Ketahui Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Di Rumah Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Ketahui Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Di Rumah Berikut Ini

Mengingat tingginya kasus COVID-19 saat ini, dan masyarakat disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, banyak yang kemudian merasa kebingungan mengenai hal-hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri. Kebingungan ini terutamanya dirasakan oleh mereka yang hidup sendiri atau tengah merantau. 

Apabila Anda termasuk salah satunya, atau memiliki anggota keluarga yang juga tengah menjalani isolasi mandiri, penjelasan di bawah ini akan sangat bermanfaat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mempersiapkan proses isolasi mandiri, cara menjaga tubuh tetap sehat dan fit selama menjalaninya, hingga cara untuk tetap enjoy selama berada di situasi itu sendiri. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui secara singkat tentang isolasi mandiri berikut ini.

Apa itu isolasi mandiri?

Isolasi mandiri adalah sebuah rekomendasi yang diberikan kepada seseorang untuk tetap berada di rumah selama jangka waktu tertentu. Dalam kaitannya dengan COVID-19, isolasi mandiri berarti menjaga jarak dari orang di sekitar Anda dan tidak keluar dari ruangan ataupun rumah tempat isolasi mandiri itu sendiri.

Siapa yang harus melakukan isolasi mandiri?

Saat ini, anjuran untuk melakukan isolasi mandiri diberikan pada pasien positif COVID-19 yang memiliki gejala ringan, ataupun mereka yang belum terkonfirmasi memiliki COVID-19, namun menunjukkan gejala-gejalanya seperti:

  • Batuk yang tidak berkesudahan

  • Suhu tubuh tinggi

  • Kehilangan indra penciuman dan perasa (anosmia)

Isolasi mandiri ini dilangsungkan paling tidak selama 14 hari hingga gejala tersebut benar-benar sembuh. Selama proses isolasi mandiri ini juga Anda perlu menghindari kontak dengan:

  • Lansia berumur lebih dari 70 tahun

  • Ibu hamil

  • Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu

  • Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang cukup lemah

Kelompok di atas adalah mereka yang rentan terhadap infeksi COVID-19, dan oleh karenanya perlu untuk dijauhi oleh pasien positif COVID-19 ataupun suspeknya. 

Hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri

Apabila Anda diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri akibat terinfeksi COVID-19 ataupun memiliki gejala COVID-19 namun belum terkonfirmasi, berikut ini adalah beberapa saran dan tips yang Anda perlukan, berkaitan dengan penyetokan makanan, membuat rutinitas baru, dan kegiatan untuk menjaga tubuh tetap sibuk.

  1. Makanan

Ketika hendak melakukan isolasi mandiri, mempersiapkan rencana untuk makanan adalah suatu hal yang penting. Karena dalam proses isolasi mandiri, tentu saja Anda tidak bisa berbelanja secara langsung. Dalam hal ini cobalah untuk meminta teman ataupun keluarga untuk membelanjakan makanan yang dibutuhkan selama proses isolasi mandiri. Pastikan bahwa Anda hanya mengonsumsi makanan sehat bernutrisi. Selain itu, pastikan juga bahwa alat makan yang Anda gunakan tidak bercampur dengan alat makan orang rumah lainnya.

  1. Kesehatan

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak sakit, pastikan Anda mengonsumsi setiap obat-obatan, suplemen, hingga vitamin yang direkomendasikan oleh dokter. Apabila obat-obatan ini habis, cobalah untuk meminta keluarga dan teman membelikan resep baru, ataupun order secara online jika memungkinkan. Jangan lupa untuk menjaga jarak aman, ya.

  1. Kebersihan

Hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri berikutnya adalah menjaga kebersihan. Pastikan bahwa tempat isolasi Anda memiliki sabun, tisu dan berbagai alat kebersihan lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan steril. Selalu rutin membersihkan permukaan barang yang sering disentuh serta area yang sering dilewati, dan jangan lupa pula untuk mencuci tangan dengan baik dan benar secara rutin.

  1. Olahraga

Bingung harus melakukan apa selama isoman? Olahraga adalah hal terpenting yang harus dilakukan saat isolasi mandiri. Dengan berolahraga, Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tidak harus keluar kamar ataupun tempat terbuka, Anda bisa mencoba melakukan yoga, melakukan peregangan di tempat tidur, naik-turun tangga, ataupun berlari kecil mengelilingi ruangan. 

Itulah dia hal-hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri, berkaitan dengan makanan, kesehatan, kebersihan, dan olahraga. Bagaimana, mudah bukan? Jangan lupa untuk menjaga diri tetap tenang dan rileks, dan hindari pikiran-pikiran negatif untuk menjaga kesehatan mental. Selalu ingat bahwa kesehatan mental juga akan memengaruhi kesehatan fisik Anda, ya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Nuffield Health. A guide to self-isolation when you're staying at home. 

NHS. What should I do if I have been advised to self-isolate?

NHS. When to self-isolate and what to do.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi