Ini Cara Mengobati Sariawan agar Cepat Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Nov 2021

Bagikan

7 Cara Mengobati Sariawan yang Mudah Dilakukan

Apakah Anda tahu bagaimana cara mengobati sariawan? Sariawan merupakan salah satu masalah gusi dan mulut yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, kondisi ini membuat penderitanya sulit untuk makan hingga berbicara. Oleh karena itu, penderita sariawan umumnya akan mengalami gangguan dalam aktivitas sehari-hari sehingga banyak dari penderita sariawan yang mencari-cari cara untuk dapat mengatasi sariawan dengan cepat. 

Cara Mengobati Sariawan

Lalu bagaimanakah cara mengobati sariawan agar cepat sembuh? Anda dapat mengobati sariawan menggunakan beberapa cara alami seperti berkumur dengan air garam. Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai cara-cara mengobati sariawan agar cepat sembuh yang bisa Anda lakukan. 

  1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan berkumur air garam. Pasalnya di dalam air garam terdapat kandungan antiradang dan juga antibakteri yang bisa mencegah sariawan menjadi lebih parah. Tidak hanya itu, air garam juga dapat mencegah infeksi mulut dan mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu berkumurlah selama 1 hingga 2 menit. 

  1. Menyikat gigi dengan lembut

Menyikat gigi dengan lembut merupakan cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Ketika Anda menyikat gigi hindari melakukannya dengan tergesa-gesa ataupun kasar. Pasalnya cara ini hanya akan membuat dinding bagian dalam mulut terluka. Selain menyikat dengan lembut, Anda juga perlu rutin menyikat gigi agar kesehatan mulut dan gigi Anda tetap terjaga dan mencegah pertumbuhan bakteri. 

  1. Hindari makanan asam dan pedas

Menghindari makanan pedas dan asam dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati sariawan. Pasalnya makanan asam dan pedas hanya akan memperburuk kondisi sariawan yang Anda alami. Apabila Anda mengalami sariawan maka sebaiknya untuk mengkonsumsi beberapa susu, air kelapa, teh, ataupun beberapa sayuran hijau yang memiliki rasa netral atau manis. Selain itu, pilihlah makanan dan minuman yang tidak bersifat asam. 

  1. Kompres menggunakan kantong teh bekas

Cara mengobati sariawan yang selanjutnya, yaitu dengan kompres menggunakan kantong teh bekas. Pasalnya daun teh dapat melawan peradangan dan infeksi yang menyebabkan sariawan. Tidak hanya itu, kantong teh bekas juga dapat menetralisir area mulut yang asam sehingga rasa sakit akibat sariawan tidak semakin parah. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan menempelkan kantong teh bekas langsung pada sariawan. Lakukan hal ini kurang lebih selama 5 menit. 

  1. Kompres menggunakan es batu

Selain kompres menggunakan kantong teh bekas, Anda juga bisa menggunakan es batu. Pasalnya rasa sejuk yang diperoleh dari es batu dapat meringakan rasa nyeri akibat sariawan. Cara menggunakannya, yaitu dengan membalut es batu menggunakan kain lembut. Setelah itu tempelkan pada lokasi yang sariawan. Apabila dirasa sulit,  Anda bisa langsung mengulum es batu hingga mencair di dalam mulut. 

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan yang Anda konsumsi ternyata memiliki peran penting dalam mengobati sariawan yang sedang dialami. Beberapa nutrisi yang Anda perlukan selama mengalami  sariawan, yaitu vitamin B, vitamin C, zinc, folat, dan zat besi. Apabila Anda kekurangan beberapa  nutrisi tersebut maka dapat menyebabkan munculnya sariawan. Jika perlu Anda bisa mengkonsumsi vitamin B dan vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan. 

  1. Mengoleskan madu

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan, yaitu dengan mengoleskan madu. Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri dan anti radang sehingga dapat meredakan rasa nyeri serta mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu langsung pada lokasi sariawan. 

Nah, itulah beberapa cara mengobati sariawan agar cepat sembuh yang bisa Anda lakukan dirumah, Anda juga bisa mengobati sariawan dengan beberapa obat-obatan seperti paracetamol, obat kumur, dan ibuprofen. Apabila sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh bahkan berlangsung selama 2 minggu maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Tidak hanya itu, apabila sariawan disertai dengan munculnya nanah hingga kejang-kejang, juga perlu berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gejala Sariawan dan Obat Sariawan Alami

 

Sumber:

McDermott, 2019. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores. 

 

Sissons, Claire. 2019. Nine ways to treat canker sores

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi