Bantuan

Kerap Mengganggu Penampilan? Ini Pilihan Obat Kaki Pecah-pecah di Apotek Sebagai Solusinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 12 Apr 2022

Bagikan

obat kaki pecah pecah

Obat kaki pecah-pecah di apotek sebetulnya sudah banyak sekali. Namun Anda perlu selektif saat memilihnya agar kaki pecah-pecah lekas sembuh karena tidak semua obat kaki pecah-pecah dapat menimbulkan efek pengobatan secara cepat. Kira-kira apa saja obat kaki pecah-pecah di apotek yang paling direkomendasikan? Agar tidak salah memilih, mari simak rekomendasi obat kaki pecah-pecah melalui ulasan berikut ini.

Apa itu Kaki Pecah-pecah?

Kaki pecah-pecah ialah suatu kondisi yang umum terjadi di sekitar tumit karena adanya beban berlebih sehingga kulit terus tertekan ke arah samping. Kondisi ini dapat terjadi jika kaki tidak dalam keadaan lembab. Kaki pecah-pecah awalnya ditandai dengan kulit kering, bersisik, nyeri, gatal, kemerahan, bernanah bahkan bengkak. Dalam kondisi serius, kaki pecah-pecah dapat menimbulkan infeksi, nyeri dan rasa tidak percaya diri jika terlihat oleh orang lain.

Penyebab Kaki Pecah-pecah

Kaki pecah-pecah merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi pada wanita dewasa. Sebelum mengetahui obat kaki pecah-pecah di apotek, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beragam penyebabnya di bawah ini:

  1.  Berdiri Dalam Waktu Lama

Berdiri dalam waktu lama di lantai yang keras merupakan salah satu penyebab kaki pecah-pecah. Kondisi ini dapat dihindari jika Anda menggunakan alas kaki yang empuk di tumit atau area sol. Selain itu, berat badan seseorang yang berdiri terlalu lama juga turut mempengaruhi karena dapat meningkatkan tekanan bantalan lemak normal di bagian bawah tumit kaki. 

  1.  Kondisi Suhu

Kondisi suhu turut menjadi penyebab retakan pada tumit sehingga menimbulkan pecah-pecah. Pada musim dingin, kaki pecah-pecah bisa terjadi karena kelembapan atau suhu udara yang rendah beradu dengan suhu buatan. Akibatnya kondisi di sekitar sepatu bisa jadi panas bahkan lebih dari 48 derajat Celsius. Perubahan kelembapan dan panasi ini mengakibatkan hilangnya air dari kulit sehingga menimbulkan penebalan di atas kulit dan pecah-pecah.

  1.  Mengalami Masalah Kesehatan

Penyebab kaki pecah-pecah yang tidak kalah umum terjadi ialah adanya masalah pada kesehatan seperti diabetes, hipotiroidisme dan malnutrisi. Adapun gangguan yang dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan ketika menyerap nutrisi dan cairan seperti crohn dan seliaka sehingga menimbulkan kekurangan vitamin dan lemak esensial yang mana dapat menyebabkan kaki pecah-pecah.

Obat Kaki Pecah-pecah di Apotek

Kaki pecah-pecah dapat terjadi karena tumit tidak memiliki kelenjar keringat sehingga ketika bantalan lemak menekan lantai dan tidak mampu mendistribusikan tekanan. Jika dibiarkan, kulit akan semakin menebal dan menimbulkan risiko buruk ketika terkena detergen saat mencuci. Berikut ini obat kaki pecah-pecah di apotek yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1.  Kanna

Kanna merupakan salah satu obat kaki pecah-pecah yang bisa Anda temui di apotek dengan dua pilihan kemasan yaitu 15 gram dan 30 gram. Obat kaki pecah-pecah satu ini memiliki tekstur creamy dan cukup tebal. Untuk menggunakannya, sebaiknya aplikasikan Kanna pada kaki setiap malam hari. Namun sebelumnya, bersihkan kaki terlebih dahulu. Adapun harga jualnya ialah sekitar Rp 13.500 hingga Rp 17.000.

  1.  Vaseline Petroleum Jelly

obat kaki pecah-pecah di apotek dengan harga terjangkau selanjutnya Vaseline Petroleum Jelly. Vaseline Petroleum Jelly dipercaya sebagai salah satu obat kaki pecah-pecah yang cukup ampuh dan tidak bisa dilewatkan. Karena tekstur Vaseline Petroleum Jelly cukup lengket maka lebih direkomendasikan digunakan pada malam hari sebelum tidur. Adapun kisaran harganya antara Rp 24.000 hingga Rp 37.000.

  1.  Sebamed Repair Foot Cream

Bagi Anda yang memiliki budget lebih untuk obat kaki pecah-pecah, sebaiknya gunakan Sebamed Repair Foot Cream dengan kandungan bahan aktif 10% urea, vitamin E, hydrolyzed protein, botanical oil dan panthenol. Dengan bahan aktif yang terkandung di dalamnya Sebamed Repair Foot Cream mampu melembapkan, menyembuhkan kulit mengelupas dan tertarik dengan cepat. Adapun kisaran harganya antara Rp 160.000 hingga Rp 200.000.

Obat kaki pecah-pecah di apotek memang terbilang banyak pilihan, jika bingung Anda bisa mencoba salah satu produk yang kami rekomendasikan. Agar kondisi tidak semakin parah, sebaiknya hindari beberapa penyebab kaki pecah-pecah. Dengan begitu, proses pengobatan bisa berlangsung cepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Segera Tangani dengan Obat Muntaber Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Brennan, Dan. What to Know About Cracked Heels. 2021. Available at: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-to-know-cracked-heels (Accessed: 23 Maret 2022).

McDermott, Annette. How to Fix Cracked Heels at Home. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/cracked-heel-heal (Accessed: 23 Maret 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang