Bantuan
Free Tele x

Jangan Dilakukan, Ini Bahaya Habis Makan Langsung Tidur

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Jangan Dilakukan, Ini Bahaya Habis Makan Langsung Tidur

Apakah Anda tahu apa bahaya habis makan langsung tidur? Mungkin banyak di antara Anda yang habis makan langsung tidur. Namun, sebaiknya hal ini mulailah untuk tidak dilakukan. Hal ini karena, tubuh memerlukan waktu untuk mengolah makanan yang Anda makan dalam sistem pencernaaan.

Oleh karena itu, kebiasaan habis makan langsung tidur dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Lantas, apa saja bahaya yang ditimbulkan dari habis makan langsung tidur? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Bahaya Habis Makan Langsung Tidur

  1. Menyebabkan Stroke

Bahaya habis makan langsung tidur yang pertama yaitu dapat menyebabkan stroke. Hal ini karena, apabila Anda tidur setelah makan, maka sistem pencernaan akan susah untuk mencerna makanan. Hal ini kemudian membuat lambung membutuhkan asupan darah dalam jumlah yang banyak untuk memperlancar kerjanya. Pada sisi lain, otak juga membutuhkan darah yang stabil agar tidak kekurangan oksigen. Apabila hal ini terjadi berulang kali dan dalam jangka panjang, maka otak dapat mengalami stroke. 

  1. Menyebabkan Asam Lambung Naik

Bahaya habis makan langsung tidur yang selanjutnya yaitu menyebabkan naiknya asam lambung atau sering disebut dengan heartburn. Apabila asam lambung naik ke tenggorokan, Anda akan merasakan rasa yang tidak nyaman seperti nyeri dan panas pada ulu hati. Hal ini terjadi karena, ketika Anda berbaring setelah makan, asam lambung dapat mengalir naik kembali ke kerongkongan. Apabila Anda memiliki masalah dengan asam lambung, maka gangguan ini akan lebih sering terjadi. 

  1. Menambah Berat Badan

Menambahnya berat badan merupakan salah satu efek yang terjadi apabila Anda langsung tidur setelah makan. Hal ini karena, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk membakar kalori yang berasal dari makanan yang Anda makan. Kalori yang tidak terbakar tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan menjadi timbunan lemak.

Selain itu, makan di waktu yang mendekat istirahat atau malam hari dapat membuat Anda kenyang di esok harinya. Sehingga ketika siang hari Anda akan merasa lapar dan memiliki nafsu makan yang berlebih.

Baca Juga: Ingin Gemuk? Wajib Tahu Makanan Penambah Berat Badan Ini

  1. Mengganggu Kualitas Tidur

Bahaya yang ditimbulkan tidur habis makan yaitu mengganggu kualitas tidur pada malam hari. Sebagai contoh, ketika Anda mengonsumsi makanan yang berlemak ataupun berat, maka dapat menyebabkan kembung dan juga sakit perut yang akhirnya membuat tidur Anda tidak nyaman dan sering ganti posisi.

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan terjadinya heartburn yang membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Tidak hanya itu, makan yang terlalu banyak sebelum tidur juga dapat menyebabkan sleep apnea atau kondisi ketika nafas terhenti beberapa saat. 

  1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Habis makan langsung tidur juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Normalnya dua jam setelah makan lambung akan kosong karena sisa makanan telah berpindah ke usus untuk menjadi feses. Akan tetapi, ketika Anda tidur setelah makan, maka proses pencernaan akan berjalan lambat dan makanan akan terlalu lama berdiam diri di perut. Timbunan makanan pada perut yang tidak dicerna ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. 

  1. Menyebabkan Masalah Paru-Paru

Tidak hanya menyebabkan masalah pada pencernaan,  langsung tidur setelah makan juga dapat menyebabkan terjadinya masalah pada paru-paru. Apabila Anda sebelumnya telah memiliki penyakit maag dan juga tukak lambung, maka dapat terjadi kemungkinan asam lambung akan berbalik arah karena posisi tidur yang tidak tepat menuju saluran pernapasan manusia. Apabila hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan peradangan dan juga kerusakan paru-paru dan juga kotak suara. 

Aturan Setelah Makan

Untuk mencegah berbagai bahaya yang telah dijelaskan di atas, maka sebaiknya Anda memberikan jeda selama 2-3 jam setelah Anda makan untuk berbaring. Hal ini karena, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna berbagai makanan yang telah Anda makan. Selain itu, sebelum istirahat di malam hari, sebaiknya Anda makan 3 jam sebelum waktunya tidur. 

Nah, itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari habis makan langsung tidur. Apabila Anda memiliki berbagai keluhan kesehatan, Anda sebaiknya segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

 

Sumber:

1. Health Beat. Is it Bad to Sleep After a Meal? (2015).

2. Peters, Brandon. How Long to Wait Before Sleeping After Eating. (2020).

Bagikan artikel ini