Bantuan

Kelebihan Melakukan Konsultasi Dokter Online di Masa Pandemi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 26 Apr 2022

Bagikan

Konsultasi Dokter Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, konsultasi dokter online tentu menjadi pilihan terbaik. Kondisi tubuh yang dapat berubah-ubah tidak menentu di masa pandemi, sering kali merugikan Anda. Kesehatan tubuh yang tiba-tiba menurun, bukan tidak mungkin terjadi. Adanya aturan agar masyarakat membatasi mobilitas, mungkin akan membingungkan Anda saat sakit. Bahkan, mungkin Anda takut untuk pergi ke dokter sebab virus yang bertebaran. Anda tenang saja sebab sekarang ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara online mengenai sakit yang Anda derita. 

Kelebihan Konsultasi Dokter Online

Tahukah Anda bahwa berkonsultasi dengan dokter secara online bisa menguntungkan dan juga menyenangkan. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan konsultasi dokter online:

  1. Waktu yang fleksibel

Jika Anda melakukan konsultasi dokter online, maka dari segi waktu pun akan lebih fleksibel. Dimana Anda dapat melakukan konsultasi kapan pun dan dimana pun, menyesuaikan aktivitas yang Anda miliki. Bahkan, terdapat layanan konsultasi dokter yang tersedia selama 24 jam penuh. Oleh karenanya, Anda dapat menghubungi dokter kapan pun Anda butuhkan. Layanan konsultasi dokter secara online ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda yang mempunyai kesibukan tinggi. Bukan hanya fleksibel, waktu yang diperlukan untuk konsultasi dokter online juga tidak akan lama. Anda tidak perlu ribet mengantri di banyak layanan kesehatan dan konsultasi dapat berlangsung lama. 

  1. Tidak terbatas lokasi

Jika Anda melakukan konsultasi dokter online melalui chat, maka Anda dapat melakukannya dimana saja alias tidak ada lokasi yang membatasi. Dimana Anda dapat memilih dokter paling top, tanpa adanya batasan lokasi. Walau dokter terbaik berlokasi di tempat yang jauh dari lokasi Anda, namun Anda tetap dapat melakukan konsultasi dengan dokter tersebut. Dengan adanya layanan ini, maka akan sangat membantu bagi mereka yang sedang bepergian atau liburan. 

  1. Banyak bertanya

Anda akan mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk bertanya dengan adanya konsultasi dokter online. Dimana Anda dapat berkonsultasi dengan waktu yang sangat lama untuk menanyakan apa saja terkait keluhan kesehatan yang anda alami. 

  1. Hemat biaya

Dengan melakukan konsultasi dokter online, maka Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit. Berbeda dengan pergi langsung ke dokter, melakukan konsultasi dengan dokter secara online tidak akan membuat Anda mengeluarkan ongkos transportasi. Hal tersebut tentu juga akan membantu di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mana mobilitas yang sangat dibatasi. Jika Anda melakukan konsultasi secara langsung, tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Dimana biaya tersebut biasanya lebih mahal, jika dibandingkan dengan konsultasi dokter online

  1. Kondisi darurat

Saat Anda mengalami kondisi darurat, maka konsultasi dokter online adalah pilihan terbaik. Misalnya saja, ketika anak mengalami demam tiba-tiba di malam hari, yang mana Anda tidak bisa berpergian begitu saja. Sehingga, melakukan konsultasi dokter secara online menjadi pilihan dan solusi terbaik. Nantinya, Anda akan memperoleh arahan dari dokter tentang apa tindakan yang dapat membantu menurunkan demam sang anak. 

  1. Dokter mudah menjelaskan

Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi secara langsung lebih baik, daripada dengan dokter melalui chat online. Namun, konsultasi dokter online melalui chat juga akan memudahkan dokter dalam menyampaikan penjelasannya. Dimana dokter akan lebih nyaman untuk memberi penjelasan pada pasien. Dokter dapat mengirimkan tautan atau link artikel mengenai jawaban yang pasien tanyakan. Menjelaskan melalui chat juga tidak mengeluarkan banyak tenaga. Pertanyaan yang Anda ajukan dapat dijawab melalui chat atau pesan suara. Konsultasi dokter melalui chat online, juga akan memudahkan Anda untuk memahami dan mengingat penjelasan yang diberikan. 

  1. Tak perlu malu

Tidak sedikit pasien yang sering kali merasa malu untuk menceritakan kondisi tubuhnya kepada dokter, mungkin termasuk Anda. Menceritakan kondisi yang sedang dialami merupakan hal penting bagi dokter. Dengan adanya layanan konsultasi dokter, mungkin pasien tidak akan merasa malu untuk menceritakan kondisi kesehatan yang dialaminya. 

Di masa pandemi ini, adanya konsultasi dokter online sangatlah membantu. Untuk mencegah penularan virus Corona, maka membatasi kunjungan dokter menjadi penting. Bila hanya konsultasi saja, maka sebaiknya Anda hindari pergi ke dokter langsung, kecuali jika kondisi yang dialami sudah sangat darurat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

8 Benefits of an Online Consultation with a Doctor

Five Advantages of an Online Doctor Consultation

10 Advantages of Using an Online Doctor Service

Bagikan artikel ini