Bantuan
Bantuan

Ketahui Hal ini Sebelum Melakukan Penurunan Berat Tubuh

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 01 Dec 2020

Bagikan

Ketahui Program Penurunan Berat Badan Yang Sehat

Melakukan program penurunan berat badan tidaklah mudah dan butuh komitmen. Setelah mencapai berat badan yang ideal, upayakan pola makan sehat dan aktivitas fisik rutin untuk membantu menjaga berat badan tersebut dalam jangka panjang.

Apa itu penurunan berat badan yang sehat? Wajar memang bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badannya berkeinginan untuk segera menurunkannya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa penurunan berat badan secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Penurunan Berat Badan yang Sehat

Penurunan berat badan yang sehat bukan hanya tentang "diet" atau "program". Hal ini juga berkaitan dengan gaya hidup berkelanjutan yang mencakup perubahan jangka panjang dalam kebiasaan makan dan aktivitas fisik sehari-hari.

Orang yang menurunkan berat badan secara bertahap sekitar satu kilogram per minggu menurut studi didapatkan lebih berhasil menjaga berat badannya tetap ideal setelah turun.

Pada prinsipnya, bahkan penurunan berat badan sesedikit apapun pada orang dengan indeks massa tubuh berlebih atau obesitas dapat mendatangkan manfaat besar.

Penurunan berat badan sekitar lima hingga sepuluh persen dari total berat tubuh dapat menghasilkan manfaat bagi kesehatan secara nyata, seperti perbaikan tekanan darah, kolesterol darah, dan gula darah.

Pada orang dengan berat saat menimbang seratus kilogram, penurunan berat badan lima persen akan sama dengan sama dengan lima kilogram sehingga berat yang turun menjadi 95 kilogram sudah membawa perunahan bagi kesehatan tubuh.

Meskipun berat badan ini mungkin masih dalam kisaran "kelebihan berat badan" atau "obesitas", penurunan berat badan sederhana ini dapat menurunkan faktor risiko penyakit kronis yang terkait dengan obesitas.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Rekomendasi Menu Diet Keto Yang Bisa Dicoba

Penurunan Berat Badan Adalah Sebuah Perjalanan!

Jika berat badan tujuan atau target penurunan berat badan secara keseluruhan tampak besar, direkomendasikan untuk melihatnya sebagai perjalanan dan bukan hanya tujuan akhir. Dengan demikian, seseorang akan belajar membentuk kebiasaan makan dan aktivitas fisik baru secara bertahap.

Hal ini kemudian akan membantu upaya perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Kebiasaan ini juga dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan seiring waktu.

Mempertahankan penurunan berat badan yang signifikan dilaporkan berkorelasi dengan peningkatan kesehatan fisik serta tingkat energi, mobilitas fisik, suasana hati umum, dan kepercayaan diri.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Sumber:

Effect of degree of weight loss on health benefits. Obesity Research 3: 211S-216S.

Bagikan artikel ini