Kretek Merupakan Jenis Rokok Berbahaya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Aug 2021

Bagikan

Kretek Merupakan Jenis Rokok Berbahaya

Tahukah Anda, bahwa semua jenis rokok berbahaya? Baik itu rokok filter, rokok kretek bahkan rokok elektronik sekalipun tetap berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, apabila Ada yang mengklaim salah satu jenis rokok tidak berbahaya, sebaiknya Anda tidak mempercayainya.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah rokok filter, rokok kretek dan rokok elektronik. Banyak klaim yang mengatakan bahwa rokok filter lebih aman jika dibandingkan rokok kretek, dan mungkin banyak di antara kamu rokok elektronik tidak berbahaya karena tidak dibakar seperti rokok pada umumnya. Akan tetapi, para ahli sepakat bahwa semua jenis rokok berbahaya.

 

Bahaya Rokok Kretek

Selain rokok elektronik, mungkin Anda mengenal ada 2 jenis rokok yaitu rokok kretek dan rokok filter. Walaupun namanya rokok filter, tidak berarti dapat menyaring semua kandungan berbahaya dalam rokok. Fungsi filter pada rokok filter yaitu membuat asapnya terasa lebih lembut ketika masuk ke tenggorokan. Selain itu, filter tersebut hanya mampu menyaring tar dengan partikel besar dan tar yang memiliki partikel lebih kecil tetap masuk ke dalam paru-paru. 

Pada awalnya, rokok tidak memiliki filter atau disebut dengan rokok kretek. Rokok kretek ini memiliki risiko kanker paru-paru dua kali lipat. Bahkan, rokok kretek dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 30%. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa bahaya dari rokok kretek. 

  1. Penurunan Kesuburan

Zat kimia beracun yang ada dalam rokok kretek akan merusak pembuluh darah yang mengalir ke penis. Apabila hal ini terjadi, maka akan menyebabkan kualitas sperma yang menurun bahkan menyebabkan kanker testis. Sedangkan pada wanita, rokok kretek akan menyebabkan turunnya kesuburan sebanyak 72% dibandingkan wanita yang tidak merokok. Tidak hanya itu, merokok juga meningkatkan risiko kanker serviks. 

  1. Penuaan Dini

Bahaya rokok kretek juga dapat berdampak pada kulit. Hal ini karena rokok akan mengurangi asupan oksigen yang dialirkan menuju kulit. Sehingga, kulit akan menjadi kusam dan menua serta menyebabkan munculnya selulit. Bahkan, dapat membuat Anda menua lebih cepat setidaknya 10 hingga 20 tahun. Selain itu, akan muncul kerutan disekitar mata dan juga mulut.

  1. Kanker

Mungkin Anda sudah sering mendengar, bahwa rokok dapat menyebabkan kanker. Setidaknya terdapat 7000 zat kimia pada rokok, termasuk pestisida yang digunakan saat penanaman tembakau. Terlebih lagi, terdapat zat-zat kimia lain pada saat pemanasan yang akhirnya membentuk substansi kimia yang unik dan berbahaya. Substansi kimia yang tercipta ini, terdapat banyak yang bersifat karsinogen sehingga meningkatkan risiko kanker. 

  1. Penyakit Jantung dan Stroke

Berapapun rokok yang dihisap setiap  harinya tetap memiliki risiko penyakit yang besar, bahkan satu batang pun tetap memiliki risiko yang berkali-kali lipat. Tidak ada batas aman dalam mengkonsumsi rokok baik itu rokok filter, rokok kretek hingga rokok elektrik. Dalam sebuah penelitian menyebutkan menghisap satu batang rokok perhari memiliki risiko penyakit jantung dan stroke sebesar 41%.

  1. Kematian

Bahaya dari rokok kretek yang terakhir yaitu kematian. Pada saat seseorang merokok, maka racun akan masuk ke dalam darah. Racun yang masuk ke dalam darah ini akan membuat darah menjadi kental dan menyebabkan penyumbatan. Pada akhirnya menyebabkan tekanan darah dan jantung mengalami masalah. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan kematian. 

  1. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam asap rokok terdapat kandungan tar dan zat kimia yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Padahal, sistem kekebalan tubuh ini berguna untuk melawan berbagai infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Apabila sistem kekebalan tubuh melemah, maka Anda akan mudah terserang oleh penyakit seperti penyakit autoimun. 

  1. Penyakit gusi

Perokok memiliki resiko mengalami sakit gigi dan gusi dua kali lipat lebih besar. Penyakit gusi merupakan infeksi gusi yang dapat menghancurkan penopang gigi. Beberapa gejala yang biasanya muncul yaitu gusi bengkak, gusi berdarah saat sikat gigi, dan gigi sensitif.

Itulah beberapa informasi dari bahaya rokok kretek. Namun, dapat disimpulkan  juga bahwa semua jenis rokok berbaha. Jadi, mulailah untuk berhenti dan meninggalkan kebiasan merokok agar hidup menjadi lebih sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Sumber:

 

Healthline. The Effects of Smoking on the Body. (2019).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi