Bantuan

Ingin Segera Punya Momongan? Ini Cara Cepat Hamil untuk Pasangan yang Baru Menikah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Mar 2022

Bagikan

cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah? Kehamilan merupakan salah satu yang paling didambakan dan ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan terutama mereka yang baru saja menikah. Akan tetapi  tidak semua pasangan bisa mendapatkan kabar baik ini dengan cepat. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Namun, ada beberapa tips juga agar Anda bisa mendapatkan momongan dengan cepat.

Cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah

Lalu bagaimanakah cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar cepat mendapatkan momongan. 

  1. Memeriksa masa subur

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan agar bisa cepat hamil yaitu memeriksa masa subur. Peluang wanita hamil setelah melakukan hubungan seksual yaitu 15% hingga 25%. Akan tetapi, peluang ini akan jauh meningkat apabila melakukan hubungan intim ketika memasuki masa subur. Pada umumnya, masa subur akan terjadi pada 14 hari setelah hari pertama haid apabila Anda memiliki siklus haid normal atau 28 hari. 

  1. Berhubungan seksual secara rutin

Setelah mengetahui masa subur, Anda perlu melakukan hubungan seksual secara rutin tanpa kondom dan alat kontrasepsi. Anda perlu melakukan hubungan seksual secara rutin karena masa ovulasi atau masa subur wanita susah diprediksi dan bisa bergeser. Pergeseran ini dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari olahraga yang berlebih hingga stres. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan  hubungan seksual sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu. 

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga merupakan salah satu cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah. Pasalnya agar dapat hamil, baik pria maupun  wanita harus dapat kondisi yang benar-benar sehat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga berat badan ideal dan tidak berolahraga yang berlebihan. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, ikan dan daging. Hal yang terakhir yaitu mencukupi waktu istirahat setidaknya 7 jam setiap malam.

  1. Berbaring setelah berhubungan intim

Cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah yang selanjutnya yaitu berbaring selama 10 hingga 15 menit setelah berhubungan badan. Hal ini perlu dilakukan agar sperma dapat berenang dengan mulus menuju rahim. Dengan begitu hal ini akan membantu sperma berkumpul dan mudah untuk menuju sel telur. Oleh karena itu, Anda perlu menunda buang air kecil setelah berhubungan badan terlebih dahulu. 

  1. Memastikan sperma sehat

Memastikan kondisi sperma dalam keadaan sehat juga menjadi salah satu cara untuk hamil dengan cepat.  Hal ini karena, sperma yang sehat akan meningkatkan kemungkinan sperma berhasil membuahi sel telur. Untuk mendapatkan kualitas sperma yang sehat, seorang pria harus berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, mengurangi konsumsi alkohol dan tidak berendam di air panas terlalu lama. Pasalnya, suhu yang panas dapat mengurangi jumlah sperma. 

  1. Hindari stres

Terlalu terobsesi untuk cepat-cepat hamil akan membuat Anda stres yang tidak berkesudahan. Sebaiknya Anda fokus untuk saling mengenal satu sama lain dan menikmati masa-masa bulan madu. Sebisa mungkin Anda harus menghilangkan stres dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama dengan pasangan. Selain itu,  Anda juga perlu menikmati proses menuju hamil dengan positif dan santai. 

  1. Cek kesehatan

Cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah terakhir yaitu dengan melakukan cek kesehatan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu yang dapat mengganggu kesuburan ataupun membahayakan janin seperti HIV, hepatitis B, sifilis dan toksoplasmosis. Tidak hanya itu, Anda juga nanti akan mendapatkan imunisasi rubela dan tetanus yang akan diberikan kepada wanita yang berencana hamil. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah. Semoga cara-cara yang telah dijelaskan di atas, dapat membantu Anda mendapatkan momongan sesegera mungkin. Selain itu, Anda dan pasangan perlu menjaga keharmonisan agar dalam menunggu kehamilan tidak stres.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil? Ini Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Gelman, Lauren. 2021. How To Get Pregnant Fast: 7 Tips for Conception. https://www.parents.com/getting-pregnant/ovulation/fertile-days/get-pregnant-faster/?slide=slide_258eefcf-072a-44b3-b23d-6b30ed863587#slide_258eefcf-072a-44b3-b23d-6b30ed863587.

Mann, Denise. 7 Tips for Getting Pregnant Faster. https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster#1

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang