Bantuan

Hindari Penyakit Seksual, ini Dia Merk Kondom yang Bagus

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Apr 2022

Bagikan

kondom

Merk kondom yang bagus penting diketahui untuk menghindari sejumlah penyakit menular seksual. Selain itu, setiap kondom memiliki sensasi berbeda bagi mereka yang memakainya. Ini karena merk yang bagus memiliki ketahanan lebih baik. Mari cari tahu rekomendasi merk kondom yang bagus dan tips memilihnya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu Kondom?

Kondom adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari karet dan digunakan pada alat kelamin. Sebagai alat kontrasepsi, kondom mudah ditemukan di sejumlah super market. Kedua fungsinya ialah untuk mencegah kehamilan pada pasangan suami istri yang belum siap memiliki keturunan dan melindungi tubuh dari penyakit menular seksual.

Tips Memilih Kondom 

Meski memiliki harga relatif murah, namun Anda harus teliti saat memilihnya karena dapat berisiko terhadap kondisi kesehatan seperti alergi. Selain itu, manfaatnya kurang dapat dirasakan. Berikut beragam tips memilih kondom, di antaranya:

  1.  Bentuk Kondom

Kondom memiliki banyak bentuk seperti bergerigi, rata, polkadot dan lainnya. Anda dapat memilih bentuk bergerigi untuk meningkatkan kepuasan seksual pada pasangan, terutama wanita. Meski begitu, tidak semua pasangan menyukai bentuk bergerigi. Untuk mendapat produk sesuai selera kedua belah pihak, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu sebelum membelinya.

  1.  Pilih Kondom yang Memiliki Pelumas 

Agar gesekan saat berhubungan seksual tidak menimbulkan rasa nyeri pilihlah kondom yang memiliki pelumas. Ini karena saat berhubungan seksual cairan pelumas pria akan tertutup oleh kondom sehingga membutuhkan cairan pelumas pada kondom agar tidak sakit. Karena setiap kondom memiliki banyak pelumas berbeda, pilihlah yang lebih banyak.

  1.  Bahan yang Nyaman

Tips memilih merk kondom yang bagus selanjutnya ialah pertimbangkan dari sisi bahan. Pilihlah bahan kondom yang nyaman seperti karet karena bersifat elastis dan dapat melekat pada penis sehingga tidak kebesaran maupun kesempitan. Anda juga dapat memilih kondom dari bahan lateks karena cenderung lebih tipis dan tidak akan mudah bocor.

  1.  Ketahanan Kondom

Beberapa kondom terkadang tidak memiliki ketahanan maksimal sehingga cairan gampang bocor atau menetes saat dilepaskan dari alat kelamin. Ketahanan kondom yang buruk dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang tidak Anda harapkan seperti kehamilan saat anak masih kecil. Untuk mencegah kondisi ini, Anda perlu berhati-hati agar cairan di dalam kondom tidak keluar.

  1.  Jangan Pilih Kondom yang Tebal

Terkadang sebagian orang memilih kondom karena aroma harum yang dimilikinya namun tidak memperhatikan ketebalannya. Kondom yang tebal dapat mempengaruhi sensasi kenikmatan saat berhubungan seksual. Solusinya, pilihlah kondom yang memiliki ukuran tipis tapi memiliki aroma harum atau menarik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keduanya.

Rekomendasi Merk Kondom yang Bagus

Banyaknya merk kondom yang ditawarkan di pasaran terkadang membuat bingung saat menentukannya. Berikut rekomendasi merk kondom yang bagus, di antaranya:

  1.  Sutra

Sutra merupakan salah satu merk kondom yang bagus dan paling banyak digunakan. Ini karena merk Sutra memiliki kualitas terbaik dan harga relatif murah yaitu sekitar Rp. 9.000, Anda dapat memperoleh 3 kondom. Selain itu, kondom Sutra dapat menambah keintiman saat berhubungan seksual karena memiliki bahan tipis dan memberikan rasa sensitif pada organ intim.

  1.  Durex

Meski memiliki harga lebih mahal dari Sutra yaitu sekitar Rp. 25.000 dalam setiap 3 lapisnya, kondom dari merk ini cukup banyak dicari. Sebab Durex memiliki  banyak pelumas yang mampu menunda rasa klimaks pada pria. Selain itu, kondom Durex terbuat dari bahan lateks alami dan memiliki fitur easy-on shape yang mana dapat mengikuti bentuk organ intim pria.

  1.  Fiesta Ultra

Kondom dari merk Fiesta Ultra memiliki ukuran sangat tipis dan cocok digunakan oleh Anda yang masih mencari sensasi skin-to-skin saat berhubungan seksual. Meski memiliki ukuran lebih tipis, Anda tidak perlu khawatir terhadap ketahanannya karena memiliki bahan elastis dan anti bocor. Selain itu, kandungan pelumasnya juga relatif banyak.

Merk kondom yang bagus banyak dicari oleh sejumlah pasangan untuk menghindari sejumlah kondisi tidak diinginkan seperti kehamilan dan penyakit menular seksual. Jika Anda bingung, 3 produk yang kami rekomendasikan telah teruji bagus baik dari sisi harga, ketahanan maupun ukurannya.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Meningkatkan Keharmonisan, Ini Posisi Hubungan Badan yang Bagus Dicoba

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Seksologi & Reproduksi Pria

Mulai dari IDR 160.000

Pesan Sekarang
Referensi

Stacey, Dawn. How to Determine What External Condom Size You Need. 2021. Available at: https://www.verywellhealth.com/what-condom-size-do-i-need-906651 (Accessed: 09 Februari 2022).

Marcin, Ashley. How to Use Condoms Safely. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/safest-condoms (Accessed: 09 Februari 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Seksologi & Reproduksi Pria

Mulai dari IDR 160.000

Pesan Sekarang