Bantuan
Bantuan

Kasus Corona Indonesia Meningkat? Ketahui Arti Lockdown dan Tips Saat Lockdown Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Hindari Dampak Negatif Lockdown Dengan Tips Berikut Ini

Tahukah Anda apa arti lockdown dan tips saat lockdown? Sejak pertama kali kemunculan kasus COVID-19, istilah lockdown menjadi semakin sering terdengar.

Dalam hal ini, lockdown dimaksudkan agar rantai penyebaran kasus COVID-19 dapat diputus. Dengan begitu, pasien yang menjadi korban akan dapat diminimalisir. Meskipun begitu, keputusan untuk melakukan lockdown ini masih menjadi perdebatan di seluruh kalangan.

Dalam hal ini, lockdown tidak hanya dapat menimbulkan dampak positif, melainkan juga memiliki beberapa dampak negatif. Lantas apa sebenarnya arti lockdown dan tips saat lockdown agar terhindar dari dampak negatifnya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Lockdown?

Istilah lockdown sejatinya belum memiliki arti yang pasti dan disepakati secara umum. Meskipun begitu, dalam penggunaannya selama masa pandemi COVID-19, lockdown menunjukkan suatu usaha untuk mengendalikan penyebaran virus penyebab infeksi.

Dengan penerapan lockdown ini, dilakukan penutupan akses masuk ataupun keluar dari suatu wilayah tertentu. Selama proses lockdown ini, tidak ada masyarakat yang diperbolehkan keluar rumah, berada di area publik, hingga berada di kerumunan.

Tidak hanya itu saja, proses lockdown mensyaratkan tiada satu pun aktivitas di luar rumah tangga yang beroperasi, termasuk semua jenis transportasi, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga tempat wisata dan tempat ibadah.

Meskipun begitu, karena belum disetujui secara luas, hingga kini sebenarnya tidak ada aturan ataupun persyaratan khusus yang disepakati dunia internasional terkait penerapan lockdown.

Oleh karena itu, jangan heran apabila kebijakan lockdown antara negara yang satu dengan lainnya, atau bahkan antara daerah yang satu dengan lainnya, akan berbeda.

Baca Juga: Alasan Mengapa Virus Corona COVID-19 Itu Berbahaya

Tips Saat Lockdown

Mengingat terus meningkatnya lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, penerapan lockdown bukanlah suatu hal yang mustahil lagi terjadi. Dalam hal ini, ketika lockdown diterapkan, sebagai masyarakat terdampak, Anda mungkin akan merasakan beberapa hal terutama dalam kaitannya dengan dampak psikologis hingga dampak ekonomi. 

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu proses lockdown Anda.

  1. Buat Rutinitas Sendiri

Masa lockdown dan hari-hari biasa tentu akan terasa sangat berbeda, terutama karena Anda dalam hal ini hanya bisa beraktivitas di dalam rumah saja. Untuk itu, cobalah buat rutinitas baru selama lockdown dan patuhi rutinitas tersebut.

Jadwalkan waktu untuk menyentuh pekerjaan, waktu istirahat, dan waktu berolahraga dengan baik. Buatlah rutinitas ini semirip mungkin dengan rutinitas sebelum lockdown, agar kondisi harus lockdown tidak terasa seperti beban.

  1. Hirup Udara Segar

Lockdown bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dan bangun kesiangan. Sebaliknya, cobalah untuk bangun pagi dan hiruplah udara segar di teras rumah ataupun di halaman belakang. Anda juga bisa mencoba berjemur di bawah matahari pagi untuk membuat tubuh lebih segar.

  1. Jangan Lupa Berolahraga

Meskipun dalam kondisi lockdown dan tidak bisa keluar rumah, olahraga dengan rutin tetap bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa mencoba naik turun tangga, melakukan yoga, atau berlari kecil-kecil di pekarangan. Dengan begini, tubuh Anda tidak akan terasa stres dan justru akan lebih kuat dalam menghadapi ancaman virus.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Tips saat lockdown berikutnya yang tidak bisa disepelekan adalah memperhatikan makanan yang Anda dan keluarga konsumsi sehari-harinya. Pastikan bahwa makanan tersebut adalah makanan yang sehat dan bernutrisi. Jangan lupa pula untuk mencukupi kebutuhan harian Anda dan keluarga, ya.

  1. Sibukkan Diri

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan saat lockdown adalah menyibukkan diri. Jika Anda terdampak secara ekonomi, cobalah untuk merintis bisnis secara online, ataupun mencoba menjual skill sebagai freelancer. Selain menyibukkan diri dengan pekerjaan, Anda juga bisa mencoba menekuni hobi lama ataupun hobi baru, agar suasana lockdown terasa lebih bermanfaat.

Itulah dia penjelasan mengenai arti lockdown dan tips saat lockdown yang perlu Anda ketahui. Meskipun hingga kini belum ada perintah untuk menerapkan lockdown, ada baiknya Anda dan keluarga tetap waspada, tidak lupa menerapkan protokol kesehatan, dan tetap berada di rumah hingga kondisi telah sepenuhnya dinyatakan aman.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sehat selama #StayAtHome: Sit to Stand Exercise dan Latihan Kaki

 

Sumber:

1. Health Navigator New Zealand. COVID-19-staying healthy in a lockdown.

2. Falconer, Paula. 2020. Staying healthy in lockdown: a GP’s top 10 tips.

3. Collinson, Anna. 2020. Covid: Lockdown had major impact on mental health.

Bagikan artikel ini