Bantuan

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah salah satu hal yang kerap dipertanyakan oleh banyak orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, maka Anda perlu menyimak ulasan singkat berikut ini.

Jerawat adalah salah satu problem yang kerap dialami oleh banyak orang, terlebih di area wajah. Walaupun sudah menjaga dan merawat wajah dengan sedemikian rupa, jerawat bisa saja muncul tanpa diundang. Rasanya tentu tidak menyenangkan bukan?

Jerawat pun bisa muncul di bagian wajah mana saja, salah satunya adalah pipi. Jika pun jerawatnya sudah hilang, tetapi bisa saja masih meninggalkan bekas yang menghitam (dark scars). Lantas, apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi?

Penyebab Bekas Jerawat yang Menghitam

Pada dasarnya, jerawat yang ditangani dengan tepat tidak akan meninggalkan bekas sama sekali. Namun apabila Anda menumpas jerawat dengan cara-cara yang kurang tepat, tentunya akan meninggalkan bekas menghitam pada area wajah. Hal-hal berikut inilah yang akan membuat Anda mencari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

  1. Dipencet

Memencet jerawat adalah salah satu opsi yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Hanya dengan memencetnya, isi jerawat bisa langsung keluar tak bersisa. Alhasil, jerawat pun cepat reda dan tidak mengganggu lagi.

Walaupun jerawat cepat reda, tetapi cara seperti ini justru akan meninggalkan bekas luka yang menghitam. Mengapa demikian? Tindakan ini menyebabkan bekas luka pada kulit dan dibutuhkan waktu yang cukup lama agar lapisan kulit yang telah terkoyak bisa kembali seperti sedia kala.  

  1. Digaruk

Sama halnya dengan memencet, menggaruk pun juga bisa membuat jerawat cepat reda. Terkadang, tanpa Anda menyadarinya, jemari tangan menggaruk area yang sedang berjerawat dan membuatnya pecah. Hal ini pun akan membuat kulit terluka dan meninggalkan bekas yang menghitam.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika dilakukan secara rutin, maka area pipi Anda akan kembali bersih seperti semula tanpa ada bekas-bekas jerawat yang menghitam.

  1. Menggunakan Serum Vitamin C

Salah satu khasiat vitamin C adalah mencerahkan warna kulit. Agar bekas jerawat yang menghitam lekas pudar, Anda dapat menggunakan serum yang mengandung vitamin C dan menggunakannya di pagi hari.

  1. Mengoleskan Aloe Vera

Selain melembabkan wajah, aloe vera juga dapat membantu Anda menghilangkan bekas jerawat. Adapun hal tersebut disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang dapat menenangkan kulit wajah. 

  1. Menggunakan Sunscreen

Agar bekas jerawat tidak semakin bertambah parah dengan paparan sinar matahari, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sunscreen setiap hari. Gunakanlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih demi proteksi terbaik bagi wajah Anda. 

  1. Melakukan Exfoliating

Pada dasarnya, exfoliating adalah proses untuk menghilangkan sel kulit mati. Anda dapat menggunakan toner atau masker yang memiliki fungsi eksfoliasi agar bekas jerawat cepat memudar dari pipi Anda.

  1. Menggunakan Laser Treatment

Jika Anda menginginkan cara yang cepat, maka Anda dapat mengunjungi klinik kecantikan atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh laser treatment. Dengan prosedur ini, sel kulit mati akan cepat terangkat, termasuk bekas jerawat yang menghitam.

Cara Mencegah Bekas Jerawat yang Menghitam

Agar Anda terbebas dari bekas jerawat yang menghitam, hendaknya selalu menghindari untuk menggaruk atau memencetnya. Selain itu, jagalah selalu kebersihan tangan dan usahakan agar tidak perlu menyentuh area yang sedang berjerawat.

Jika pun menyentuhnya, usahakan tidak terlalu keras agar jerawat tidak pecah. Jerawat tidak akan meninggalkan bekas yang menghitam jika Anda menanganinya dengan tepat. Di samping itu, konsistensi dalam perawatan juga diperlukan agar jerawat cepat reda.

Demikianlah berbagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat Anda terapkan. Setelah membaca ulasan ini, kiranya Anda dapat menghindari berbagai cara yang kurang tepat dalam menangani jerawat agar tidak meninggalkan bekas menghitam. Di samping itu, jagalah selalu kebersihan wajah agar jerawat tidak muncul dan mengganggu kenyamanan Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Pilihan Obat Jerawat Topikal yang Bisa Anda Temukan Pada Produk Skincare

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Watson, Kathryn. 2019. How to Remove Dark Spots from Pimples. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples#home-remedies

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang