Ketahui Beragam Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Beragam Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat kue, namun Anda juga bisa merasakan manfaat baking soda untuk wajah. Selain untuk memasak dan memanggang, baking soda bisa Anda gunakan untuk menyegarkan, membersihkan dan mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, baking soda sudah dikenal bisa mengobati berbagai permasalahan kulit pada wajah seperti menghilangkan jerawat. 

Banyaknya manfaat baking soda, membuat baking soda menjadi incaran untuk mengatasi permasalahan kulit di wajah. Selain harganya yang relatif murah, baking soda memiliki sifat antimikroba, sehingga banyak memiliki kegunaan, termasuk untuk mempercantik kulit Anda, tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Beberapa orang banyak menggunakan baking soda untuk membunuh bakteri pada kulit dan menetralkan peradangan.

Apa Itu Baking Soda?

Baking soda merupakan senyawa kristal yang berbentuk serbuk dan termasuk dalam kelompok garam yang mampu larut dalam air. Pada awalnya baking soda digunakan untuk membuat adonan kue menjadi mengembang karena mampu menghasilkan karbondioksida. Dalam istilah ilmiah baking soda dikenal dengan natrium karbonat. Melalui pembahasan di bawah ini Anda akan mengetahui sejumlah manfaat baking soda untuk wajah yang jarang diketahui. 

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Pembuatan masker wajah dari baking soda menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama bagi mereka yang memiliki permasalahan kulit berjerawat. Baking soda cocok untuk Anda gunakan karena tidak membuat kulit menjadi kemerahan dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya jika dibandingkan dengan kosmetik lainya.

Meskipun baking soda memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaannya, karena menggunakan baking soda di wajah secara langsung bukan merupakan ide bagus. Berikut beberapa manfaat baking soda untuk wajah yang perlu Anda ketahui: 

  1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat baking soda yang sangat penting untuk wajah yaitu bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Mengingat jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang. Baking soda memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu pengelupasan pada kulit wajah. 

Sifat tersebut bisa membersihkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dan mengurangi timbulnya jerawat ataupun menghilangkan jerawat yang telah muncul.  Karena salah satu faktor penyebab jerawat adalah bakteri, serta ketika jerawat meradang, wajah sangat membutuhkan zat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit wajah dan mengurangi peradangan. 

  1. Mengencangkan Pori-Pori

Baking soda dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Yaitu dengan membersihkan dan mencegah kotoran atau partikel lainnya masuk pada pori-pori wajah. Karena kotoran tersebutlah yang membuat pori-pori wajah Anda terlihat besar. Selain itu kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat pori-pori Anda mengeluarkan minyak secara berlebih dan menimbulkan pori-pori tidak kencang.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat lain dari baking soda yaitu bisa membantu mencerahkan wajah Anda. Kulit wajah yang bersih dan cerah tentu menjadi dambaan semua wanita. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan jus seperti jus jeruk atau lemon. Kandungan kombinasi pada jus dan baking soda bisa meningkatkan kadar kolagen pada kulit wajah dan membuat wajah terlihat lebih cerah. Apalagi pada bagian wajah yang terdapat noda bekas luka atau bekas jerawat, baking soda dapat membantu menyamarkannya. 

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu permasalahan kulit di wajah yang bisa membuat Anda tampil tidak percaya diri. Kulit berminyak disebabkan karena kelenjar sebaceous bekerja terlalu berlebihan dan pengaruh hormon yang tidak seimbang. Masker baking soda bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda dalam mengatasi kulit berbinyak secara berlebihan. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyiapkan soda kue dan jus kentang untuk membantu meredakan warna kulit yang terkena baking soda. Baking soda memiliki sifat basa sehingga bisa mengeringkan kulit, maka untuk menggunakannya bisa Anda oleskan pelembab pada wajah setelah menggunakan soda kue.

Melalui pembahasan di atas Anda telah mengetahui sejumlah manfaat baking soda untuk wajah. Jika Anda mengalami permasalahan kulit Anda bisa mencoba menggunakan masker baking soda untuk wajah agar bercak pigmentasi gelap pada kulit Anda menjadi hilang. Perhatikan cara penggunaan masker baking soda untuk wajah agar sesuai dengan petunjuk penggunaan. Hindari penggunaan baking soda secara berlebihan karena bisa merusak kulit wajah Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

 

Sumber:

1. Adekanya, Modupeoluwa. 3 Beauty Benefits Of Baking Soda. 2020.

2. Ferreira, Mandy. Can I Use Baking Soda for Face Wash? 2018.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi