Bantuan

Kenapa Perut Sakit Seperti Haid Tapi Tidak Haid? Temukan Jawabannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Apr 2022

Bagikan

sakit perut

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya kenapa perut sakit seperti haid tapi tidak haid. Atau kenapa perut terasa seperti kram tapi tidak ada darah yang keluar. Jika Anda penasaran dengan jawabannya, maka simaklah artikel ini agar memperoleh pemahaman lebih jauh. 

Perut yang terasa sakit ketika haid memang wajar terjadi dan telah dimaklumi oleh para wanita. Momen tersebut adalah bagian dari siklus bulanan yang tidak dapat dielakkan. Namun bagaimana jika rasa sakit tersebut muncul di momen lain dan kenapa perut sakit seperti haid tapi tidak haid.

Kenapa Perut Sakit Seperti Haid Tapi Tidak Haid? 

Ternyata ada berbagai hal selain haid yang dapat menimbulkan kram pada perut. Bagian perut yang merasakan sakit pun bergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, simaklah berbagai penyebab berikut ini agar Anda semakin paham, waspada, dan tidak salah kaprah. 

  1. Ovulasi

Ada kalanya perut terasa sakit sebelum haid, lebih tepatnya 10-14 hari sebelumnya. Hal ini wajar terjadi pada Anda yang masih memiliki ovarium dan belum menopause. Pada momen ini sel telur telah dilepaskan oleh ovarium dan siap untuk dibuahi, terkadang disertai dengan rasa sakit pada perut.  

  1. Kehamilan

Selain tamu bulanan yang absen menghampiri, ternyata masih ada gejala lain yang mengindikasikan kehamilan. Salah satunya yakni perut yang terasa kram seperti saat haid. Penyebabnya yakni janin yang mulai tumbuh telah menempel pada rahim dan biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan.

  1. Kista Ovarium Pecah

Kista kecil yang berada dalam ovarium umumnya tidak berbahaya, namun jika tumbuh besar dapat pecah sewaktu-waktu. Kondisi ini adalah salah satu hal yang menyebabkan sensasi kram seperti haid. Rasa sakit biasanya muncul pada kedua sisi perut bagian bawah.

  1. Kehamilan Ektopik

Kenapa perut sakit seperti haid tapi tidak haid? Salah satu jawabannya adalah kehamilan ektopik, yakni ketika janin tidak berkembang di dalam rahim dan umumnya berada di salah satu tuba falopi. Kram yang menusuk akan terasa di salah satu sisi perut bagian bawah dan dapat diikuti dengan rasa sakit pada pundak serta punggung bagian bawah.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi ketika terdapat jaringan yang menyerupai rahim telah menempel pada organ lainnya dan mulai berkembang. Kondisi ini termasuk kronis atau terjadi dalam jangka panjang. Rasa sakitnya seperti kram saat haid dan dapat muncul kapan saja. Bisa juga disertai dengan rasa sakit di bawah pusar dan punggung bagian bawah.

  1. Pelvic Inflammatory Disease/Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyebar saat berhubungan seksual (penetrasi). Bakteri ini dapat menginfeksi vagina, tuba falopi, rahim, leher rahim (serviks), hingga ovarium. Rasa sakitnya bisa terjadi kapan saja dan biasanya muncul di kedua sisi perut serta punggung bagian bawah. 

  1. Kanker Ovarium

Kanker yang berada di dalam ovarium dapat menimbulkan rasa sakit dan tekanan yang susah dihilangkan pada perut bagian bawah. Jika kondisi ini terjadi selama 2 minggu, bergegaslah ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut agar tidak bertambah parah. 

  1. Penyebab Lainnya

Selain kondisi-kondisi di atas, masih ada pula berbagai penyebab lainnya. Adapun rasa sakit pada perut juga dapat disebabkan oleh berbagai hal berikut ini:

  • Radang usus buntu

  • Sindrom iritasi usus

  • Disfungsi otot dasar panggul

  • Sindrom yang menyerang kandung kemih (interstitial cystitis

Metode Diagnosa

Hindari self diagnose karena ada beberapa metode pemeriksaan yang dapat Anda ikuti untuk diagnosa yang lebih pasti. Adapun metode tersebut terdiri dari:

  • Pemeriksaan panggul

  • USG

  • Laparoskopi, yakni suatu upaya untuk melihat struktur di dalam area panggul, termasuk rahim, leher rahim, ovarium, dan tuba falopi. 

Kini Anda telah memahami kenapa perut sakit seperti haid tapi tidak haid. Apabila Anda mengalami salah satu kondisi yang diuraikan dalam artikel ini, bergegaslah ke dokter spesialis terkait. Anda akan memperoleh pemeriksaan intensif dan diagnosa yang jelas, ditambah dengan penanganan medis jika kondisi yang Anda alami berdampak buruk bagi kesehatan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jangan Disepelekan! Kenali Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah 

Tag :
Referensi

WebMD. 2020. Cramps Without a Period. https://www.webmd.com/women/guide/cramps-but-no-period#:~:text=Lots%20of%20women%20get%20pelvic,something%20simple%20or%20more%20serious. 

Bagikan artikel ini