Bantuan

Ibadah Lebih Khusyuk dengan Mengetahui Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Apr 2022

Bagikan

niat puasa ramadhan

Ramadhan sebentar lagi, tidak afdol kalau Anda tidak mengetahui niat puasa Ramadhan dan artinya. Melafazkan niat puasa, bisa membuat Anda semakin khusyuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Lantas bagaimana niat puasa Ramadhan tersebut dan apa artinya. 

Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia karena penuh dengan setiap ibadah yang dilaksanakan mendapatkan pahala dua kali lipat. Setiap umat Muslim yang sudah balig, diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Akan tetapi sebelum melaksanakan ibadah puasa, ada niat yang harus dibaca terlebih dahulu saat malam hari. 

Niat puasa Ramadhan yang harus dilafazkan di malam hari yaitu “Nawaitu shouma ghodin 'an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala”. Arti dari doa ini yaitu “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan karena Allah Ta'ala”

Tips Sehat Berpuasa

Agar puasa Anda lebih khusyuk, perlu dilakukan beberapa tips agar terhindar dari gangguan seperti naiknya asam lambung atau lainnya. Oleh karena itu, terapkan beberapa tips berikut ini. 

  • Tidak melewatkan sahur: Tidak melewatkan sahur merupakan salah satu cara agar Anda bisa tetap sehat saat berpuasa. Pasalnya, sahur ini menjadi bekal energi bagi Anda saat beraktivitas di siang hari. 

  • Cukupi kebutuhan cairan: Selama berpuasa, setidaknya Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas per harinya. Hal ini dibutuhkan agar Anda terhindar dari dehidrasi saat siang hari. 

  • Cukupi waktu tidur: Waktu tidur yang diperlukan setiap orang dewasa yaitu 8 jam per harinya. Karena Anda harus bangun dini hari untuk sahur, maka Anda harus tidur secepat mungkin saat malam hari. 

  • Jaga porsi makan: Walaupun Anda merasa sangat lapar saat berbuka, sebaiknya konsumsi makanan tetap dalam porsi yang kecil. Porsi yang besar untuk sekali makan akan membuat sistem pencernaan terbebani. 

  • Makan makanan bergizi: Mengonsumsi makanan bergizi merupakan kunci penting menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya makanan Anda mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin dan juga mineral. 

Mengapa Harus Berpuasa?

Mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya-tanya, mengapa umat Muslim harus berpuasa? Jawabannya yaitu karena perintah agama. Akan tetapi selain karena perintah agama, puasa sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari puasa. 

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat yang paling banyak diincar saat berpuasa yaitu mampu menurunkan berat badan. Pasalnya, puasa dari pagi hingga petang dianggap lebih efektif membakar lemak daripada diet pada umumnya. Pasalnya, saat Anda tidak makan dan minum akan membuat tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak. Namun, Anda tidak boleh makan berlebih saat berbuka jika ingin manfaat yang satu ini. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, oleh karena itu kesehatan jantung sangat perlu diperhatikan. Namun, dengan berpuasa ini secara tidak sadar Anda telah menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena, orang yang berpuasa cenderung akan mengatur pola makannya menjadi lebih sehat sehingga asupan kolesterol dan kalori tidak berlebih. 

  1. Mengontrol gula darah

Manfaat yang bisa didapatkan dari berpuasa yang terakhir yaitu mampu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena, puasa membuat seseorang dapat mentoleransi gula dengan lebih baik. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa orang berpuasa mampu meningkatkan kemampuan insulin sehingga sel tubuh menyerap glukosa dalam darah. Hal inilah yang membuat puasa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang. 

Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat puasa yang bisa Anda dapatkan seperti mencegah kanker, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga kesehatan mental. Namun dengan beberapa manfaat ini saja sudah cukup mewakili bahwa puasa ternyata menyimpan banyak manfaat  bagi kesehatan. 

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai niat puasa Ramadhan dan artinya serta seluk beluk puasa yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda bisa menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan ini dengan lebih baik tanpa gangguan sehingga bisa berjalan dengan lancar. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Disebut Menyehatkan Tubuh, Inilah Pengaruh Puasa pada Sistem Pencernaan Manusia

Referensi

West, Helen. 2019. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips https://www.healthline.com/nutrition/how-to-fast#TOC_TITLE_HDR_2

Hewitt, Nathan. 10 Benefits of Fasting That Will Surprise You. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-of-fasting-that-will-surprise-you.html

Muslim Aid. 2018. The Benefits of Fasting. https://www.muslimaid.org/media-centre/blog/the-benefits-of-fasting/

Bagikan artikel ini