Jangan disepelekan, Berikut Ini Manfaat Beras Kencur serta Penjelasan Cara Membuatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Jangan disepelekan, Berikut Ini Manfaat Beras Kencur serta Penjelasan Cara Membuatnya

Mungkin banyak yang di antara Anda sudah mengenal jamu tradisional beras kencur, bukan? Beras kencur merupakan salah satu jamu tradisional yang sudah dikenal sedang lama dan sering dijual oleh pedagang jamu keliling. Selain itu, beras kencur juga diklaim memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat dan bagaimana cara membuatnya? Temukan semua jawabannya di bawah ini. 

Manfaat Beras Kencur

  1. Mengatasi Diare

Manfaat beras kencur yang pertama yaitu dapat mengatasi diare. Dalam sebuah studi menunjukan bahwa zat sitotoksik dan antibakteri yang terkandung dalam kencur dapat meredakan gejala diare. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa hewan yang diberikan ekstrak kencur mengalami kondisi yang membaik dari diare. Akan tetapi, penelitian ini masih dalam skala kecil dan dilakukan pada hewan, sehingga masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut serta dilakukan pada manusia. 

  1. Mengatasi batuk

Manfaat jamu beras kencur yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi batuk berdahak. Jamu beras kencur ini sudah dikenal memiliki manfaat untuk mengobati batuk sejak lama sehingga menjadi obat tradisional. Meminum segelas jamu beras kencur dapat mengatasi batuk yang berdahak. Akan tetapi, sama halnya dengan yang sebelumnya, manfaat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis yang aman. 

  1. Meningkatkan nafsu makan 

Apabila Anda ingin meningkatkan nafsu makan anak, maka bisa menggunakan jamu beras kencur. Cukup berikan anak Anda, segelas jamu beras kencur baik hangat atau dingin. Akan tetapi, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan, apakah jamu beras kencur efektif dalam menaikkan nafsu makan anak. 

  1. Mengontrol gula darah 

Manfaat jamu beras kencur yang lainnya yaitu dapat mengontrol gula darah. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar gula darah dan membuatnya tetap normal. Manfaat ini sangat berguna bagi mereka yang menderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil, sehingga dibutuhkan penelitian dalam skala besar untuk memastikan manfaatnya. 

  1. Membantu ibu pasca melahirkan

Jamu beras kencur juga dipercaya dapat membantu ibu pasca melahirkan. Beras kencur kerap kali dikonsumsi oleh ibu pasca melahirkan karena dipercaya dapat menghilangkan bau amis darah nifas. Tidak hanya itu, jamu beras kencur juga dipercaya membuat air susu tidak hambar dan membuat bayi merasa lebih hangat. 

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet

Manfaat jamu beras kencur yang terakhir yaitu mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Hal ini karena kencur memiliki senyawa etil parametoksisinamat yang sering digunakan dalam produk kosmetik untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. 

Cara Membuat Beras Kencur

Bagaimana, menarik bukan? Lalu bagaimana cara membuat jamu beras kencur? Apabila Anda ingin membuat jamu beras kencur, maka simak cara membuat di bawah ini. 

  1. Menyiapkan bahan

Hal yang paling pertama dalam membuat jamu beras kencur yaitu menyiapkan bahan-bahan. Bahan yang diperlukan cukup mudah untuk ditemukan yaitu.

  • 50 gram beras,

  • air secukupnya, 

  • 100 gram kencur, 

  • 5 sendok makan gula pasir, 

  • 3 ruas jahe,

  • 75 gram gula merah. 

  1. Mengolah bahan

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan, kemudian bahan-bahan tersebut perlu diolah. Pertama-tama cuci bersih beras dan rendamlah selama 1 jam atau hingga lunak. Sembari menunggu beras lunak, rebusan air dan masukkan kencur, gula jawa, gula pasir, dan jahe hingga mendidih. Apabila beras telah lunak, maka blenderlah hingga hancur dan lembut, setelah itu tuangkan ke dalam air rebusan yang telah dibuat sebelumnya. 

  1. Menyajikan beras kencur

Setelah mengolah bahan tersebut, hal yang terakhir yaitu penyajian. Pada saat Anda ingin meminum jamu yang telah dibuat, saringlah terlebih dahulu dan sajikan dalam gelas. Selain itu Anda juga bisa menyimpannya dalam botol dan dimasukkan dalam kulkas. Pada saat ingin dikonsumsi barulah dihangatkan kembali. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan juga cara membuat jamu beras kencur. Walaupun memiliki banyak manfaat, tetaplah untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena belum diketahui dosis aman konsumsi jamu beras kencur dan juga sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber: 

Kencur: The Wonderful Herb with Many Benefits (2020) 

Latifah, Nurjannah. Uji Aktivitas Jamu Gendong Beras Kencur (Oryza Sativa L.; Kaempferia Galanga L.) Sebagai Antidiabetes Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar Yang Diinduksi Streptozotocin (2014) 

Azzahra, Dhiya Awlia. Resep Jamu Beras Kencur yang Segar dan Kaya Manfaat, Begini Caranya. (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi