Bantuan

Kandungan Skincare Jerawat yang Terbukti Efektif dan Ampuh bagi Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Mar 2022

Bagikan

kandungan skincare jerawat

Selain mengunjungi klinik kecantikan, penggunaan skincare jerawat menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Selain praktis, produk skincare juga tergolong efektif dan ampuh karena berbagai kandungan utamanya yang memang memiliki sifat anti jerawat.

Apabila Anda juga termasuk penggemar skincare dan lebih mengutamakan penggunaan produk skincare saat jerawat melanda, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Berkaitan dengan ini, pemilihan produk skincare jerawat sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan karena salah memilih hanya akan membuat jerawat semakin parah.

Sebaliknya, pilihlah skincare dengan kandungan yang mampu menutrisi kulit dan mengatasi permasalahan  jerawat hingga ke akarnya. Nah, agar tidak bingung, berikut ini rekomendasi beberapa kandungan skincare jerawat yang bisa Anda pilih.

Kandungan Skincare Jerawat

Menggunakan skincare dengan kandungan yang tepat menjadi salah satu cara ampuh dalam mengatasi jerawat. Untuk itu, kenali terlebih dahulu beberapa kandungan holy grail penumpas jerawat berikut ini. 

  1. Centella Asiatica

Daun pegagan atau yang biasa dikenal dengan Centella asiatica telah lama dikenal dalam bidang kecantikan. Bahkan hingga kini, produk skincare dengan kandungan Centella asiatica telah menjadi favorit banyak orang karena kemampuannya yang mampu mengatasi berbagai jenis masalah kulit, terutama jerawat. 

Adapun beberapa kandungan dalam Centella asiatica yang dinilai mampu mengatasi jerawat di antaranya adalah kandungan antioksidan Asiatic acid yang mampu mengurangi peradangan pada jerawat serta kandungan Asiaticoside yang mampu mempercepat pemulihan luka jerawat serta menenangkan kemerahan akibat jerawat.

  1. Witch Hazel

Pernahkah Anda mendengar kandungan Witch hazel di dalam produk skincare jerawat? Hadirnya kandungan ini ternyata mampu menjadikan produk skincare yang Anda gunakan lebih ampuh dalam mengatasi jerawat. Selain itu, skincare dengan kandungan Witch hazel juga dinilai cocok untuk mereka yang memiliki tipe kulit berminyak.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kandungan Witch hazel dalam mengatasi jerawat adalah sifat anti inflamasinya yang cukup kuat, hingga kemampuannya dalam mencegah bakteri serta mengatasi infeksi kulit penyebab jerawat. Jadi, selain baik untuk mengatasi jerawat, kandungan skincare ini juga cocok untuk mencegah hadirnya jerawat itu sendiri.

  1. Ceramide

Dalam berbagai produk skincare, kandungan Ceramide hadir sebagai agen pelembap bagi kulit sekaligus pelindung skin barrier. Dengan menggunakannya, kelembapan kulit akan terkunci dengan sempurna, lapisan pelindung kulit akan menjadi lebih kuat sehingga wajah terhindar dari risiko iritasi dan infeksi oleh bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya penting untuk tindakan pencegahan, penggunaan Ceramide juga sebaiknya tidak dilewatkan, untuk mencegah berkembangnya kondisi jerawat menjadi semakin parah. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit acne-prone, kering, dan sensitif, maka penggunaan skincare jerawat yang satu ini dapat menjadi solusi terbaik. 

  1. Salicylic Acid

Kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat berikutnya adalah Salicylic acid atau asam salisilat. Kandungan ini dapat Anda jumpai dengan mudah pada berbagai produk skincare dengan klaim mampu mengatasi jerawat. Biasanya, konsentrasinya pun akan lebih tinggi dibanding kandungan lain.

Hadir dengan sifat anti inflamasi dan anti bakteri, Salicylic acid menjadi pilihan yang pas untuk mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan pada akhirnya menjaga kulit dari jerawat. Pastikan Anda menggunakan produk skincare dengan kandungan ini secara tepat karena sejatinya Salicylic acid mampu mendatangkan efek samping tertentu apabila penggunaannya tidak sesuai. 

  1. Niacinamide

Siapa yang tidak kenal dengan kandungan skincare sejuta umat yang satu ini? Niacinamide nampaknya sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah pada berbagai macam produk skincare, apapun itu jenisnya, mulai dari facial wash, toner, serum, hingga pelembap. 

Tentu saja kepopuleran Niacinamide ini bukannya tanpa alasan. Memiliki sifat anti inflamasi, kandungan Niacinamide mampu mengatasi jerawat bahkan mencegah timbulnya bekas jerawat. Lebih dari itu, tekstur kulit yang rusak akibat jerawat pun dapat dipudarkan dengan kandungan skincare yang satu ini. 

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa opsi kandungan skincare jerawat yang bisa Anda pilih. Apabila jerawat yang dialami justru semakin meradang atau tak kunjung sembuh, segera konsultasikan diri ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan tindakan penanganan terbaik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Penggunaan Toner Penting? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Tan, Sharlene. 2021. 8 Best Ingredients for Acne-Prone Skin. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/best-ingredients-for-acne-prone-skin

Racho, Janeca. 11 Natural Acne Fixes and What Science Says About Them. https://www.dermstore.com/blog/top_ten/natural-acne-remedies/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang