Bantuan

Jalan Kaki untuk Cegah Kematian Dini

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 14 Aug 2020

Bagikan

Jalan Kaki untuk Cegah Kematian Dini

Apakah Anda ingin menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung? Jika selama ini Anda tidak rutin olahraga, berjalan 4.000 langkah per hari dapat membantu, bahkan jika Anda berjalan dengan lambat. Keren, kan?

Sebuah studi yang disebar ke 4.840 warga Amerika berusia 40 tahun ke atas menunjukkan semakin banyak langkah, semakin kecil risiko mereka meninggal selama 10 tahun yang akan datang.

Bahkan, jika orang yang berjalan 8.000 langkah sehari dibandingkan dengan orang yang berjalan 4.000 langkah sehari, risiko kematian akibat penyebab apapun 2 kali lebih kecil, lho! Penemuan ini baru saja dirilis pada 24-31 Maret, 2020, pada isu JAMA.

Pada umumnya, orang-orang berjalan sekitar 3.000-4.000 langkah sehari tanpa aktivitas fisik tertentu. Namun, jika Anda menambah 4.000 langkah lagi sehingga total langkah per hari adalah 8.000 langkah secara rutin, perbedaan yang dramatis tersebut dapat menentukan apakah Anda masih hidup atau tidak pada satu dekade berikutnya.

Apakah perlu dihitung?

Sebagian orang gemar memasang alat yang dapat mengukur jumlah langkah (activity tracker) atau pedometer, yang biasa didapatkan pada fitur ponsel pintar maupun jam tangan pintar.

Namun, sebagian lainnya merasa bahwa hal tersebut tidak diperlukan. Hal yang baik untuk dilakukan adalah memperhatikan durasi berjalan kira-kira 4.000 langkah dapat ditempuh dalam 40 menit, dan 8.000 langkah ditempuh dalam 80 menit.

Apakah ada tantangan tertentu sebelum memulai jalan kaki?

Salah satu tantangan terbesar yang harus Anda lewati adalah motivasi diri Anda sendiri. Jika Anda tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik rutin, Anda harus menguatkan motivasi Anda untuk mulai melangkah.

Karena mencegah penyakit jantung dan mencegah kematian dini terasa abstrak dan masih jangka panjang, Anda dapat berfokus pada manfaat jangka pendek yang dapat diraih dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan kecemasan dan stress kegiatan ini juga mendorong Anda untuk pergi keluar rumah secara rutin dan mencari inspirasi dari dunia luar.

Bagaimana cara membuat aktivitas jalan kaki lebih menyenangkan?

Beberapa tips yang dapat kami tawarkan agar aktivitas jalan kaki Anda lebih mengasyikkan adalah:

1. Gunakan sepasang sepatu yang nyaman

Jangan lupa untuk menggunakan sepasang sepatu yang nyaman, dapat menunjang banyak langkah, serta fleksibel untuk pergerakan kaki Anda. Pilih sepatu dengan atasan yang berbahan breathable, seperti nylon mesh.

2. Pakai pakaian yang nyaman dan aman

Pilih pakaian Anda yang nyaman, menyerap keringat, dan aman pakaian dengan warna-warna terang, mencolok, dan ketat dapat berpotensi menurunkan keamanan Anda saat berjalan kaki.

3. Cari tempat yang aman untuk berjalan kaki

Jalanan yang sepi dengan trotoar yang besar, jalur trek taman, trek atletis di sekolah atau universitas, ataupun pusat perbelanjaan yang besar dapat menjadi pilihan tempat untuk berjalan kaki.

4. Lakukan pemanasan dan pendinginan selama lima menit

Mulai jalan kaki dengan tempo yang lebih lambat terlebih dahulu untuk pemanasan, baru tingkatkan secara bertahap. Ketika akan berhenti, pelankan tempo langkah Anda sebagai upaya pendinginan.

Yuk, jalan kaki untuk memperpanjang umur Anda dan memperkecil risiko kematian dini!

 

Referensi:

Step up your walking game [Internet]. Harvard: Harvard Heart Letter; 2020 Jul [cited 2020 Jul]. Available from: health.harvard.edu/heart-health/step-up-your-walking-game

Bagikan artikel ini