Bantuan

Inilah Jenis dan Cara Minum Kopi yang Aman untuk Lambung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

cara minum kopi aman

Ini kopi yang aman untuk lambung dan cara mengonsumsinya yang benar. Untuk Anda yang memiliki masalah lambung seperti maag, maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Tak hanya itu, asupan kafein yang berlebihan bisa juga menyebabkan iritasi dinding lambung serta melonggarkan otot kerongkongan. Jika dua hal ini terjadi maka dapat membuat gejala maag menjadi mudah kambuh. 

Jenis Kopi yang Aman untuk Lambung 

Namun, untuk penderita masalah lambung dan pecinta kopi tenang saja, karena ada jenis kopi yang aman untuk dikonsumsi. Anda dapat memilih jenis kopi yang tidak asam, yang mana tidak semua kopi itu sama. Bergantung dari cara pengolahan, terdapat biji kopi yang memiliki kandungan lebih sedikit kafein. Serta memiliki rasa yang tidak terlalu asam, sehingga aman untuk lambung. Semakin lama biji kopi dipanggang, maka rasanya akan semakin asam. Tak hanya itu, warnanya juga akan semakin hitam dan kandungan kafein akan semakin tinggi. 

Inilah yang membuat Anda sebaiknya memilih jenis kopi arabika, yang mana memiliki rasa lembut dan sedikit manis. Kopi arabika memiliki kandungan kafein sekitar 1,2 persen dibandingkan dengan jenis kopi robusta, Dimana kopi robusta memiliki kandungan 2,2 persen kafein. Adakah pilihan kopi selain arabika? Tentu saja ada, Anda dapat mencoba kopi biji arabika yang mana diolah menggunakan teknik cold brew. Teknik ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat, namun rasanya akan terasa lebih manis dan kafeinnya pun rendah. 

Untuk tingkat keasaman kopi dengan teknik cold brew lebih tinggi yakni pH 6,31, daripada kopi hitam yang diseduh menggunakan air panas denga pH 5,48. Apabila Anda lebih menyukai kopi panas, maka pilihlah teknik seduhan dark roast dan juga fermentasi. Dua jenis kopi ini mempunyai kandungan senyawa yang lebih aman, sehingga tidak terlalu memiliki risiko untuk meningkatkan asam lambung. 

Cara Minum Kopi yang Aman untuk Lambung

Untuk Anda yang gemar minum kopi namun memiliki masalah lambung, maka ada cara khusus untuk mengonsumsi kopi. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Membatasi Asupan Kopi

Saat asupan kafein dalam tubuh Anda sudah terlalu tinggi, maka otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan akan menjadi lebih rileks. Saat kondisi seperti ini terjadi, maka akan mengakibatkan asam lambung menjadi naik ke kerongkongan. 

  1. Menghindari Kopi Kemasan atau Sachet

Cara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jenis kopi yang baik untuk Anda yang mengalami masalah lambung, Anda sangat disarankan untuk menghindari jenis kopi kemasan atau sachet, yang dianggap lebih banyak mengandung gula dan grade kopi yang tidak terlalu baik atau tidak bagus. 

  1. Kopi dibarengi Biskuit

Minum kopi sambil mengonsumsi biskuit menjadi cara untuk penderita masalah lambung dalam mengonsumsi kopi. Untuk sebagian orang, mungkin kebiasaan meminum kopi di pagi hari adalah hal yang tidak mungkin dilewatkan. Tetapi, sering kali perut yang kosong lalu langsung minum kopi akan memicu asam lambung kambuh. Kiat lain untuk mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan menetralisir asam kopi. Dengan kiat seperti ini, maka kopi akan lebih “ramah” ketika masuk ke dalam lambung. 

  1. Membatasi Porsi

Untuk penderita maag, maka sudah sebaiknya membatasi minum kopi. Disarankan untuk maksimal mengonsumsi kopi satu cangkir saja dalam satu hari. Apabila lebih dari satu cangkir, dicemaskan asam lambung akan naik. Sehingga, akan mengakibatkan maag menjadi kambuh. Menjadi lebih baik lagi, jika Anda menggunakan cangkir khusus atau gelas dengan ukuran yang kecil. Jangan mengorbankan lambung Anda untuk kesenangan atau kepuasan sementara minum kopi. Terlebih jika Anda sampai menghabiskan kopi secara berlebihan. 

Sebaik apapun Anda menyiasati konsumsi kopi, pakar kesehatan menyarankan untuk penderita gangguan lambung atau maag untuk mengonsumsi kopi. Hal ini dikarenakan gejala maag dapat kambuh kapan saja setiap Anda mengonsumsi kopi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter ahli jika Anda ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berhati-Hatilah, Ini Dampak Kebanyakan Minum Kopi yang Mengintai Anda

Referensi

Very Well Family

Medical News Today

Cafealtura

Healthline

Bagikan artikel ini