Bantuan

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Jan 2022

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid seringkali sulit dibedakan sehingga bagi pasangan yang baru menikah terkadang menghubungkan jerawat sebagai tanda hamil muda. Agar Anda tidak kecewa karena suatu prediksi yang keliru, tahukah Anda bagaimana cara membedakan keduanya? Mari temukan jawaban seputar keduanya di bawah ini.

Baca Juga: Penyebab Jerawat dan Cara Menanganinya dengan Baik dan Benar

Apa Itu Jerawat?

Pada umumnya semua orang tentu tahu bagaimana bentuk jerawat, namun secara ilmiah tahukah Anda apa itu jerawat? Jerawat adalah suatu kondisi adanya gangguan pada kulit karena produksi minyak (sebum) berlebih. Kondisi ini terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh kulit mati dan minyak sehingga menimbulkan peradangan dan penyumbatan pada pori-pori. Akibatnya muncullah benjolan-benjolan kecil yang disertai dengan nanah (jerawat), biasanya muncul pada bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak seperti wajah, bagian atas dada, leher, dan punggung.

Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid 

Jerawat pertanda kehamilan biasanya muncul dalam waktu yang cukup lama dan disertai dengan perubahan warna kulit. Tidak heran jika wanita yang tengah hamil muda mengalami perubahan warna kulit menuju lebih gelap. Sementara itu, jerawat tanda haid biasanya muncul dalam durasi yang lebih cepat yaitu ketika pramenstruasi (PMS) dan hilang ketika menstruasi datang atau selesai.

Jerawat pertanda haid biasanya memiliki warna lebih putih, lalu berubah menjadi merah muda dan disertai dengan rasa sakit. Terkadang jerawat haid disertai dengan adanya peradangan di bawah permukaan kulit. Namun jerawat pertanda haid tidak disertai dengan perubahan warna kulit.

Selain mengetahui perbedaan jerawat tanda hamil dan haid dari perubahan warna kulit, durasi dan warna jerawat, ada beberapa tanda lain yang perlu Anda ketahui untuk membedakan keduanya, di antaranya:

  • Telat Menstruasi

Tanda hamil biasanya disertai dengan telat haid selama 1 hingga 2 minggu dari tanggal yang seharusnya. Apalagi jika Anda memiliki siklus haid teratur atau tidak pernah telat, maka pertanda ini bisa lebih kuat. Berbeda dengan tanda hamil, telat haid yang wajar ialah setelah 5 hari tidak haid dari tanggal yang seharusnya. Kondisi ini bisa terjadi karena stres yang berkepanjangan efek obat, perubahan pola makan, dan berat badan.

  • Perubahan Suasana Hati

Seseorang yang tengah hamil muda biasanya mengalami perubahan suasana hati akibat kadar hormon estrogen dan progesteron yang naik turun selama kehamilan. Perubahan suasana hati ini berlangsung dalam waktu yang lama bahkan baru mereda setelah melahirkan. Sedangkan perubahan suasana hati wanita yang tengah haid biasanya berlangsung sebelum dan hingga hari pertama haid.

  • Mual atau Muntah

Mual atau muntah bisa juga dirasakan oleh wanita yang sedang hamil muda maupun haid. Namun keduanya masih dapat dibedakan, wanita yang sedang haid biasanya mengalami mual atau muntah karena diare, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Jika mual atau muntah terjadi saat pagi hari, ini bisa menjadi pertanda kehamilan daripada menstruasi. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Terbilang Membandel

Cara Mengatasi Jerawat yang Timbul 

Munculnya jerawat di bagian wajah terkadang menimbulkan rasa tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Baca Juga: Vitamin C Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

  1.  Kompres dengan Air Hangat atau Air Dingin

Gunakan kain basah yang telah Anda masukan ke air hangat atau air dingin untuk meredakan nyeri. Kompres bagian wajah menggunakan kain tersebut. Untuk kompres dengan air hangat lakukan selama 10 hingga 15 menit dan untuk kompres menggunakan air dingin lakukan selama 5 hingga 10 menit.

  1.  Menggunakan Madu

Madu dipercaya memiliki senyawa antibakteri yang bisa menenangkan kulit wajah berjerawat. Sebelumnya bilas wajah menggunakan air hangat lalu oleskan madu secara langsung ke bagian wajah berjerawat selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1.  Menggunakan Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Peras jeruk nipis dan lemon lalu oleskan cairannya ke bagian wajah berjerawat dengan menggunakan kapas, diamkan selam 20 menit sebelum dibilas.

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid bisa Anda lihat dari lamanya durasi jerawat, perubahan warna jerawat dan perubahan warna kulit. Namun tidak hanya jerawat, Anda juga bisa membedakan tanda kehamilan dan haid dengan melihat tanda-tanda lainnya seperti perubahan suasana hati, telat haid dan timbulnya rasa mual. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Conrad Stöppler, Melissa. PMS vs. Pregnancy Symptoms and Signs (no date). Available at: https://www.emedicinehealth.com/slideshow_pictures_premenstrual_syndrome/article_em.htm (Accessed: 30 Desember 2021).
  2. Feintuch, Stacey. PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms. 2018. Available at: https://www.healthline.com/health/womens-health/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms (Accessed: 30 Desember 2021).
Bagikan artikel ini