Jangan Khawatir, Ini Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Jangan Khawatir,  Ini Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda bingung cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan cara mengatasinya? Kulit yang berminyak seringkali menjadi masalah karena membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Selain itu, mungkin beberapa diantara Anda juga berpikir bahwa kulit berminyak harus menghindari sunscreen karena dapat membuat kulit semakin berminyak. Akan tetapi, kulit berminyak pun tetap perlu mendapatkan perlindungan dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, di bawah ini akan diberikan cara tepat dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan cara mengatasinya?

Cara memilih Sunscreen untuk kulit berminyak

  1. Memilih produk yang bebas minyak

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang pertama yaitu memilih produk yang bebas dari minyak. Sunscreen yang bebas minyak dapat membuat kulit wajah bebas dari mengkilap atau berminyak. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang berlabel noncomedogenic agar tidak membuat pori-pori Anda tersumbat. 

  1. Memilih produk yang berbahan dasar air

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang selanjutnya yaitu memilih produk yang berbahan dasar air. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, wajib memilih sunscreen dengan bahan dasar air karena teksturnya yang cair bisa lebih mudah diserap oleh kulit. 

  1. Memerhatikan tekstur sunscreen

Tekstur juga perlu Anda perhatikan dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Apabila kulit Anda berminyak, maka pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur lotion yang ringan atau krim. Selain itu, Anda juga memilih tekstur gel yang lebih cair dan mudah diserap oleh kulit. 

  1. Memilih produk yang melindungi dari sinar UV

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang terakhir yaitu memilih produk yang melindungi dari sinar UV. Ketika Anda hendak membeli produk sunscreen, carilah yang berlabel broad spectrum. Sinar UVA dapat menyebabkan timbulnya penuaan dini dan sinar UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit. 


Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!


Mengatasi kulit berminyak

Di atas telah dijelaskan cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Namun, bagi Anda yang ingin mengatasi masalah ini, bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. 

  1. Mencuci wajah

Apabila Anda ingin mengatasi kulit berminyak, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mencuci wajah. Setiap orang wajib mencuci wajahnya setiap harinya, terutama bagi yang memiliki kulit berminyak setidaknya mencuci wajahnya sebanyak 2 kali dalam sehari. Ketika Anda mencuci wajah, sebaiknya gunakan sabun yang lembut. 

  1. Mengoleskan madu

Cara mengatasi kulit yang berminyak selanjutnya yaitu mengolesi wajah dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang bisa bermanfaat untuk kulit berminyak serta kulit berjerawat. Tidak hanya itu, madu juga bisa menjaga kelembaban tanpa membuatnya berminyak. Cara menggunakan cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. 

  1. Mengoleskan campuran oatmeal

Selain mengoleskan madu, Anda juga bisa menggunakan campuran oatmeal untuk mengolesi wajah agar terbebas dari kulit berminyak. Oatmeal bermanfaat untuk menyerap minyak dan mengatasi kulit yang meradang. Cara menggunakan yaitu, menghaluskan oatmeal dengan beberapa tambahan seperti yogurt, madu atau buah. Setelah itu, campurkan semua bahan dengan air panas. Kemudian pijatlah wajah Anda selama 3 menit menggunakan campuran tersebut. 

  1. Mengoleskan campuran putih telur dan lemon

Cara mengatasi kulit berminyak yang selanjutnya yaitu mengoleskan campuran putih telur dan lemon. Campuran keduanya dipercaya dapat mengencangkan pori-pori. Selain itu, asam yang berasal dari lemon dapat menyerap minyak pada kulit. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan mengering. Setelah mengering, maka bilasnya wajah menggunakan air hangat. 

Nah, itulah beberapa cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan cara mengatasinya. Perlu diingat, jangan gunakan sunscreen badan untuk wajah, karena hanya akan menimbulkan jerawat. Jadi, sebaiknya Anda memilih sunscreen khusus wajah dengan memperhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Manfaat Collagen Untuk Kulit


Sumber: 

McDermott, Annette. 10 Home Remedies for Oily Skin (2019) 

Palmer, Angela. How to Choose a Sunscreen for Acne-Prone Skin (2020) 

Singla, Isha. How To Choose The Best Sunscreen For Oily Skin?(2019)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi