Bantuan
Bantuan

Ketahui 5 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Ketahui 5 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, ada jugabeberapa manfaat garam Himalaya untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.Tidak seperti garam pada umumnya yang berwarna putih, garam Himalaya memilikiwarna merah muda dengan tekstur yang agak kasar. Hal yang menyebabkan garamtersebut berwarna merah muda adalah adanya kandungan mineral berupa zat besi.


Garam Himalaya ini berasal dari pertambangangaram Kwera di daerah Pakistan dengan kandungan natrium yang tinggi. Nah, jenisgaram ini tidak memiliki campuran lain sehingga kandungannya juga masih murni.Lalu, apa saja manfaat garam Himalaya untuk kesehatan tubuh? Simak ulasanartikel berikut ini.


1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasidengan baik

Dehidrasi menjadi salah satu tanda bahwa tubuhAnda sedang kekurangan cairan yang ditunjukkan dengan badan terasa lemas. Haltersebut tentu tidaklah baik bagi kesehatan, apalagi jika dibiarkan secaraterus-menerus atau berulang tanpa ditangani secara khusus.


Nah, manfaat garam Himalaya yang pertama adalahmenjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Sama halnya dengan jenis garamyang lain, garam Himalaya ini juga dapat menjaga cairan dalam tubuh agar tetapseimbang. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan tanpamerasa lemas. 


2. Membuat tekanan darah dapat tetapterkendali

Pada dasarnya, tekanan darah seseorang dapatnaik atau turun tergantung kondisi tubuh saat itu. Nah, hal yang terjadiapabila tekanan darah Anda rendah adalah kepala menjadi pusing, dehidrasi,lemas, bahkan hingga pingsan. Tubuh yang mudah terjatuh tentu akan memilikiresiko cidera yang tinggi.


Sedangkan tekanan darah yang tinggi atauhipertensi dapat memicu terjadinya serangan jantung dan mengakibatkan kematian.Oleh karena itu, Anda perlu menjaga tekanan darah agar tetap terkendali yangsalah satu caranya adalah dengan mengonsumsi garam Himalaya.


3. Menambah kebutuhan mineral padatubuh

Ada berbagai sumber mineral yang bisa didapatkanuntuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda yang jenisnya beragam. Pada umumnya, tubuhseseorang memiliki kebutuhan mineral yang berbeda-beda tergantung dari jenismineralnya.


Nah, manfaat garam Himalaya selanjutnya adalahmenambah kebutuhan mineral pada tubuh sehingga sistem imun dapat tetap terjaga.Jenis garam yang satu ini mengandung beberapa jenis mineral, antara lainkalsium, kalium, magnesium, yodium, fosfor, dan masih banyak lagi.


4. Membantu tubuh melakukandetoksifikasi

Tubuh manusia memang tidak dapat terhindar dariracun yang berasal dari berbagai sumber, seperti makanan. Racun tentu memilikidampak yang buruk untuk kesehatan tubuh, apabila dibiarkan secaraterus-menerus. Oleh karena itu, Anda harus melakukan detoksifikasi sehinggaracun-racun tersebut dapat keluar dari dalam tubuh.


Manfaat garam Himalaya ini salah satunya adalahmembantu tubuh Anda untuk melakukan detoksifikasi. Caranya cukup mudah karenaAnda hanya perlu melarutkan garam Himalaya dengan air hangat yang kemudiandigunakan untuk berendam. Selain itu, otot-otot tubuh yang tegang dapat lebihrileks setelah melakukan sejumlah rutinitas.


5. Menjaga pH tubuh agar seimbang

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidaklahbaik, sama halnya dengan pH tubuh yang terlalu asam. Agar metabolisme tubuhtetap dalam keadaan baik dan tidak mengalami masalah kesehatan yang dapatmengganggu rutinitas, maka pH tubuh harus seimbang. Ada beberapa hal yangmenyebabkan pH tubuh menjadi terlalu asam, antara lain sering mengkonsumsimakanan cepat saji, minum yang manis-manis, merokok, dan sering minum alkohol.


Jika tubuh dibiarkan dalam keadaan asam secaraterus-menerus, maka kadar oksigen yang ada pada darah akan rendah dan memicuterjadinya proses penuaan dini. Nah, salah satu manfaat garam Himalaya adalahmenjaga pH tubuh agar seimbang karena adanya kandungan mineral di dalamnyasehingga kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik.


Setelah mengetahui lima manfaat garam Himalayadi atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menambahkannya ke dalam daftar bumbudapur. Meskipun garam Himalaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh,tetapi bukan berarti Anda dapat mengkonsumsinya secara berlebihan.Berkonsultasilah dengan dokter, apabila tubuh Anda menunjukkan reaksi yangmengkhawatirkan setelah mengkonsumsi garam Himalaya.

 

Referensi  :

  • Pearson, Keith. Is Pink Himalayan Salt BetterThan Regular Salt?. 2017
  • https://www.healthline.com/nutrition/pink-himalayan-salt
  • Leonard, Jayne. Does Pink Himalayan Salt HaveAny Health Benefits?. 2018.
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/315081
  • Hills, Jenny. This is How a 1/2 Teaspoon ofHimalayan Salt Fights Muscle Pain, Toxins and Improve Circulation.
  • https://www.healthyandnaturalworld.com/pink-himalayan-salt/ 
Bagikan artikel ini