayaran beragam kepada pasien.

Pihak-pihak yang dapat melakukan Bridging dengan SIM FASKES

SIM FASKES dapat melakukan bridging dengan beberapa pihak untuk mendapatkan manfaat seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya:

  • Bridging dengan BPJS, SIM Faskes dapat melakukan bridging ke 3 platform BPJS Kesehatan yaitu VClaim (pengiriman tagihan faskes ke BPJS dalam format digital) PCare (akses informasi pasien di server BPJS) & Aplicare (ketersediaan jumlah kamar & bed). Bridging ini memudahkan Faskes dalam melakukan proses verifikasi dan registrasi pasien peserta dan memberikan pelayanan kepada pasien-pasien BPJS.

  • Bridging dengan Transportasi Online, melalui bridging dengan pihak Transportasi Online, SIM Faskes dapat melakukan pemesanan transportasi online langsung didalam sistem untuk semua layanan Kesehatan yang membutuhkan layanan jasa antar, lebih ringkas tanpa menggunakan aplikasi terpisah.

  • Bridging dengan pihak Asuransi, SIM Faskes dapat melakukan bridging ke pihak asuransi ataupun ke pihak penjamin (Third Party Administration/TPA) mis. AdMedika atau Owlexa untuk melayani  pasien-pasien yang pembayarannya menggunakan asuransi Kesehatan swasta.

  • Bridging dengan pihak Jasa Keuangan/Perbankan, dengan melakukan bridging ke pihak Jasa Keuangan, SIM Faskes dapat membantu pasien memberikan pilihan metode pembayaran dengan menggunakan sistem pembayaran digital.

Sekiranya Anda memiliki sumber daya yang terbatas untuk mengembangkan sistem yang memiliki kemampuan Bridging, maka sistem informasi manajemen faskes Hospita/Klinika by Aido Health dapat Anda pertimbangkan sebagai solusi. Sistem Hospita/Klinika dapat membantu Faskes untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien karena telah tersambung/bridging dengan BPJS, Transportasi Online, TPA Asuransi, dan dengan pihak jasa keuangan. Selain itu dengan kemampuan Full Customization, Hospita/Klinika mampu membantu Anda untuk membangun sistem informasi manajemen komprehensif disesuaikan dengan proses bisnis faskes Anda sehari-hari.

Sistem Hospita/Klinika by Aido juga memiliki fitur lain seperti e-medical record system, telemedicine (dapat anda lakukan sendiri mengurangi ketergantungan terhadap platform telemedicine lain) dan juga sistem manajemen inventori farmasi berikut dengan fitur Pengantaran Obat yang memberikan kenyamanan bagi pasien yang tidak memiliki waktu banyak untuk mendapatkan obat. Menggunakan sistem Hospita/Klinika, faskes Anda dapat melayani pasien dengan lebih cepat, efisien dan meningkatkan potensi pendapatan faskes Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai fitur-fitur Hospita/Klinika by Aido Health, hubungi email [email protected] untuk penjelasan bagaimana kami dapat membantu faskes Anda melayani pasien lebih baik.

Tag :
Bagikan artikel ini