Bantuan

Inilah Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat, Wajib Simak!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Mar 2022

Bagikan

skincare kulit berjerawat

Tentu saja urutan skincare malam untuk kulit berjerawat sangat memengaruhi kesehatan kulit wajah. Sesudah Anda melakukan aktivitas yang padat dari pagi sampai sore hari, maka wajah Anda membutuhkan perawatan. Di mana hal ini dilakukan agar kulit wajah Anda menjadi lebih tenang dan segar di pagi harinya. Wajah yang segar dan sehat di pagi tentu menjadi keinginan setiap orang, termasuk Anda. Namun, Anda perlu ketahui bahwa skincare malam untuk kulit berjerawat dan tidak tentu akan berbeda. Akan tetapi, untuk rangkaiannya sebenarnya hampir sama saja, yang membedakannya hanyalah kandungan pada skincare yang digunakan. 

Perawatan Skincare Malam Hari 

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, dapat melakukan beberapa urutan skincare malam untuk kulit berjerawat dibawah ini: 

  1. Make up remover 

Salah satu skincare yang paling penting untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat yakni make up remover. Sangat penting untuk Anda membersihkan wajah menggunakan produk skincare seperti make up remover. Penggunaan produk skincare satu ini akan mencegah dampak negatif dari make up yang Anda gunakan. 

  1. Cleanser atau pembersih wajah

Jika Anda sudah menggunakan make up remover, maka selanjutnya Anda harus membersihkan wajah dengan pembersih wajah. Anda dapat membersihkan wajah dengan maksimal menggunakan cleansing milk atau cleansing oil. Tentu saja Anda harus menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit berjerawat. Selanjutnya, Anda dapat mencuci wajah menggunakan sabun pembersih yang mana harus disesuaikan juga dengan kulit berjerawat. Pastikan bahwa kulit wajah benar-benar bersih. 

  1. Eksfoliasi

Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat akan lengkap dengan menggunakan scrub atau eksfoliasi. Di mana scrub atau eksfoliasi wajah memiliki fungsi dalam mengangkat sel kulit mati di wajah. Anda perlu tahu bahwa melakukan scrub wajah ini tidak bisa dilakukan setiap hari. Gunakan scrub wajah dalam satu sampai dua kali dalam satu minggu saja. 

  1. Toner

Anda dapat menggunakan produk toner sebagai urutan skincare malam untuk kulit berjerawat. Sama halnya dengan rangkaian skincare di pagi hari, toner juga dapat Anda gunakan sesudah mencuci wajah. Tentu saja menggunakan sabun pembersih yang mana menjadi tahap penting untuk skincare di malam hari, terutama untuk Anda yang memiliki kulit wajah yang berjerawat. 

  1. Essence atau serum wajah

Penggunaan serum wajah ini dilakukan ketika toner sudah diaplikasikan. Sebenarnya baik essence dan serum wajah mempunyai fungsi yang serupa, yaitu menghaluskan dan juga melembabkan kulit wajah. Jika serum wajah telah meresap sempurna ke kulir wajah Anda, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan. 

  1. Eye Cream

Krim mata menjadi salah satu produk perawatan kulit wajah yang sangat penting, terutama dalam pemaikaian di malam hari. Namun, sebenarnya produk skincare satu ini tidak harus dilakukan untuk Anda yang mengalami masalah jerawat. Di mana eye cream lebih diutamakan untuk mereka yang mempunyai masalah kerutan di mata, mata panda, dan juga kantung mata. 

Anda dapat memilih eye cream yang mana mempunyai kandungan konsentrat cukup tinggi, yakni seperti peptida dan antioksidan. Mengaplikasikan produk eye cream sangatlah mudah, yakni dengan mengoleskannya ke bagian kulit bawah mata dengan perlahan. 

  1. Krim malam dan masker tidur

Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat semakin lengkap dengan menggunakan krim malam. Di mana krim malam ini memiliki fungsi untuk mengganti pelembab yang biasa Anda gunakan di pagi hari. Produk skincare satu ini umumnya mempunyai kandungan dan fungsi yang berbeda atau khusus. Beberapa diantaranya adalah seperti memudarkan noda hitam, menyamarkan kerutan, serta melembabkan kulit wajah Anda, sedangkan untuk masker tidur menjadi tahapan yang opsional, namun jika digunakan akan memberikan efek baik untuk kesehatan kulit wajah. 

Perlu Anda perhatikan bahwa rangkaian skincare harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jangan pernah menggunakan skincare karena produknya yang sedang booming, penting untuk Anda memerhatikan kandungan yang ada dalam produk skincare tersebut. Lalu kemudian menyesuaikannya dengan jenis dan juga kebutuhan kulit wajah Anda. Tidak semua orang juga cocok dengan urutan skincare seperti diatas. Oleh karena itu, sesuaikan lagi dengan kebutuhan kulit Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Penggunaan Toner Penting? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#overview

https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-201806121402

https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1

https://www.health.com/beauty/what-is-an-essence

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang