Bantuan

Jangan Disepelekan! Kenali Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Jangan Disepelekan! Kenali Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Tahukah Anda apa saja penyebab sakit perut bagian tengah? Kondisi sakit perut sejatinya cukup beragam, bisa terasa pada bagian bawah, terasa pada bagian atas perut, hingga pada bagian tengah. Untuk sakit perut bagian tengah sejatinya dapat dipicu oleh berbagai hal, termasuk gangguan pencernaan.

Nyeri yang ditimbulkan akibat sakit perut ini sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui beberapa penyebab sakit perut bagian tengah, untuk dapat menghindarinya. 

Baca Juga: Sering Merasa Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Mengingat letaknya yang berada di tengah, kondisi sakit perut yang satu ini mungkin dapat mengindikasikan ada permasalahan pada sistem pencernaan, maupun beberapa organ di sekitarnya, seperti jantung, ginjal, atau bahkan paru-paru. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit perut bagian tengah yang perlu Anda ketahui.

  1. GERD

Penyebab sakit perut bagian tengah yang pertama adalah GERD atau penyakit Gastroesophageal Refluks. Sakit perut bagian atas yang disebabkan oleh GERD ini juga dapat memicu gejala lainnya seperti heartburn atau sensasi seperti rasa terbakar yang terasa dari bagian perut tengah, menjalar ke dada hingga leher.

Dalam hal ini, sakit perut dipicu oleh adanya pergerakan gas dari lambung menuju kerongkongan. GERD sendiri dapat disebabkan oleh berat badan yang berlebih, kebiasaan rebahan segera setelah makan, kondisi batuk yang cukup kronis, hingga pernah mengalami riwayat asam lambung. 

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

  1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Berbeda dengan GERD yang lebih dominan terasa nyerinya pada perut bagian tengah atas, IBS atau sindrom iritasi usus besar ini lebih banyak terasa pada perut bagian tengah bawah. Bahkan, pada kasus yang lebih parah, gejala sakit perut dapat terasa hingga ke seluruh bagian perut. 

Selain sakit perut, sindrom IBS juga kerap diikuti dengan gejala lainnya yang erat kaitannya dengan perut kembung, sembelit, perut kram, dan diare. Pada umumnya, gejala-gejala ini akan terasa dan cenderung memburuk ketika selesai makan. 

  1. Pankreatitis

Kondisi sakit perut bagian bawah ternyata juga dapat dipicu oleh radang pada organ pankreas, atau yang biasa dikenal dengan sebutan pankreatitis. Peradangan pada organ ini umumnya terjadi ketika enzim pencernaan aktif dan mengiritasi sel-sel pada saat masih berada di pankreas. 

Adapun gejala yang ditimbulkan akibat peradangan ini di antaranya adalah nyeri sakit perut bagian tengah, yang juga dapat menjalar ke bagian kiri atas dari perut. Apabila tidak segera ditangani, rasa sakit perut yang terasa dapat menjadi lebih buruk seiring dengan berjalannya hari, dan bahkan menyebar ke area bahu, dan punggung. 

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Ini

  1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih menjadi penyebab sakit perut bagian tengah berikutnya yang perlu Anda waspadai, terutama bagi para ibu hamil yang lebih berisiko mengalaminya. Disebabkan oleh bakteri, ISK ini dapat membahayakan kesehatan ibu hamil serta kandungan. 

Gejala sakit perut akibat ISK dapat dirasakan ketika pasien tengah melakukan buang air kecil. Selain itu, akan timbul pula gejala lainnya seperti kram pada area di sekitar panggul, hingga bau, dan warna urin yang mengalami perubahan. 

  1. Radang Usus Buntu

Sebagaimana namanya, radang usus buntu sejatinya merupakan peradangan yang terjadi pada bagian apendiks atau biasa disebut juga sebagai usus buntu. Radang usus buntu pada umumnya terjadi akibat penumpukan bakteri yang pada akhirnya memicu terjadi pembengkakan hingga rasa sakit perut bagian tengah. 

Pada fase awal, sakit perut bagian tengah menjadi gejala utama yang dapat dirasakan oleh penderitanya. Adapun beberapa gejala lainnya yang dapat menyertai yakni mual dan muntah, hingga kondisi nafsu makan yang menurun.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai penyebab sakit perut bagian tengah yang perlu Anda ketahui. Sakit perut sejatinya merupakan gejala yang bersifat ringan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat. Namun, apabila gejala yang Anda rasakan tak kunjung hilang atau bahkan justru bertambah parah dan diiringi dengan gejala serius dan tak wajar lainnya, maka mencari pertolongan medis merupakan hal yang harus segera dilakukan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Manuelpillai, Chandra. 2021. Pain Below the Ribs. https://www.buoyhealth.com/learn/pain-below-the-ribs
  2. NHS. Stomach ache. https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ache/
  3. Khan, April. 2021. What’s Causing Your Abdominal Pain and How to Treat It. https://www.healthline.com/health/abdominal-pain
Bagikan artikel ini