Bantuan
Free Tele x

Macam-macam Obat Asam Lambung Untuk Atasi Gejalanya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Macam-macam Obat Asam Lambung Untuk Atasi Gejalanya

Sudahkan Anda tahu apa saja obat asam lambung untuk mengatasi gejalanya? Ketika asam lambung naik, tentu akan menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu aktivitas. Beberapa gejala yang ditimbulkan yaitu mual, muntah, sensasi terbakar, sulit menelan, suara serak dan rasa pahit dimulut. 

Untuk mengatasi gejala tersebut diperlukan obat asam lambung. Lalu apa saja obat asam lambung tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung. 

Penyebab Asam Lambung

Sebelum Anda mengetahui obat untuk asam lambung, sebaiknya Anda perlu tahu apa penyebab asam lambung bisa naik. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat meminimalkan risiko asam lambung terjadi pada Anda. Berikut ini ada beberapa penyebab asam lambung yang perlu Anda ketahui. 

  • Mengonsumsi makanan pedas dan asam. Kedua makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung. 

  • Gaya hidup tidak sehat.  Beberapa  gaya hidup tidak sehat yaitu merokok, mengonsumsi kafein dan mengonsumsi alkohol. 

  • Obesitas. Kelebihan berat badan dapat menekan bagian perut sehingga asam lambung dapat naik.

  • Makan dalam porsi besar. Hal ini dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Sebaiknya Anda makan dapat jumlah kecil namun sering. 

  • Makan menjelang tidur. Makanan membutuhkan proses pencernaan yang lama, sehingga tidur setelah makan dapat menyebabkan naiknya asam lambung. 

  • Penyakit ginjal kronis. Penyakit ini menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga akan terjadi peningkatan produksi asam lambung. 

  • Efek samping obat-obatan. Beberapa obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid dapat memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan.

 Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Obat Asam Lambung

Setelah mengetahui penyebab asam lambung, maka selanjutnya yaitu mengetahui obat asam lambung. Berikut ini penjelasan mengenai 5 obat asam lambung yang bisa digunakan untuk mengatasi gejalanya. 

  1. Antasida

Obat asam lambung yang dapat digunakan untuk meredakan gejalanya pertama yaitu obat antasida. Cara kerja dari obat ini yaitu dengan menetralkan asam lambung. Selain itu, obat antasida juga biasanya memiliki kandungan simetikon yang mampu mengeluarkan gas yang berlebih di dalam tubuh. Pada beberapa produk juga memiliki kandungan magnesium hydroxide dan hydrotalcite yang dapat mengatasi gejala asam lambung seperti mual dan muntah. 

  1. Antibiotik

Salah satu penyakit yang berkaitan dengan  asam lambung yaitu maag. Ketika maag yang Anda alami disebabkan oleh bakteri, maka diperlukan obat antibiotik. Obat ini berguna untuk membunuh bakteri sehingga dapat mengatasi perut kembung dan mual. Jika Anda mengonsumsi obat antibiotik, maka konsumsilah hingga habis sesuai petunjuk oleh dokter. 

  1. Proton Pump Inhibitor

Obat asam lambung yang selanjutnya yaitu obat proton pump inhibitor atau sering disebut PPI. Cara kerja dari obat ini yaitu dengan memblokir enzim penghasil asam sehingga produksi asam lambung dapat dikurangi. Pada umumnya, obat ini akan diberikan kepada mereka yang telah mengalami penyakit asam lambung atau GERD. 

  1. Antagonis Receptor H-2

Antagonis receptor H-2 merupakan obat asam lambung yang akan mengurangi produksi asam lambung. Pada umumnya, obat ini akan dikombinasikan dengan obat antasida sehingga mampu bekerja lebih cepat dalam menekan produksi asam lambung. Namun bagi Anda yang memiliki kebiasan merokok sebaiknya dihentikan terlebih dahulu. Hal ini karena rokok hanya akan membuat jumlah asam lambung meningkat. 

  1. Obat Penguat Sfingter Esofagus

Obat asam lambung yang dapat digunakan untuk mengatasi gejalanya yaitu obat penguat sfingter esofagus. Obat yang digunakan  yaitu baclofen yang dapat meregangkan otot. Obat ini mampu memperkuat sfingter esofagus bagian bawah. Akan tetapi, obat yang satu ini memiliki efek samping yaitu dapat menyebabkan mual dan kelelahan. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai obat asam lambung yang dapat digunakan untuk meredakan gejalanya. Perlu diingat, beberapa obat tersebut hanya boleh dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami gejala  asam lambung yang tidak kunjung reda dan terus berulang maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Obat Herbal Untuk Atasi Asam Lambung Ketika Kambuh

 

Sumber: 

1. Stuart, Annie. 2020. What Is Acid Reflux Disease?

2. Schulman, Jill Seladi. 2020. What to Know About High Stomach Acid.

3. MacGill, Markus. 2017. What is acid reflux?

4. Fletcher, Jenna. 2020. What types of acid reflux medicines are available?

Tag :
Bagikan artikel ini