Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan IGD dan UGD

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan IGD dan UGD

Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan IGD dan UGD. Banyak yang mengira IGD dan UGD merupakan dua ruangan dengan fasilitas yang sama. Padahal perbedaan IGD dan UGD salah satunya yaitu dokter yang ditugaskan di ruang IGD tidak hanya dokter umum melainkan ada dokter spesialis juga. Sedangkan, di ruangan UGD hanya dokter umum yang bertugas di dalamnya.

Saat Anda mengalami cedera di pergelangan kaki, dan bengkak dengan cepat, haruskah Anda pergi ke ruang IGD atau UGD? Jika Anda dalam situasi seperti ini maka Anda tidak perlu khawatir, simak penjelasan berikut mengenai perbedaan ruang IGD dan UGD.


Apa itu IGD?

IGD merupakan singkatan dari Instalasi Gawat Darurat. Selain dokter spesialis dan dokter umum yang bekerja di dalamnya, IGD memiliki ruang yang cukup besar serta alat yang digunakan lebih lengkap.

Perbedaan IGD dan UGD juga kondisi darurat yang dialami pasien, di ruang IGD menangani beberapa kondisi darurat seperti serangan jantung, stroke, dan luka tembak.

Waktu petugas yang bertugas di ruang IGD yaitu selama 24 jam/7 hari, staf yang bertugas di dalamnya berupa asisten dokter, dokter, praktisi perawat, dan perawat yang terlatih dalam memberikan perawatan darurat, serta tim yang memiliki kemampuan cepat dalam penyedia ahli spesialis lanjutan seperti neurologi, kardiologi, dan ortopedi. Ruang IGD juga terdapat sumber daya laboratorium yang digunakan untuk mendiagnosis serta memberikan perawatan untuk pasien yang sedang dalam kondisi parah dan mengancam jiwa.

Anda sebagai pasien penyakit akut yang masuk ke ruang IGD akan dikategorikan menjadi beberapa kasus yaitu, pasien gawat tapi tidak darurat, pasien gawat dan darurat, dan pasien darurat tapi tidak gawat.

Pasien dalam keadaan darurat merupakan suatu keadaan dimana terjadi secara tiba-tiba dan tidak diperkirakan sebelumnya seperti kecelakaan, atau kebutuhan yang mendesak. Sedangkan pasien yang dalam keadaan gawat merupakan suatu keadaan yang berkaitan dengan suatu penyakit atau kondisi yang mengancam jiwa.

Sehingga, sifat operasional di ruang IGD tepat, cepat dan tidak dibatasi waktu. Maka, ruang IGD sangat bergantung pada sumber daya manusia, fasilitas, dan tata cara kerja yang baik dan benar.


Apa itu UGD?

Sedangkan UGD merupakan singkatan dari Unit Gawat Darurat. Selain dokter umum yang berjaga, UGD juga memiliki ruang lingkup yang kecil dan terdapat alat medis yang terbatas.

Kondisi darurat yang dapat ditangani di ruang UGD adalah jika Anda merasa nyeri dada, luka sayat, luka bakar ringan, sakit pinggang atau otot, diare, sakit telinga, kondisi kulit, nyeri sendi, dan lain sebagainya. Namun, secara umum beberapa kondisi tersebut dianggap darurat sehingga harus di evaluasi dan dirawat terlebih dahulu di Unit Gawat Darurat (UGD) sebagai penanganan awal.

Perbedaan IGD dan UGD juga terdapat pada prioritas pelayanan berdasarkan kondisi pasien. Di dalam ruangan UGD sistem penanganan pasien berdasarkan tingkat darurat kondisi pasien yaitu, pasien dalam kondisi harus segera ditolong, pasien dalam kondisi gawat, pasien dalam keadaan tidak mendesak, pasien dalam kondisi serius namun tidak gawat, dan pasien yang berpotensi mengalami perburukan.

Saat Anda mengalami kondisi darurat dan datang ke ruang IGD. Maka, perawat atau dokter yang bertugas dalam ruang IGD akan menentukan Anda termasuk dalam kategori pasien seperti apa.

Pada umumnya, IGD dan UGD dapat melakukan observasi dan stabilisasi pada kondisi pasien, dan dapat melakukan tindakan darurat seperti operasi.

Ruang IGD dan UGD memiliki peran dalam penanganan yang langsung dari dokternya sampai kondisi Anda membaik. Setelah Anda membaik Anda akan dipindahkan ke ruang rawat inap yang di tentukan oleh dokter sampai Anda benar-benar sembuh dari penyakit yang Anda alami.

Itulah, penjelasan mengenai perbedaan IGD dan UGD. Setelah mengetahuinya saat Anda atau kerabat dekat Anda jatuh sakit, Anda tahu untuk membawa si pasien sesuai dengan kondisinya. Serta tidak lagi bingung tentang perbedaan IGD dan UGD.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Rod Brouhard, EMT-P. Differences of Urgent Care and the Emergency Room. 2019. 

Mayo Clinic Health System. Emergency vs. Urgent Care: What's the difference?. 2020. 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi