Bantuan
Free Tele x

Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Benjolan di Leher yang Ampuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Benjolan di Leher

Apakah Anda sedang mencari cara menghilangkan benjolan di leher? Apabila iya, berarti Anda telah berada di artikel yang tepat. Pasalnya, di dalam artikel ini akan dijelaskan apa penyebab munculnya benjolan di leher dan juga bagaimana cara menghilangkan benjolan di leher yang ampuh. Jadi, mari simak terus penjelasan mengenai benjolan pada leher di bawah ini. 

Penyebab Benjolan di Leher

Munculnya benjolan di leher umumnya, membuat penderitanya panik, terutama yang menimbulkan rasa sakit. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya benjolan ini? Pada kebanyakan kasus, benjolan di leher ini disebabkan oleh gondok. Namun ternyata ada beberapa penyebab lain benjolan di leher ini bisa muncul. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di leher. 

  1. Benjolan Subkutan

Penyebab munculnya benjolan di leher yang pertama yaitu karena benjolan subkutan atau kulit tambahan. Pada dasarnya, benjolan ini tidak bersifat kanker, tetapi pada beberapa kasus benjolan ini dapat berubah menjadi kanker. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati terhadap beberapa gejala seperti, ukuran benjolan semakin membesar, perubahan warna benjolan, berdarah, dan munculnya benjolan lain. 

  1. Masalah Kelenjar Tiroid

Penyebab benjolan di leher yang paling sering ditemukan yaitu karena masalah pada kelenjar tiroid atau lebih dikenal dengan istilah gondok. Kelenjar tiroid itu sendiri merupakan kelenjar yang berperan dalam pengaturan metabolisme tubuh dan terletak di depan leher. Pada saat kelenjar ini mengalami masalah, maka akan muncul benjolan di leher. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sulit menelan bahkan bernapas.

Baca Juga: Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Temukan Jawabannya Disini

  1. Pembesaran Kelenjar Ludah

Penyebab munculnya benjolan di leher yang terakhir yaitu karena terjadinya pembesaran kelenjar ludah. Seperti namanya, kelenjar ludah ini merupakan organ yang bertugas dalam mengeluarkan air liur atau ludah. Pada beberapa kasus, kelenjar ini dapat membesar yang disebabkan karena tumor ataupun infeksi. Saat kelenjar ludah ini membesar, maka akan muncul benjolan pada bagian kanan atau kiri leher.

Cara Menghilangkan Benjolan di Leher 

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah benjolan pada leher tersebut?  Pada dasarnya, benjolan di leher bukanlah hal yang dapat membahayakan kesehatan terutama yang berukuran kecil. Selain itu, sebagian besar benjolan di leher ini bersifat tumor jinak atau non kanker. 

Namun pada beberapa kasus, benjolan ini dapat bersifat kanker dan membutuhkan pengobatan medis untuk menghilangkannya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi ini segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda alami berbahaya ataukah tidak. 

Jika, benjolan yang Anda alami dinyatakan berbahaya maka akan dilakukan tindakan medis untuk menghilangkannya. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan benjolan di leher yang bisa Anda lakukan. 

  • Terapi Radiasi

Cara yang bisa dilakukan pertama yaitu dengan melalui terapi radiasi dengan menggunakan sinar-X yang kuat. Umumnya, cara ini dilakukan apabila benjolan di leher yang Anda alami memiliki pertanda kanker. Dengan terapi ini, maka sel kanker yang ada di benjolan tersebut akan mengecil dan menyehatkan kembali jaringan yang rusak 

  • Kemoterapi

Selain terapi radiasi, cara yang dilakukan untuk menghilangkan benjolan dileher yang selanjutnya yaitu melalui kemoterapi. Sama halnya dengan terapi radiasi, kemoterapi ini hanya dilakukan apabila benjolan di leher yang Anda alami memiliki potensi kanker. Kemoterapi ini bertujuan untuk mengecilkan tumor dan juga meredakan rasa nyeri yang Anda alami pada benjolan di leher. 

  • Operasi 

Cara menghilangkan benjolan di leher yang terakhir yaitu dengan operasi. Cara ini akan dilakukan jika benjolan sudah terlalu besar dan dianggap berbahaya. Operasi ini bertujuan untuk mengangkat benjolan yang berpotensi berbahaya tersebut. Dengan diangkatnya benjolan tersebut, maka penderita akan bisa kembali berbicara dan menelan dengan normal. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab dan cara menghilangkan benjolan di leher yang perlu Anda ketahui. Walaupun pada kebanyakan kasus, kondisi ini tidak menyebabkan bahaya pada kesehatan, namun Anda perlu berhati-hati. Jadi, ketika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening

Referensi
  1. Lights, Verneda & tricia Kinman. 2019. What’s Causing This Lump on My Neck?
  2. MedlinePlus. 2021. Neck lump.
Bagikan artikel ini