Bantuan

Ketahui Urutan Skincare Malam agar Kulit Wajah Sehat dan Cerah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Mar 2022

Bagikan

skincare malam

Sudahkah Anda mengaplikasikan urutan skincare malam dengan tepat setiap harinya? Jika belum, maka Anda perlu menyimak artikel ini terlebih dahulu. Pastikan Anda mencermati setiap poin yang diulas dalam tulisan ini.

Rutinitas penggunaan skincare rasanya sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih dengan hadirnya berbagai varian skincare, baik skincare lokal maupun asing, yang mengakomodasi segala jenis kulit.

Kulit normal, berminyak, kering, atau kombinasi, semuanya membutuhkan treatment yang tepat. Tidak hanya kandungannya saja, tetapi urutan penggunaannya pun tidak boleh terlewatkan agar memperoleh hasil yang maksimal dan menjaga kesehatan kulit wajah. 

Oleh karena itu, Anda perlu memahami urutan skincare malam yang baik dan benar. Jika diaplikasikan secara rutin, kulit cerah, dan sehat bukanlah sekadar impian belaka.

Skincare Utama

Ada berbagai varian yang tidak boleh dilewatkan dalam urutan skincare malam. Dengan kata lain, skincare berikut ini wajib untuk diaplikasikan setiap harinya tanpa terkecuali. 

  1. Double Cleansing

Lakukan double cleansing terlebih dahulu dan ingatlah selalu bahwa ini adalah tahap yang paling utama. Bersihkan wajah Anda dengan micellar water atau cleanser lain, lalu lanjutkan dengan face wash.

  1. Toner

Jika wajah sudah bersih dari sisa kosmetik atau kotoran lainnya, maka tahapan selanjutnya adalah toner. Selain menyegarkan wajah, fungsi lainnya adalah mempersiapkan kulit untuk menerima tahapan selanjutnya.

  1. Treatment

Satu hal yang cukup menonjol dalam urutan skincare malam, yakni adanya serum dan essence yang diaplikasikan sebelum tidur. Baik serum maupun essence tidak diaplikasikan dalam satu waktu, tetapi bergantian. Satu item untuk satu hari dan masing-masing dapat digunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu (sesuaikan dengan kondisi kulit/ ikuti petunjuk pemakaian produk).

  1. Moisturizer

Pastikan item yang satu ini jangan sampai tertinggal karena memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Aplikasikan moisturizer setelah treatment apapun yang Anda gunakan.

  1. Eye Cream

Kantong mata rasanya memang susah untuk dihindari. Oleh karena itu, gunakanlah eye cream untuk menghindari kantong mata menghiasi wajah Anda. Tidak hanya itu saja, eye cream penting digunakan untuk menghindari tanda penuaan di sekitar area mata. 

  1. Lip Serum

Bibir yang sehat dan tidak kering bisa disebut sebagai dambaan siapa saja, mungkin Anda adalah salah satunya. Gunakan lip serum sebagai penutup dari rangkaian skincare malam hari agar bibir Anda tetap lembab sepanjang malam.

Skincare Pelengkap

Selain item wajib, urutan skincare malam juga memiliki unsur pelengkap. Dalam arti lain, skincare yang tidak perlu digunakan secara rutin setiap harinya.

  1. Exfoliating Toner

Toner ini berfungsi untuk melakukan eksfoliasi atau melepas sel-sel kulit mati pada wajah. Cukup aplikasikan 2-3 kali dalam seminggu (sesuaikan dengan kondisi kulit) dan gunakan setelah double cleansing.

  1. Masker

Ada berbagai jenis masker yang dapat digunakan dengan timing penggunaan yang berbeda pula. Umumnya masker digunakan sebanyak 1-3 kali dalam seminggu (sesuaikan dengan kondisi kulit dan jenis masker) dan bisa dikombinasikan dengan jenis masker lainnya.

Penggunaan masker dapat dibagi menjadi 3 kategori berikut ini:

  • Digunakan setelah double cleansing : peel off mask, clay mask, exfoliating mask, wash off mask

  • Digunakan setelah toner : sheet mask

  • Digunakan setelah moisturizer : sleeping mask

  1. Obat Jerawat (Kondisional)

Keberadaan jerawat tidak bisa dibiarkan begitu saja, diperlukan treatment khusus. Agar lekas reda, obat jerawat dapat diaplikasikan setelah serum/essence. Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan yang dapat Anda gunakan, pilih yang paling sesuai dan aplikasikan secara rutin setiap harinya. 

  1. Lip Scrub

Tidak hanya wajah saja yang perlu diangkat sel kulit matinya, bibir pun juga, loh! Gunakan lip scrub sebanyak 1-2 kali seminggu (sesuaikan dengan kondisi bibir atau ikuti petunjuk pemakaian produk). Lip scrub dapat diaplikasikan sebelum menggunakan lip serum

Urutan skincare malam memang rasanya rumit untuk diaplikasikan dalam keseharian. Walaupun demikian, percayalah bahwa hanya ketekunan yang akan membuahkan hasil terbaik. Aplikasikanlah skincare yang terbaik bagi jenis kulit Anda, dalam jumlah dan urutan yang tepat demi wajah yang sehat dan cerah.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Pahami Urutan Skincare Pagi Hari yang Tepat Untukmu

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Anderson, Jen. (2020). This Is How Often You Should Use a Face Mask in Your Skin Care Routine. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-use-a-face-mask 

Flinn, Allie & Tetro, Hannah. (2016). A Derm-Approved Nighttime Skincare Routine for Every Skin Type and Budget. https://www.byrdie.com/night-skincare-routine 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang