Bantuan

Isoman Kemenkes: Telemedicine dan Paket Obat Covid-19 Gratis

Ditinjau oleh dr. Yonathan Heru Suhalim • 04 Feb 2022

Bagikan

Isoman Kemenkes: Telemedicine dan Paket Obat Covid-19 Gratis

ISOMAN GRATIS - Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan aido health dalam program Telemedicine dan pemberian paket obat ISOMAN gratis.

Orang yang dalam status positif covid-19 biasanya harus menjalani masa karantina dan prosedur perawatan mandiri. Dalam hal ini tentunya tidak mudah bagi pasien.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pasien positif covid-19, Kemenkes dan aido health menyediakan layanan telekonsultasi dokter gratis dan pemberian resep paket obat ISOMAN gratis untuk pasien, khususnya yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapat jika menggunakan aido health, antara lain:

  1. Kamu berkesempatan mendapatkan TES ANTIGEN GRATIS lho. Ini syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Kamu juga akan mendapatkan TELEMEDICINE GRATIS dengan dokter berpengalaman sebanyak 14 kali.

Bagaimana Mendapatkan Program Obat ISOMAN Gratis Ini?

Berikut ini panduan untuk mendapatkan konsultasi dokter gratis di Aplikasi aido health & Program Paket Obat Gratis Dari Kemenkes RI khusus untuk Pasien COVID-19 Tanpa Gejala dan Pasien Gejala Ringan:

  1. Pasien lakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tes positif kemudian lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), lalu pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Pasien juga dapat memeriksa apakah NIK sudah terdaftar di isoman.kemkes.go.id/panduan.

  2. Klik link aido yang ada di whats app atau kliklink berikut ini:  https://bit.ly/isomangratis untuk disambungkan pada tim support aido.

  3. Tim support aido akan membantu kamu untuk bisa mendapatkan konsultasi isoman gratis.

  4. Download aplikasi aido health Via Google Play atau App Store. Kamu bisa masuk ke halaman pertama tanpa daftar terlebih dahulu.

  5. Klik fitur “tanya dokter aja” lalu pilih Tim dokter sehat dan pilih jadwal yang tersedia.

  6. Isi data kamu dan klik “pesan konsultasi. Link akan dikirim di aplikasi dan ke whats app kamu.

  7. Klik link sesuai jadwal untuk melakukan konsultasi online video call.

  8. Setelah melakukan konsultasi secara menyeluruh, Dokter akan memberikan resep Paket Obat ISOMAN Gratis dari Kemenkes RI sesuai kondisi pasien.

  9. Upload foto resep di https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat , isi NIK dan penyedia layanan telemedicine lalu submit.

  10. Kemenkes akan mengirimkan obat ke rumah kamu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Omicron, Varian Baru Virus Covid-19

Apa Saja Paket Obat ISOMAN yang Disediakan oleh Kemenkes RI?

Kementerian Kesehatan menyediakan beberapa jenis obat gratis untuk pasien covid-19. Obat-obatan dari Kemenkes akan terbagi menjadi 2 paket, yaitu paket A dan paket B. Berikut ini adalah jenis obat gratis dari Kemenkes: 

Paket 1

Program obat ISOMAN gratis paket A diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Jenis obat yang diberikan berupa multivitamin (C, B, E, Zinc), Vitamin C, dan Vitamin D.

Paket 2

Program obat ISOMAN gratis paket B diperuntukkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan. Jenis obat yang diberikan meliputi:

Paket 2A

  • Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E,  dan zinc)

  • Favipiravir

  • Paracetamol 

Paket 2B

  • Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E,  dan zinc)

  • Molnupiravir

  • Paracetamol 

Jika dibutuhkan obat-obatan lain di luar paket obat ISOMAN gratis yang tertera di atas, pasien dapat menebusnya secara mandiri.

Baca Juga: S&K Voucher Tes Antigen Gratis Saat Isoman dari aido health

Bagaimana Ketentuan dan Tata Cara Penebusan Paket Obat Gratis Kemenkes RI?

Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Jika dari hasil konsultasi, pasien dinyatakan bergejala sedang atau berat oleh dokter, pasien tidak dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri dan akan diarahkan ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

isoman.kemkes.go.id

Bagikan artikel ini