Kenali 3 Langkah Skin Care yang Paling Penting

11 Sep 2020 • Tips Kesehatan

Banyaknya iklan produk perawatan kulit wajah dan rutin skin care yang menjamur dimana-mana dapat membuat Anda bertanya-tanya:

Apa yang seharusnya Anda lakukan untuk merawat kulit wajah Anda?

Apakah harus membeli pelembab atau apakah harus menggunakan masker bengkoang, atau apa?

Berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan untuk mencuci muka Anda?

Nah, artikel ini akan merangkum apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah Adna dalam hanya tiga langkah!

Produk-produk yang digunakan dalam tiga langkah tersebut juga tersedia dimana-mana dan terjangkau.

Cuci muka Anda

Meskipun tampak sederhana, masih banyak orang yang malas mencuci muka mereka secara rutin. Padahal, segala kotoran dan minyak yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas dapat membuat masalah baru pada wajah.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah pembersih wajah Anda haruslah sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk kulit kering, pilihlah agen pembersih yang ringan (seperti Dove atau Cetaphil) dan hindari penggunaan produk-produk seperti toner yang mengandung alcohol.

Jika kulit Anda berminyak, pilih sabun yang dapat membersihkan minyak. Selain itu, cuci muka Anda beberapa kali dalam sehari, ya!

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Beberapa dari kita masih sering melupakan sunblock, merasa mereka aman dari paparan sinar matahari. Eits, jangan salah! Anda harus memilih sunblock yang mengandung SPF 30 atau lebih dan gunakannya setiap hari, lho.

Apabila Anda akan menghabiskan waktu di luar rumah (outdoor), SPF yang lebih tinggi dapat membantu memberi perlindungan lebih untuk kulit Anda.

Apabila Anda hanya berkegiatan di dalam rumah, SPF 30 cukup. Jika Anda memiliki kulit sensitif, terdapat sunblock yang dibuat khusus bagi kulit sensitif.

Rawat kulit wajah Anda sesuai kebutuhannya

Sebelum melakukan langkah ketiga, Anda harus mengetahui kebutuhan kulit Anda dan jenisnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Setelah Anda mengetahui jenis dan kondisi kulit Anda, lakukan perawatan yang sesuai. Sebagai contoh, jika kulit Anda kering, Anda dapat menggunakan pelembab yang efektif dan tidak mahal.

Jika ada kerutan, jerawat, ataupun bercak-bercak pada kulit wajah Anda, banyak produk yang dapat dibeli di apotek terdekat.

Apabila masalah pada kulit Anda menetap untuk waktu yang lama, silakan konsultasi dengan dokter kulit Anda, mungkin ada penyebab yang tidak dapat diobati oleh obat-obat yang dijual bebas.

Yang pasti, jangan lupakan tiga langkah di atas, ya!

Referensi

Daily skin care in 3 simple steps [Internet]. Harvard: Healthbeat; date unknown [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/daily-skin-care-in-3-simple-steps