Bantuan

Kenali Berbagai Zona Titik Refleksi Kaki yang Memengaruhi Organ Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Mar 2022

Bagikan

titik refleksi kaki

Tahukah Anda ternyata menekan titik refleksi kaki dapat membuat tubuh menjadi rileks. Pasalnya, berbagai titik refleksi kaki ini mewakili berbagai organ yang ada di tubuh manusia. Sebagai contoh, jempol kaki kanan mewakili paru-paru kanan dan jempol kaki kiri mewakili sisi kiri kepala. 

Titik Refleksi Kaki 

Menekan beberapa titik refleksi kaki bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh.  Berikut ini beberapa manfaat dengan menekan titik refleksi kaki tertentu. 

  1. Menghilangkan Pegal Kaki

Dengan menekan titik refleksi kaki tertentu Anda bisa mendapatkan manfaat  yang dapat menghilangkan pegal kaki. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu duduk di kursi lalu letakkan kaki kiri di atas paha kanan. Setelah itu pijatlah seluruh telapak kaki menggunakan jempol tangan. Kemudian, pijatlah setiap jari-jari kaki menggunakan  jari telunjuk dan juga jempol dengan gerakan yang melingkar. 

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Selain dapat menghilangkan rasa pegal di kaki, refleksi kaki juga terbukti mampu membuat tubuh merasa lebih rileks. Pada akhirnya, stres pun akan mampu berkurang dan tidur pun akan menjadi lebih nyaman dan nyenyak serta berkualitas. Untuk melakukannya, Anda perlu menekan punggung kaki, jari kaki lainnya dan di antara jempol dengan kuat dan dalam. Tekan titik ini hingga 3 menit lamanya.

  1. Meredakan Nyeri Punggung

Untuk dapat meredakan nyeri punggung, tekan titik lengkung dari telapak kaki dengan menggunakan ibu jari. Setelah itu, cobalah untuk menggerakkan ibu jari ke bagian atas lalu ke bawah, di sepanjang sisi lengkung tersebut. Dengan melakukan ini, Anda dapat merasakan rasa nyeri berkurang dan bahkan lebih baik dari pada melakukan pijat punggung biasa. 

  1. Mengatasi Sakit Akibat Haid

Gejala menstruasi memang dapat membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman dan terganggu. Pada beberapa kasus, bahkan rasa sakit dan nyeri akibat haid ini bisa membuat penderitanya kehilangan kesadaran secara total. Apabila Anda termasuk orang yang merasakan sakitnya gejala ketika haid ini, cobalah untuk mengetahui titik refleksi kaki demi mengatasi gejala menstruasi seperti sakit pinggang dan kepala. 

Untuk melakukannya, cobalah untuk menekan salah satu bagian lekukan kaki yang berada tepat di sisi tepi permukaan kaki, dengan menggunakan satu tangan. Setelah itu, tekan bagian tengah ibu jari kaki Anda dengan tangan lainnya. Dengan mempraktikkannya, dijamin dapat memberikan efek relaksasi pada ovarium, kelenjar hipotalamus, hingga rahim.

  1. Meredakan Flu

Siapa sangka bahwa ternyata flu juga dapat diredakan dengan melakukan refleksi kaki. Caranya pun terbilang cukup simpel, yakni dengan memijat titik refleksi kaki pada area ibu jari kanan dan kiri. Titik ini berhubungan langsung dengan saraf yang dapat membuka hidung tersumbat. Setelah itu, pijat dengan arah ke atas dan ke bawah secara perlahan, lalu lakukan hal yang sama secara berulang untuk meredakan sumber dari penyebab timbulnya flu. 

  1. Menghilangkan Sakit Kepala

Tidak selamanya dapat dihilangkan dengan obat-obatan, rasa sakit kepala ternyata juga dapat diatasi dengan melakukan refleksi kaki, khususnya pada titik yang memang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun langkahnya dimulai dengan cara menekan titik pada jempol kaki, dan juga pergelangannya secara perlahan. Setelah itu, lakukan gerakan pijat memutar selama 1 menit. Apabila Anda mengalami migrain yang menyerang bagian kanan kepala, cobalah untuk memijat titik ibu jari pada kaki kiri. Hal yang sama pun berlaku untuk kebalikannya.

  1. Meredakan Kecemasan

Tidak hanya mengatasi berbagai macam masalah kesehatan fisik, melakukan refleksi kaki ternyata juga sangat bermanfaat untuk masalah kesehatan mental, terutama dalam kaitannya untuk meredakan gangguan kecemasan dan bahkan depresi.

Untuk melakukannya, mula-mula Anda perlu menekuk jari-jari ke arah telapak kaki, kemudian temukan lekukan kecil pada bagian telapak tersebut, lalu pijat dengan ibu jari Anda. Ketika proses memijat, pastikan tangan Anda yang satunya menggenggam kaki bagian atas agar tekanan dapat menjadi semakin kuat. Untuk bagian kaki yang satunya lakukan hal yang sama. 

Demikianlah penjelasan mengenai titik refleksi kaki beserta berbagai permasalahan yang dapat diatasinya. Walaupun praktik refleksi ini sudah tergolong aman, namun perlu diketahui bahwa hal ini tidak serta-merta dapat menggantikan peranan pengobatan medis. 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Burgess, Lana. 2018. Foot massage techniques and benefits. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323790

Quinn, Daley. 2021. Foot Reflexology Chart: Points, How to, Benefits, and Risks. https://www.healthline.com/health/foot-reflexology-chart

Heather. 2018. 7 Benefits of A Reflexology Foot Massage. https://www.yourfootpalace.com/7-benefits-reflexology-foot-massage/

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang