Ini Dia Varian Baru Covid Yang Perlu Anda Tahu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Ini Dia Varian Baru Covid Yang Perlu Anda Tahu

Tahukah Anda, saat ini tidak hanya ada Covid 19,namun juga varian baru Covid 19 yang sudah muncul di Indonesia. Hingga saat inisudah ada 3 varian baru Covid yang ditemukan di Indonesia diantaranya yaituB.1.1.7 (Alpha), B.1.351 (Beta) dan B.1.617.2 (Delta). 


Varian baru Covid

Virus corona terus mengalami mutasi dan berubahsehingga memunculkan berbagai varian baru. Virus ini dapat diibaratkan sebuahpohon yang bercabang, pada setiap cabangnya memiliki sedikit perbedaan dengancabang lainnya. Dengan membandingkan berbagai cabang tersebut, maka dapatdilabeli sesuai dengan perbedaannya. Beberapa cabang atau varian virus coronadiantaranya sebagai berikut ini. 


1.  B.1.1.7  atau Alpha

Varian baru Covid yang pertama yaituB.1.1.7 atau lebih dikenal dengan nama varian Alpha. Varian ini pertamakali dideteksi di Inggris, sehingga sering juga disebut dengan varian Inggris.Varian baru Covid ini memiliki tingkat penularan yang mencapai 36% hingga 75%dibandingkan dengan jenis virus Corona yang beredar saat ini. Selain itu, Covidvarian Alpha ini merupakan varian yang paling banyak dilaporkan di berbagainegara. 


2.  B.1.351 atau Beta

Varian baru Covid yang selanjutnya yaitu B.1.351atau lebih dikenal dengan Covid varian Beta. Covid varian Beta ini pertama kalidideteksi di Afrika Selatan pada Desember 2020. Covid varian ini pertama kaliterdeteksi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2021 di Bali. Pasien varianbaru Covid ini akhirnya meninggal dunia pada tanggal 16 Februari 2021. 


3.  B.1.617.2 atau Delta

Varian baru Covid yang terakhir yaitu B.1.617.2atau lebih dikenal dengan sebutan Covid varian Delta. Covid varian Delta inipertama ditemukan di India sehingga dikenal juga dengan Covid varianIndia.  Covid varian delta ini juga banyak menyerang Inggris dan memilikimutasi yang membuat efektivitas vaksin menurun. 


Mengapa varian baru Covid bisatercipta?

Varian baru Covid dapat tercipta karena virusCorona telah mengalami penyebaran yang begitu luas sehingga meningkatkankemungkinan untuk bermutasi. Ketika virus dapat menyebar semakin luas, makadapat meningkatkan virus untuk bereplikasi dan mengalami perubahan. Padakebanyakan, mutasi virus ini hanya memiliki sedikit bahkan sama sekali tidakberdampak pada kemampuan virus untuk menginfeksi. Akan tetapi, hal inibergantung pada perubahan yang dialami oleh materi genetik virus yang dapatmempengaruhi sifat virus seperti dapat menyebar dengan lebih mudah. 


Apakah perlu divaksin meski adavarian baru Covid?

Vaksin merupakan suatu hal yang penting untukdilakukan dalam memerangi pandemi Covid 19 ini. Vaksin covid mungkin akanmenurunkan efektivitas vaksin terhadap varian baru Covid. Akan tetapi, hal initetap dapat memberikan perlindungan kepada diri terhadap kemungkinanterjadinya infeksi virus corona. Oleh karena itu, vaksin yang merupakan salahsatu perlindungan diri yang perlu digunakan selagi mencari vaksin yang bisamencegah berbagai varian baru Covid yang bermunculan.


Bagaimana cara mencegah varian baruCovid?

Lantas, bagaimana cara mencegah penyebaran varianbaru ini? Hal yang paling efektif yaitu dengan menghentikan penyebaran virus.Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan penyebaranvirus :

  1. Menggunakan pelindung diri seperti masker,hand sanitizer, jika perlu menggunakan face shield.
  1. Berhubungan hanya dengan orang-orang yangdipercaya dan dikenal.
  2. Mengurangi interaksi kontak langsung.
  3. Jangan berlama-lama berada di luar rumahseperti ketika berbelanja. Dan jangan lupa untuk membersihkan diri sebelummasuk ke dalam rumah ataupun sebelum menyentuh wajah. 
  4. Memastikan penggunaan masker sudah benar.Jangan menyentuh masker dari bagian depannya, tetapi dari  bagiantalinya. Apabila Anda menggunakan masker kain, maka gunakan masker kainyang memiliki beberapa lapisan. 


Nah, itulah beberapa informasi mengenai varianbaru Covid. Semoga dengan informasi ini, dapat menambah wawasan Anda terhadapCovid 19. Selain itu, diharapkan juga untuk Anda tetap menerapkan protokolkesehatan untuk mencegah dan menghentikan penyebaran virus Corona.

 

Referensi :

  • Variantsof the Virus (2021) Available At:https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/variants/variant.html. (Accessed At24 June 2021)
  • The effects of virus variants on COVID-19vaccines (2021) Available At:https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/the-effects-of-virus-variants-on-covid-19-vaccines?gclid=Cj0KCQjw2tCGBhCLARIsABJGmZ5QAy7JGcZs9jDcl8IIn-hkzLR3O8lISLsLNh_yx7rcqpFaXXNPL2UaAn6CEALw_wcB.(Accessed At 24 June 2021)
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi