Jangan Asal Pilih, Ini Bahaya Cream Pemutih Yang Siap Menanti Anda!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Jangan Asal Pilih, Inilah Bahaya Cream Pemutih!

Ternyata tersimpan bahaya cream pemutih yang menunggu anda, lho! Saat ini memiliki kulit putih masih menjadi standar kecantikan sebagian orang. Padahal, memiliki kulit yang berwarna lebih gelap bukan masalah.

Sehingga banyak produk yang memiliki klaim dapat memutihkan kulit, tak hanya produk namun banyak juga perawatan yang menawarkan untuk memutihkan kulit. Banyaknya produk cream pemutih di pasaran, membuat anda harus lebih ekstra hati-hati.

Anda harus memperhatikan kandungan bahan, tanggal kadaluarsa, sampai ijin Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lalu seperti apa bahaya cream pemutih untuk kulit?

Bahaya Cream Pemutih

Beberapa efek samping yang bisa terjadi saat menggunakan cream pemutih adalah seperti kemerahan dan bengkak atau terjadinya iritasi dan peradangan kulit, kulit gatal, dan sensasi terbakar atau menyengat. Mengapa hal ini terjadi? Terdapat kemungkinan bahwa kandungan bahan cream tersebut tidak aman untuk kulit.

Kandungan seperti hidrokuinon, merkuri, dan kortikosteroid dalam cream pemutih dapat menyebabkan kulit menjadi gelap atau terlalu terang, terlihat pembuluh darah di kulit, kerusakan ginjal atau hati, dan kelainan pada bayi baru lahir, apabila digunakan selama masa kehamilan. 

Untuk menghindari bahaya cream pemutih, sebaiknya anda memilih produk yang direkomendasikan oleh dokter. Hal ini penting, untuk terhindar dari risiko-risiko yang merugikan kondisi kulit anda. Jika anda mendapatkan resep cream oleh dokter, maka dokter tersebut harus memberi tahu bagaimana risiko yang akan terjadi, serta seberapa umum risiko tersebut terjadi. 

Dikatakan bahwa pengguna cream pemutih, memiliki banyak keluhan seperti iritasi atau efek putih yang hilang. Tak hanya, adanya bahan steroid juga dapat menyebabkan kulit berjerawat, adanya luka sehingga adanya luka terbuka, dan kemerahan yang rasa sakitnya parah. Ada lagi, bahan hydroquinone yang dapat menyebabkan kelainan dimana kulit terlihat hitam dan biru. Kondisi ini sulit untuk diobati, dan dapat membuat perubahan warna secara permanen pada kulit.

Baca Juga: Bahaya Kontaminasi Logam Berat dalam Kosmetik

Hindari Cream Pemutih yang Mengandung Merkuri!

Banyak produk pemutih kulit alternatif yang bisa dibeli secara online, atau di toko tanpa resep dokter. Pastikan anda memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam produk, sebelum membelinya. Hindari membeli produk pemutih, jika di dalamnya terkandung merkuri, kortikosteroid, dan hidrokuinon, atau jika tidak ada tercantum bahan-bahan. Hal ini karena ketiga bahan tersebut, dapat menyebabkan bahaya cream pemutih yang serius jika digunakan secara tidak benar.

Merkuri menjadi bahan yang berbahaya karena dapat menyebabkan gejala seperti kesemutan, pusing, pelupa, sakit kepala, dan depresi. Tak sampai disitu, bahaya cream pemutih jika mengandung merkuri adalah kelemahan otot, kebingungan, kesulitan bernapas, perubahan penglihatan, dan kesulitan berjalan. Sehingga segera membutuhkan penangan medis. 

Kandungan merkuri jika digunakan dari waktu ke waktu, juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Pengguna produk pemutih atau pencerah kulit, telah didiagnosis menderita sindrom nefrotik setelah penggunaan produk berbulan-bulan. Sindrom nefrotik merupakan gangguan ginjal yang menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein dalam urin. Gejala sindrom ini adalah pembengkakan parah dan retensi cairan, kelelahan, urin berbusa, dan kehilangan nafsu makan. Namun, jangan khawatir sindrom nefrotik dapat diobati apabila penggunaan produk yang menggunakan merkuri berhenti. 

Cream pemutih yang mengandung bahan terlarang, sangatlah berbahaya, dapat merusak kesehatan anda secara serius, dapat melukai, bahkan sampai membunuh anda. Sehingga penting untuk menghindari produk pemutih dengan cara apapun. Anda harus selalu memeriksa bahan cream pemutih dan curiga dengan harga yang rendah, karena bisa jadi itu mengindikasikan cream palsu yang berpotensi bahaya. Tak hanya bahan berbahaya, cream yang tidak memiliki keterangan bahan kandungan pun harus anda hindari. 

Perlu anda ingat lagi, empat bahan yang dapat menjadi penyebab bahaya cream pemutih adalah merkuri, hidrokuinon, asam retinoat, dan resorsinol. Beberapa cara untuk mengenal cream pemutih yang berbahaya adalah dijual dengan harga murah, mudah diakses secara online. Anda dapat lebih cermat memilih produk dengan melihat kemasan, perhatikan label, perhatikan ijin edar dan notifikasi, cek kadaluarsa, serta baca bagaimana cara penggunaan produk tersebut.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Pewangi Dalam Kosmetik

 

Referensi: 

1. https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/skin-lightening/

2. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-48863529.amp

3. https://www.bbc.com/news/health-49851669.amp

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi