Bantuan
Free Tele x

Lakukan Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Lakukan Posisi Tidur Berikut Ini Saat Asam Lambung Naik

Tahukah Anda, ternyata posisi tidur saat asam lambung naik juga berpengaruh terhadap gejala yang Anda alami. Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 15.300 orang ditemukan sebanyak 25% orang melaporkan mengalami gangguan asam lambung di malam hari. Oleh karena itu, posisi tidur juga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung.

Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik

Apakah Anda tahu bagaimana posisi tidur saat asam lambung naik yang benar? Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik ketika asam lambung naik. Berikut ini akan dijelaskan 3 posisi yang perlu Anda lakukan ketika tidur agar gejala asam lambung tidak semakin parah. 

  1. Mengangkat Kepala Ketika Berbaring

Posisi tidur saat asam lambung naik yang perlu Anda ketahui pertama yaitu dengan mengangkat kepala ketika berbaring. Anda hanya perlu meninggikan kepala sebanyak 15 cm hingga 20 cm. Caranya cukup dengan menopang badan menggunakan bantal dari pinggang hingga kepala. Posisi ini akan mencegah asam lambung kembali lagi ke kerongkongan serta menurunkan makanan di perut. 

  1. Memposisikan Tubuh Miring ke Samping Kiri

Ketika Anda mengalami gejala naiknya asam lambung, sebaiknya tidur dengan posisi miring ke samping kiri. Ketika Anda tidur dengan posisi miring ini, maka akan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan bantal di antara kaki bagian bawah. Posisi ini akan membantu menyelaraskan punggung sehingga dapat menghindari nyeri punggung bawah. 

  1. Jangan Tidur Telentang

Selain dua posisi tidur saat asam lambung kambuh yang perlu Anda lakukan, namun kali ini yaitu posisi tidur yang dilarang dilakukan yaitu tidur telentang. Mengapa demikian? Karena posisi telentang akan membuat tekanan pada perut sehingga dapat mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Tentu saja kondisi ini akan memperparah asam lambung naik yang sedang Anda alami. Jika Anda tetap ingin tidur telentang, maka sebaiknya tinggikan bagian kepala.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

 Tips Tidur Nyenyak Saat Asam Lambung Naik

Bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung tentu akan merasa sangat terganggu ketika asam lambung kambuh. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidur menjadi lebih nyaman. 

  1. Gunakan Pakaian yang Longgar

Salah satu penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan yaitu karena pakaian yang terlalu ketat menekan bagian perut. Oleh karena itu, dengan melonggarkan pakaian atau mengenakan pakaian yang longgar akan mengurangi naiknya asam lambung. Jadi, ketika Anda hendak tidur sebaiknya gunakan pakaian-pakaian yang longgar untuk meminimalisirkan yang dapat membuat asam lambung naik kembali. 

  1. Hindari Makan Sebelum Tidur

Selain menggunakan pakaian yang longgar, cara agar tidur Anda bisa nyenyak yang selanjutnya yaitu dengan menghindari makan malam sebelum tidur. Hal ini karena makan malam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Selain itu, ketika setelah makan malam Anda segera tidur, maka makanan tersebut bisa saja kembali lagi ke kerongkongan ketika Anda tidur. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 3-4 sebelum akhirnya tidur. 

  1. Hindari Makanan yang Dapat Memicu Asam Lambung Kambuh

Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memicu naiknya  asam lambung sehingga tidur Anda tidak nyaman. Beberapa makanan yang dapat memicu munculnya asam lambung yaitu makanan yang asam seperti tomat dan jeruk. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menghindari makan pedas dan berlemak.

  1.  Kelola Stres

Cara yang dapat Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengelola stres dengan baik. Pasalnya, tingkat stres yang tinggi akan  menyebabkan terjadinya perubahan hormonal. Perubahan ini dapat menstimulasi sel-sel lambung sehingga produksi asam lambung meningkat. 

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan agar tidur semakin nyenyak ketika asam lambung naik yaitu dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman. Suasana kamar yang nyaman akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Demikianlah informasi mengenai posisi tidur saat asam lambung naik serta tips yang bisa dilakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang berjuang melawan asam lambung.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

 

Sumber:

1. Sleep Score Labs. Best Sleeping Position For Acid Reflux: Sleeping with GERD.

2. Suni, Eric. 2020. GERD and Sleep.

Bagikan artikel ini