Kerap dianggap Sebagai Soulmate, Apa Itu Twin Flame?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Kerap dianggap Sebagai Soulmate, Apa Itu Twin Flame?

Istilah Twin Flame mungkin terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat. Bagi sebagian lainnya, twin flame ini sering dikaitkan dengan jodoh ataupun soulmate. Secara singkatnya, twin flame ini sering diartikan sebagai hubungan yang dekat dan juga romantis. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa ternyata twin flame dan jodoh itu sejatinya berbeda? Untuk mengetahui perbedaannya, kenali pengertian twin flame dan tanda-tanda Anda telah menemukannya berikut ini. 

Apa yang dimaksud dengan twin flame?

Pernahkah Anda merasa memiliki koneksi yang kuat dengan seseorang? Saking kuatnya koneksi ini, bahkan hidup Anda pun berubah karenanya. Koneksi ini mungkin terasa sangat berbeda, asing, dan belum pernah Anda alami sebelumnya. Jika ia, mungkin Anda telah menemukan twin flame Anda.

Twin flame atau yang sering disebut juga sebagai mirror soul atau twin soul, adalah sebuah istilah yang kerap digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang mencerminkan frekuensi energik Anda, seseorang yang dengannya Anda merasakan koneksi dengan level terdalam, tidak hanya secara fisik, bahkan secara emosional. 

Twin flame memiliki koneksi khusus yang bersifat intens, kuat, magnetis, dan bersifat life changing. Pasangan twin flame ini memiliki misi atau tujuan hidup yang sama, dan ingin mewujudkannya secara bersama pula. Biasanya, tujuan dari koneksi twin flame ini adalah untuk kepentingan healing dan juga perkembangan diri, karena seorang twin flame mampu membawa rasa insecure, rasa takut, dan luka-luka dalam diri seseorang hingga ke permukaan, agar dapat disadari dan disembuhkan. 

Perbedaan twin flame dengan hubungan lainnya

Sekilas mungkin twin flame ini terdengar seperti pasangan yang ideal, semacam menemukan soulmate. Akan tetapi, keduanya merupakan hal yang berbeda. Sepasang twin flame dalam hal ini bagaikan 1 jiwa yang dibagi menjadi 2 bentuk fisik. Karena semula berasal dari 1 jiwa, kedua fisik ini memiliki koneksi dan pengalaman yang sama, yang tidak dapat dirasakan atau dipahami oleh orang lainnya di dunia ini. Oleh karena itu, Anda hanya akan menemukan 1 twin flame di dunia ini, namun bisa menemukan beberapa soulmate yang dalam hal ini bisa saja merupakan teman terdekat, pasangan hidup, atau saudara. 

Berbeda dengan twin flame, seorang soulmate adalah pasangan yang hebat. Akan tetapi hubungan antara soulmate ini tidak akan setinggi dan sebesar twin flame, karena soulmate adalah orang lain yang dekat dengan Anda. Jika diibaratkan, soulmate bisa menjadi seseorang yang mampu menyanyikan lagu yang paling indah dibandingkan siapa pun yang ada di dunia ini, sedangkan twin flame adalah Anda sendiri, seorang twin flame memiliki nada jiwa yang sama persis seperti Anda.

Tanda seorang twin flame

Menemukan seseorang yang benar-benar mengerti dan memahami layaknya diri Anda sendiri terdengar menyenangkan. Meskipun begitu, perlu dipahami bahwa tidak semua orang berkesempatan menemui twin flame nya selama hidup. Akan tetapi, jika seandainya saling bertemu, pertemuan di antara keduanya akan menjadi pengalaman yang sangat kuat. Berikut ini adalah tanda-tanda yang mungkin dapat membantu dalam menemukan twin flame Anda. 

  1. Adanya koneksi emosional yang cukup intens dan mendalam

  2. Ketertarikan secara fisik yang cukup kuat 

  3. Perasaan familier yang tidak dapat dijelaskan 

  4. Merasakan telepati di mana Anda dapat merasakan luka dari seseorang meskipun saling terpisah jauh

  5. Kesadaran yang kuat akan kekurangannya

  6. Memiliki sinkronisasi seperti dalam hobi, tanggal lahir, dan lain sebagainya

  7. Merasa saling seimbang dalam kelebihan dan kekurangan

  8. Memiliki misi yang sama meskipun Anda tidak begitu mengerti apa tujuan tersebut

  9. Selalu bertemu kembali meskipun situasi dan kondisinya tidak memungkinkan

  10. Tidak bisa dipisahkan, dan akan selalu menemui satu sama lain meskipun salah satunya sering menjauhkan diri dari lainnya

Itulah dia ciri-ciri twin flame yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, setelah mengetahui hal tersebut, kira-kira Anda sudah menemukan sang twin flame atau belum? Memiliki seseorang yang benar-benar mirip baik secara emosional, mental, hingga fisik dan spiritual terdengar menyenangkan. Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa hal ini bukanlah proses yang mudah, dan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu menjadikan hal ini sebagai beban dan membiarkan semesta yang menariknya langsung kepada Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Regen, Sarah. 2020. What Is A Twin Flame? 11 Signs You’ve Found Your Mirror Soul. 

Hsieh, Carina & Erika W. Smith. 2021. WTF Are Twin Flame Signs?. 

Souls Space. Twin Flame meaning and signs.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi