Bantuan
Free Tele x

Ini Efek Samping Donor Darah Yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Ini Efek Samping Donor Darah Yang Wajib Anda Ketahui

Tidak hanya manfaat, Anda juga bisa mendapatkan efek samping donor darah. Semua tindakan medis tentunya tidak 100% aman, termasuk donor darah. Sehingga tidak mengherankan, apabila donor darah juga dapat menimbulkan efek samping. Lantas apa saja efek samping donor darah tersebut? Berikut ini efek samping donor darah yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Donor Darah yang Baik untuk Kesehatan

Efek samping donor darah

  1. Memar dan nyeri

Efek samping donor darah yang pertama yaitu, memar dan nyeri pada lokasi penyuntikan jarum. Efek ini merupakan hal yang wajar dan akan hilang dengan sendirinya setelah 1 minggu. Apabila Anda mengalami hal ini, maka kompreslah memar dan nyeri untuk meredakannya. Anda bisa melakukan kompres dingin sebanyak 4 kali sehari 20 menit untuk 2 hari pertama. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kompres hangat sebanyak 4 kali sehari selama 20 menit. Namun, apabila memar dan juga nyeri tidak mereda atau semakin parah, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. 

  1. Pendarahan kecil

Efek samping donor darah yang selanjutnya yaitu pendarahan kecil. Pendarahan kecil ini bisa terjadi pada tempat jarum donor di tusukkan. Oleh karena itu, setelah menjalani donor darah, lokasi suntikan akan diperban atau diplester. Untuk mencegah pendarahan ini, setidaknya Anda baru bisa membuka perban atau plester tersebut setelah 4 jam setelah mendonorkan darah. Apabila terjadi pendarahan, maka Anda perlu memberikan tekanan selama 2 hingga 5 menit dan menjaga perban atau plester selama 4 jam lagi. 

  1. Lemas dan pusing

Efek samping yang mungkin paling umum dirasakan yaitu lemas dan juga pusing. Hal ini karena, setelah mendonorkan darah Anda akan mengalami penurunan tekanan darah untuk sementara. Apabila Anda merasa ingin pingsan, maka letakkan kepala lebih rendah dari jantung atau bisa juga dengan meninggikan kaki untuk mencegah Anda pingsan. Selain itu, setelah dan sebelum mendonorkan darah, Anda perlu mengonsumsi air putih yang cukup. 

Baca Juga: Ini Syarat Donor Darah PMI Yang Harus Anda Penuhi

Persiapan sebelum donor darah saat puasa

Untuk dapat meminimalisir efek samping yang ditimbulkan oleh donor darah, maka sebaiknya Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini

  1. Makanlah dengan teratur

Persiapan donor darah yang perlu Anda lakukan pertama kali yaitu makan dengan teratur.  Anda perlu makan teratur dengan porsi yang secukupnya sehari sebelumnya agar menjaga kadar gula tetap stabil. Selain itu, makan berat dan juga cemilan sebelum hari berdonor dapat membantu Anda memiliki tenaga yang cukup agar tidak mudah lemas pada saat berdonor. Setelah berdonor darah, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi untuk membantu tubuh mengembalikan sel darah merah yang hilang. 

  1. Penuhi kebutuhan air 

Persiapan donor darah yang selanjutnya yaitu, memenuhi kebutuhan air. Darah memiliki banyak kandungan air, sehingga mampu membuat Anda mengalami dehidrasi ketika mendonorkan darah. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini Anda perlu mencukupi kebutuhan air sebelum Anda mendonorkan darah dan juga setelah mendonorkan darah. Setidaknya Anda perlu minum 7 gelas setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. 

  1. Cukupi waktu tidur

Persiapan sebelum melakukan donor darah yang terakhir yaitu mencukupi waktu tidur dan hindari begadang. Setidaknya Anda perlu mencukupi waktu tidur selama 7 hingga 9 jam. Dengan mencukupi waktu tidur, dapat membuat Anda tetap segar dan terjaga selama proses donor darah berlangsung. Hal ini juga dapat meminimalisir risiko tidak enak badan yang sering dialami setelah donor darah. 

  1. Hindari olahraga berat

Apabila Anda ingin mendonorkan darah, sebaiknya Anda tidak berolahraga berat sebelum dan setelah mendonorkan darah. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda mengalami lemas dan pusing pada saat donor darah. Anda harus memastikan, tubuh Anda tidak lelah sebelum mendonorkan darah.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai efek samping dan juga persiapan untuk meminimalisir terjadinya efek samping. Biasanya, Anda akan diminta untuk tetap berada di lokasi donor darah untuk memastikan Anda baik-baik saja. Selain itu, Anda juga akan diberikan beberapa makan dan suplemen untuk Anda konsumsi setelah mendonorkan darah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Santos, Adrience. How does donating blood affect the body? (2020)
Preparing to give.

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami