Bantuan
Free Tele x

Jangan dibiasakan! Berikut Ini Efek Begadang Bagi Wanita

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Jangan dibiasakan! Berikut Ini Efek Begadang Bagi Wanita

Bagi Anda yang sering melewati malam dengan terjaga, waspadai efek begadang bagi wanita yang mengintai. Ada berbagai alasan yang mengharuskan seseorang untuk begadang, baik untuk belajar karena menghadapi ujian, bekerja larut malam untuk mengejar tenggang waktu pekerjaan, atau sekedar berbincang-bincang dengan teman. 

Meskipun begitu, apapun alasan yang Anda kemukakan, bahaya dari begadang bagi wanita ini tidak akan memandang alasan-alasan tersebut. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui efek begadang bagi wanita berikut ini agar lebih dalam lagi mempertimbangkan jika harus begadang atau tidak.

Efek Begadang Bagi Wanita

Tidak hanya membuat Anda merasakan kantuk berlebihan, lesu dan mudah lelah, serta lebih sensitif secara emosional keesokan harinya, begadang ternyata memiliki dampak negatif lainnya. Adapun beberapa efek begadang bagi wanita yang tidak baik bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membuat kulit tampak lebih tua

Ketika Anda begadang atau kekurangan tidur, tubuh akan melepaskan hormon stres (hormon kortisol) dalam jumlah yang banyak. Hormon stres ini, nantinya akan memecah kolagen yang sebenarnya memiliki peranan penting dalam menjaga kulit tampak lebih kencang dan juga elastis. Selain itu, begadang juga akan membuat kulit Anda terlihat lebih kusam dan pucat, hingga menimbulkan garis-garis penuaan di wajah apabila dibiarkan terus-menerus menjadi kebiasaan jangka panjang. 

  1. Menyebabkan obesitas

Bagi yang sering begadang, mungkin sudah familier dengan tingginya keinginan untuk nyemil di tengah malam saat sedang begadang. Biasanya, makanan yang dikonsumsi selama begadang ini adalah makanan dengan kalori yang tinggi, dalam porsi yang tidak sedikit. Pada akhirnya, risiko obesitas sudah tidak bisa dihindari lagi. Selain itu, sudah banyak penelitian yang membenarkan hal ini, bahwa risiko obesitas ini menjadi semakin besar pada mereka yang tidur kurang dari 7 jam sehari, dibandingkan mereka yang aktivitas tidurnya tercukupi. Dengan begitu, bagi Anda yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya hindari kebiasaan begadang karena justru hanya akan menambah berat badan Anda.

  1. Meningkatkan stres hingga menyebabkan depresi

Selain dapat meningkatkan berat badan dan juga membuat kulit tampak lebih tua, efek begadang bagi wanita lainnya adalah mampu meningkatkan stres hingga menyebabkan depresi. Hal ini karena begadang dapat memotong jam tidur Anda, mengganggu aktivitas keesokan harinya, hingga pada akhirnya bisa menyebabkan Anda tertekan, stres, dan bahkan depresi. Hal ini didukung pula oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kebanyakan pasien yang didiagnosis menderita depresi adalah mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Pada akhirnya, begadang juga akan membuat Anda menderita insomnia, yang dalam hal ini erat kaitannya dengan depresi.

  1. Menurunkan gairah seks

Efek begadang bagi wanita yang telah menikah adalah dapat menurunkan gairah seks atau libido. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan begadang atau kurang tidur, tubuh Anda bisa menjadi lebih lelah, lesu, tidak berenergi, tubuh menjadi lebih tegang, yang pada akhirnya menjadikan minat untuk melakukan hubungan seksual juga semakin berkurang. Untuk itu, segera hentikan kebiasaan begadang Anda jika tidak ingin suami kecewa, ya.

  1. Menurunkan daya ingat

Selain bagi kecantikan, efek begadang bagi wanita juga berhubungan dengan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat. Akibatnya, Anda akan mudah menjadi pelupa. Penurunan daya ingat akibat begadang ini pada dasarnya terjadi akibat tubuh melewati waktu tidur, di mana otak biasanya melakukan proses regenerasi sel. Proses regenerasi sel ini, jika dilewatkan akan membuat ingatan semakin melemah, dan juga akan menyebabkan memori berpindah pada bagian penyimpanan jangka panjang. Selain itu, begadang juga akan membuat Anda mudah merasakan kantuk, sehingga pada akhirnya akan membuat Anda lebih sulit dalam berkonsentrasi ketika bekerja, dan membuat Anda menjadi lebih sering lupa akan segala sesuatu.

Demikianlah efek begadang untuk wanita yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui efek negatif yang ditimbulkan dari begadang ini, sebaiknya Anda memikirkan kembali keputusan untuk begadang dan mempertimbangkan untuk memulai pola hidup sehat, dengan istirahat yang terjaga.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

MacMillan, Amanda. 2018. 13 Ways Being a Night Owl Could Hurt Your Health. 

Whiteman, Honor. 2018. Staying up all night harms women’s working memory. 

Foley, Logan. 2021. Women and Sleep.

Bagikan artikel ini