Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Melakukan Gerakan Squat yang Benar Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Melakukan Gerakan Squat yang Benar Berikut Ini

Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara melakukan gerakan squat yang benar? Gerakan squat dilakukan untuk dapat melatih inti otot dan bagian bawah tubuh. Ketika gerakan squat dilakukan dengan benar dan teratur maka dapat mengencangkan bokong dan paha. 

Mungkin banyak diantara Anda yang melakukan gerakan squat dengan posisi yang tidak benar. Gerakan squat yang tidak benar akan membuat punggung menjadi sakit. Tidak hanya itu, gerakan yang tidak benar juga akan menekan persendian sehingga lutut rawan mengalami cedera. Lantas bagaimana cara melakukan gerakan squat yang benar?

Cara melakukan gerakan squat yang benar

  1. Memilih tempat yang sesuai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan squat yaitu memilih tempat yang sesuai. Pada dasarnya squat dapat dilakukan dimanapun baik di rumah maupun di pusat kebugaran. Namun hal yang perlu Anda perhatikan yaitu permukaan yang Anda gunakan untuk squat. Pastikan permukaan yang Anda gunakan berumput atau lantai yang dilapisi karpet yang empuk. Apabila Anda melakukan squat di permukaan yang keras, akan membuat tekanan pada lutut menjadi terlalu besar. 

  1. Melakukan pemanasan

Banyak diantara Anda yang langsung melakukan gerakan squat. Padahal sebelum Anda melakukan gerakan squat, diharuskan telah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Beberapa gerakan pemanasan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan gerakan squat yaitu jalan kaki, atau jogging. Tujuan dari pemanasan ini adalah untuk membuat darah dapat mengalir ke otot dan siap digunakan untuk olahraga. 

  1. Melakukan squat

Setelah Anda memilih lokasi yang tepat dan melakukan pemanasan, maka selanjutnya yaitu melakukan gerakan squat yang benar. Langkah-langkah dalam melakukan gerakan squat yang benar sebagai berikut

  • Pertama-tama, ambil posisi berdiri tegak dan pastikan kaki terbuka selebar pinggul. 

  • Setelah itu, turunkan tubuh Anda sejauh yang bisa Anda lakukan dengan mendorong punggung ke belakang.

  • Pada saat Anda menurunkan badan, naikkan lengan Anda hingga lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan. 

  • Pastikan tubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai dan dada dalam keadan busung serta tidak membungkuk. 

  • Setelah menurunkan badan, angkat kembali badan dalam posisi berdiri tegak seperti semula. 

  • Lakukan hal tersebut secara berulang kali sesuai dengan kemampuan Anda. 

Manfaat gerakan squat yang benar

Lantas, manfaat apa yang didapatkan jika melakukan gerakan squat yang benar? Berikut ini manfaat dari melakukan gerakan squat dengan benar. 

  1. Membakar kalori

Manfaat dari melakukan gerakan squat yang benar yaitu dapat membakar kalori. Mungkin Anda berpikiran bahwa pembakaran kalori banyak terjadi pada olahraga kardio seperti lari dan bersepeda. Namun, jika Anda melakukan gerakan squat dengan benar dan intensitas tinggi juga mampu membakar kalori. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa squat pada orang yang memiliki berat badan berlebih mampu membakar kalori sebanyak 223 kalori. 

  1. Menguatkan otot bagian bawah

Manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila melakukan gerakan squat dengan benar yang selanjutnya yaitu mampu menguatkan otot bagian bawah. Ketika otot pada tubuh bagian bawah menjadi kuat, makan Anda akan merasa lebih nyaman. Hal ini karena, otot bagian bawah membuat Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam berjalan, membungkuk dan berolahraga. 

  1. Meningkatkan kekuatan fisik

Gerakan squat yang benar juga mampu meningkatkan kekuatan fisik. Dalam sebuah penelitian  dijelaskan bahwa jump squat dapat meningkatkan kemampuan olahraga seperti meningkatkan performa saat lari cepat. Dalam penelitian lain yang dilakukan terhadap jump squat ditemukan hasil bahwa melakukan jump squat sebanyak 3 kali perminggu selama 8 minggu mampu meningkatkan kemampuan fisik

  1. Menurunkan risiko cedera

Melakukan gerakan squat yang salah akan menyebabkan cedera, akan tetapi gerakan squat yang benar justru menurunkan risiko terjadinya cedera. Hal ini karena, squat mampu meningkatkan keseimbangan, postur tubuh dan pergerakan yang lebih baik. Tidak hanya itu, squat juga mampu meningkatkan kekuatan tulang, tendon dan ligamen. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai gerakan squat yang benar dan juga manfaat yang bisa diperoleh. Walaupun gerakan squat sangatlah sederhana, namun kesalahan dalam melakukannya dapat menyebabkan cedera. Selain itu, selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga untuk meminimalisir terjadinya cedera. Apabila Anda mengalami cedera segeralah melakukan konsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Gerakan dan Manfaat Pemanasan Yang Perlu Anda Ketahui

 

Sumber:

Lindberg, Sara. 2019. 7 Benefits of Doing Squats and Variations to Try

Sgobba, Christa. 2020. How to Do Squats Correctly to Make the Most of the Move.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi