Bantuan
Free Tele x

Inilah Gejala Serta Penyebab Dari Kutu Air Di Kaki

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Inilah Gejala Serta Penyebab Dari Kutu Air Di Kaki

Kutu air di kaki dapat membuat rasa gatal yang parah. Kutu air merupakan infeksi yang disebabkan jamur, yang mana biasanya menyerang kulit kaki. Infeksi yang biasa dikenal sebagai tinea pedis ini tak hanya muncul di kaki, namun juga bisa menyerang bagian tubuh lain lalu menular. Meskipun, kutu air bukan kondisi kesehatan serius, namun kutu air juga sering kali sulit untuk diatasi atau disembuhkan. 

Gejala atau Tanda Kutu Air di Kaki 

Kutu air di kaki dapat terasa sangat gatal yang menyiksa, maka dari itu tak heran sering kali mengganggu aktivitas harian penderitanya. Di bawah ini adalah gejala yang mungkin terjadi pada penderita kutu air di kaki:

  1. Kuku kaki yang terlepas dari alas kuku.

  2. Kulit antara jari-jari serta telapak kaki akan terasa gatal, terbakar, dan perih.

  3. Kuku kaki yang menjadi rapuh, berubah warna, dan tebal.

  4. Munculnya ruam serta lepuh di kaki yang terasa gatal tersebut. 

  5. Bantalan kaki atau kulit sisi yang menjadi kering.

  6. Kulit antara jari-jari serta telapak kaki menjadi terkelupas atau pecah-pecah. Bahkan, dapat mengeluarkan cairan. 

Apabila tidak segera diatasi atau diobati, maka memungkinkan kutu air untuk menyebar di bagian tubuh lain. Mengapa ini bisa terjadi? Karena saat Anda menggaruk bagian kuku air di kaki yang Anda tidak ketahui, lalu menyentuh bagian tubuh yang lain, maka akan berisiko terjadinya penyebaran infeksi jamur.

Seseorang yang tidak mencuci tangan sesudah menyentuh bagian kaki yang mana telah terkena infeksi, maka memiliki risiko tinggi terkena kutu air di tangan. Maka dari itu, penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat, sesudah Anda menyentuh  kutu air di kaki. 

Penyebab Kutu Air di Kaki

Kutu air di kaki diakibatkan oleh jamur trichophyton, yang mana jamur ini berkembang di lingkungan yang lembab dan hangat. Misalnya seperti di kamar mandi, bagian dalam sepatu, atau sekitar kolam renang. Terjadinya infeksi jamur dapat terjadi karena adanya kontak kulit ke kulit atau kontak langsung, dengan orang yang terinfeksi atau juga menyentuh permukaan kulit atau benda yang sudah terjangkit jamur. Beberapa faktor di bawah ini bisa menyebabkan meningkatnya risiko terkena kutu air di kaki:

  1. Adanya luka ringan di kuku atau kulit kaki.

  2. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki, apalagi di area ruang ganti, kamar mandi umum, dan sekitaran kolam renang.

  3. Menggunakan kaos kaki yang lembab, terutama bila kaki dalam kondisi hangat.

  4. Menggunakan kaos kaki, handuk, atau sepatu yang sama dengan orang terinfeksi kutu air.

  5. Kaki yang sering kali berkeringat.

  6. Memakai sepatu ketat serta tertutup.

  7. Kaki yang basah dalam waktu yang lama.

Apabila Anda mempunyai faktor seperti di atas, maka disarankan untuk mulai menjaga agar kaki selalu kering. Anda juga harus menghindari kontak langsung serta hindari berbagai barang atau perlengkapan yang sama dengan orang yang sudah terinfeksi.

Baca Juga: Cari Tahu Faktor Risiko Penyebab Kutu Air Di Tangan

Mengatasi Kutu Air di Kaki

Banyak kasus kutu air di kaki yang bisa dikatakan ringan, maka dari itu Anda dapat melakukan perawatan di rumah. Simak caranya di bawah ini:

  1. Untuk menjaga kaki tetap kering, maka mengganti kaos kaki dan sepatu dengan rutin dapat menjadi salah satu cara yang Anda lakukan untuk pengobatan kutu air.

  2. Mencuci kaki dengan sering menggunakan sabun dan air, lalu mengeringkannya secara benar.

  3. Rendam kaki di dalam larutan tea tree oil, yang mana mempunyai sifat antimikroba. Sehingga, bisa membantu melawan jamur penyebab kutu air di kaki.

  4. Merendam kaki di dalam larutan cuka atau air garam, yang mana berguna dalam menenangkan kulit yang terinfeksi jamur kutu air. 

Anda perlu mengetahui bahwa anak-anak dan orang lanjut usia tidak boleh menggunakan beberapa jenis obat anti jamur. Maka dari itu, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Anda juga harus membaca petunjuk penggunaan pada label kemasan obat anti jamur dengan baik dan benar.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mencegah Kutu Air di Musim Penghujan

 

Referensi:

1. Healthline, athletes foot treatment

2. Medical News Today

Bagikan artikel ini