Bantuan
Free Tele x

Makanan Penambah Sperma yang Bisa Anda Konsumsi Agar Cepat Mendapatkan Momongan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Makanan Penambah Sperma yang Bisa Anda Konsumsi Agar Cepat Mendapatkan Momongan

Bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan, disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan penambah sperma ini. Hal ini karena, salah satu faktor yang menentukan pasangan Anda dapat cepat hamil yaitu sperma yang baik. Mengonsumsi makanan penambah sperma dapat membuat kualitas sperma Anda menjadi baik. Kualitas sperma yang baik dapat membuat kemungkinan pasangan Anda dapat cepat hamil. 

Lantas apa saja makanan penambah sperma itu? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Buah

Makanan penambah sperma yang pertama yaitu buah yang banyak mengandung vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C tidak hanya dapat meningkatkan imun tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas sperma Anda. Hal ini karena, buah dengan kandungan vitamin C memiliki antioksidan yang berkualitas. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengurangi sel-sel sperma yang cacat.

  1. Telur

Selain buah yang mengandung vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi telur. Telur menjadi makanan penambah sperma berkat kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menyuburkan sperma. Kandungan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan gerak sperma, jumlah sperma dan juga bentuk dari sperma. Tidak hanya itu, telur juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi Anda. 

  1. Jamur

Makanan penambah sperma yang selanjutnya yaitu jamur. Jamur memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk sperma. Walaupun Anda mengetahui vitamin D berguna untuk tulang, ternyata vitamin D juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Hal ini karena, vitamin D dapat membantu pergerakan sperma. Selain jamur, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D lainnya seperti keju atau kuning telur. 

  1. Gandum

Gandum merupakan makanan penambah sperma yang bisa Anda konsumsi yang selanjutnya, terutama gandum utuh. Hal ini karena, gandum utuh memiliki kandungan yang baik untuk sperma seperti vitamin B9. kandungan vitamin B9 ini sangat dibutuhkan oleh pria untuk dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga dapat membuahi sel telur. Beberapa makanan gandum utuh yaitu, sereal dan oatmeal. 

  1. Tiram

Anda juga bisa mengonsumi tiram untuk dapat menambah sperma agar bisa meningkatkan kemungkinan hamil. Hal ini karena, di dalam tiram terdapat kandungan zinc yang merupakan nutrisi yang akan meningkatkan kualitas dan juga jumlah sperma. Selain tiram, Anda juga bisa mengonsumsi kepiting atau suplemen yang mengandung zinc. 

  1. Makanan Laut

Makanan penambah sperma yang bisa Anda konsumsi selanjutnya yaitu, makanan laut. Hal ini karena, makanan laut banyak mengandung nutrisi yang baik untuk sperma seperti vitamin B12. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa vitamin B12 dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma dan mengurangi sel sperma yang rusak. 

  1. Tomat

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa kandungan yang dimiliki tomat memiliki pengaruh terhadap kesuburan pria. Kandungan yang dimiliki tomat tersebut yaitu, likopen. Kandungan likopen ini merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang  berasal dari makanan yang tidak sehat. Tidak hanya itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa likopen bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70%. 

  1. Bawang Putih

Makanan penambah sperma yang terakhir yaitu bawang putih. Hal ini karena, bawang putih memiliki kandungan selenium dan alisin yang dapat meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi dan dapat melindungi sperma dari kerusakan. Selain bawang putih Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain yang mengandung selenium seperti, roti, telur atau daging. 

Nah, itulah beberapa makanan penambah sperma yang bisa Anda konsumsi. Selain makanan yang di atas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan penambah sperma lainnya. Makanan yang dapat Anda konsumsi agar bisa menambah sperma yaitu makanan yang memiliki kandungan, selenium, vitamin C, vitamin B9, vitamin B12, likopen, vitamin D atau asam lemak omega-3. Anda bisa menemukan berbagai makanan dengan kandungan tersebut selain makanan yang telah disebutkan. 

Semoga informasi mengenai makanan penambah sperma ini dapat membantu Anda dapat mencapai keinginan untuk memiliki momongan. Perlu diingat, selain menjaga makanan, Anda juga perlu menerapkan beberapa program agar bisa segera memiliki momongan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Huizen, Jennifer. What are the best ways to increase sperm count? (2019) 

Arnarzon, Atii. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count (2020) 

Anthony, Stephanie. 30 foods and facts to increase your man's sperm count naturally.

Bagikan artikel ini